Kesehatan

4 Juli 2021

Ini 3 Manfaat Rimbang yang Perlu Moms Tahu!

Rimbang bisa menawarkan manfaat luar biasa untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Rimbang atau disebut juga takokak, atau Turkey berry adalah makanan populer dan obat herbal yang digunakan dalam berbagai praktik pengobatan tradisional kuno.

Meskipun sangat umum di seluruh dunia, banyak orang bertanya-tanya tentang kegunaan dan keamanan konsumsi rimbang.

Yuk Moms cari tahu lebih banyak mengenai buah rimbang melalui ulasan lengkap berikut ini!

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Apa itu Buah Rimbang?

Disebut Juga Buah Takokak, Ini Manfaat Rimbang yang Perlu Moms Tahu

Foto: starrfm.com.gh

Mengutip Journal of Natural Product and Bioprospecting, secara ilmiah buah ini dikenal sebagai Solanum torvum, dan ia memiliki banyak nama dan termasuk dalam keluarga tanaman nightshade.

Rimbang atau takokak ini adalah jenis semak berbunga berduri yang bisa menghasilkan kelompok besar buah beri kuning-hijau