Fashion & Beauty

7 Manfaat Retinoid, Kandungan Skincare untuk Samarkan Tanda Penuaan

Pakai skincare dengan retionid untuk mencegah penuaan dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar retinoid pada produk skincare. Namun, hanya sedikit yang memahami kegunaannya.

Retinoid adalah salah satu kandungan perawatan kulit yang paling sering digunakan. Kandungan ini merupakan bahan yang diambil dari vitamin A yang digunakan untuk mengobati masalah anti-penuaan serta jerawat.

Vitamin A adalah nutrisi penting yang terdiri dari dua jenis: retinoid dan karotenoid. Tubuh mengubah kedua jenis itu menjadi retinol dan menyimpannya di hati atau memindahkannya ke seluruh tubuh.

Saat dioleskan, kandungan ini dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen.

Melansir Health Harvard Education, retinoid sudah digunakan pada tahun 1970-an. Sejak dulu kandungan ini digunakan sebagai obat jerawat.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa retinoid dapat memudarkan bintik-bintik keratosis aktinik, meratakan pigementasi, dan mempercepat pergantian sel kulit.

Ada tiga jenis retinoid yang bisa Moms beli tanpa resep, yaitu retinyl palmitate, retinaldehyde, dan retinol.

Kandungan ini bekerja dengan cara memicu sel-sel kulit lapisan terluar kulit untuk pergantian lebih cepat sehingga dapat menghasilkan sel-sel kulit baru. Ini menghasilkan kulit yang lebih halus dan lebih merata.

Nah, untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut. Mari kita simak Moms!

Baca Juga: Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

1. Manfaat Retinoid untuk Mencegah Keriput

keriput-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Keriput merupakan bagian yang timbul secara alami dari penuaan. Seiring bertambah usia, sel-sel wajah akan mengendur dengan sendirinya.

Untuk mencegahnya Moms bisa mengatasinya dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan kandungan ini.

Tretinoin merupakan nama generik dari retinoid acid pertama yang disetujui oleh FDA untuk mengobati dan mencegah keriput.

Melansir JAMA Dermatology, retinoid bekerja dengan meningkatkan pembuatan kolagen baru. Hal ini juga merangsang pembuluh darah baru di kulit, membuat kulit tampak kemerahan, memudarkan bintik-bintik penuaan, dan mengurangi bintik-bintik kulit prakanker yang disebut keratosis aktinik.

Tretinoin juga dapat membantu mencegah efek radiasi ultraviolet yang lebih serius.

2. Menghaluskan Kulit

kulit halus

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki kulit sehat cerah bersinar dan halus tentunya merupakan impian setiap perempuan. Namun, tidak semua wanita dengan mudah memiliki.

Beberapa faktor membuat kulit kusam, seperti stres, pola hidup tidak sehat, dan tidak cocok memakai skincare.

Retinoid dapat memperbaiki penampilan kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Menggunakannya bersama dengan produk yang memiliki asam alfa-hidroksi dapat memberikan lebih banyak efek menghaluskan kulit.

3. Retinoid Mampu Mengobati Jerawat

Jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Jerawat dapat mengurangi kepercayaan diri hingga meningkatkan stres. Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon.

Jika Moms memiliki jerawat sedang hingga parah dan belum membaik, retinoid dapat membantu mengatasinya.

Saat dioleskan ke kulit, retinoid bekerja dengan membuka pori-pori sehingga krim dan gel obat lain dapat bekerja lebih baik. Kandungan ini juga mengurangi munculnya jerawat baru dengan mencegah sel-sel mati menyumbat pori-pori.

Dengan membersihkan jerawat dan mengurangi kemunculannya, kandungan ini juga dapat mengurangi pembentukan bekas jerawat.

Baca Juga: 17 Manfaat Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit dan Efek Sampingnya

4. Mengobati Kutil

kutil di wajah.jpg

Foto: timesofindia.indiatimes.com

Retinoid tidak hanya mampu mengatasi jerawat, kandungan ini juga dapat mengatasi gejala psoriasis dan menghilangkan kutil di kulit.

Biasanya, munculnya kutil di kulit wajah disebabkan oleh adanya virus humam papillomavirus (HPV).

Cara kerja kandungan ini adalah menganggu pertumbuhan sel kutil sehingga menjadi hilang dan mencegah tumbuhnya kutil baru.

5. Meratakan Warna Kulit

warna kulit

Foto: Orami Photo Stock

Warna kulit yang tidak merata ini menjadikan Moms tidak percaya diri karena sangat mengganggu penampilan.

Umumnya, kulit belang ini bisa disebabkan karena terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, jarang menggunakan sunscreen, dan banyak faktor lainnya.

Salah satu manfaat retinoid adalah merangsang pergantian sel kulit dengan memberikan efek pengelupasan dengan menghilangkan sel kulit mati. Hal ini dapat mengembalikan kulit wajah yang belang.

6. Retinoid untuk Mencerahkan Wajah

wajah cerah

Foto: Orami Photo Stock

Retinoid juga membantu mencerahkan kulit kusam. Kulit kusam bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain kehamilan, stres, kerusakan akibat sinar matahari, kebiasaan gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol secara berlebihan, atau pencemaran lingkungan.

Kandungan ini bekerja dengan menenangkan sel-sel kulit yang menghasilkan melanin, pigmen gelap.

Dilansir dari sebuah penelitian tahun 2016 Journal of Drugs in Dermatology, kandungan retinoid bekerja dengan baik untuk mencerahkan kulit, terutama bila digunakan dengan rutin.

7. Menebalkan Kulit

kulit wajah

Foto: Orami Photo Stock

Kulit wajah yang tipis jika dibiarkan akan mengalami beberapa masalah seperti mudah mengalami iritasi, kemerahan dan lain sebagainya.

Retinoid dapat mengatasi masalah tersebut. Hal ini karena kandungan ini merangsang produksi kolagen, ini sebenarnya membantu menebalkan kulit

Baca Juga: Masalah Kulit Saat Hamil? Coba Pakai 12 Bahan Skincare untuk Ibu Hamil yang Aman Ini!

Efek Samping Retinoid

Retinol.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Retinoid dapat memiliki beberapa efek samping. Umumnya, retinoid tidak bekerja dengan baik pada semua orang.

Jika Moms menderita rosacea, eksim, atau psoriasis, sebaiknya hindari kandungan ini karena dapat meningkatkan peradangan, kekeringan, dan sensitivitas pada kulit yang sudah halus.

Pemakaian kandungan ini yang terlalu banyak dan sering mungkin akan meningkatkan iritasi, gatal, dan wajah bersisik.

Efek samping kemungkinan besar akan hilang setelah beberapa minggu penggunaan rutin, jadi penting untuk memberi waktu pada kulit Moms untuk menyesuaikan diri.

Resiko lainnya dari kandungan ini meliputi:

  • Kekeringan dan iritasi
  • Perubahan warna kulit
  • Sensitivitas terhadap sinar matahari
  • Kemerahan, bengkak, mengeras, atau melepuh

Baca Juga: Mengenal Masalah Kulit Vitiligo, Gejala, Komplikasi dan Efek Psikologisnya!

Hal yang Harus Diperhatikan

retinoid.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Retinoid tidak baik digunakan di bawah sinar matahari. Ini akan menyebabkan efek terbakar pada wajah atau kulit.

Retinoid dapat membuat kulit Moms lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi penting untuk menggunakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 setiap hari

Itulah mengapa Moms harus memakainya pada malam hari sebelum tidur.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari produk perawatan kulit yang mengandung retinoid, Moms harus menggunakannya setiap hari.

Oleskan produk seukuran kacang polong ke jari dan pijat lembut ke wajah, hindari area mata.

Untuk mengurangi risiko iritasi, gunakan hanya 1-2 kali seminggu pada awalnya, dan secara bertahap tingkatkan penggunaan saat kulit beradaptasi.

Biasanya dibutuhkan waktu 3-6 bulan penggunaan secara rutin untuk melihat perbaikan kulit, dan 6-12 bulan untuk hasil yang terbaik.

Jangan pernah menggunakan lebih banyak atau menggunakannya lebih sering dari yang diresepkan dokter atau label kemasan ya Moms. Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping pada kandungan ini.

  • https://www.insider.com/retinol-benefits
  • https://www.researchgate.net/publication/305074160_Efficacy_and_Tolerability_of_a_Skin_BrighteningAnti-Aging_Cosmeceutical_Containing_Retinol_05_Niacinamide_Hexylresorcinol_and_Resveratrol
  • https://jamanetwork.com/journals/jamadermatology/fullarticle/412795
  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/do-retinoids-really-reduce-wrinkles#:~:text=Retinoids%20reduce%20fine%20lines%20and,softening%20rough%20patches%20of%20skin.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait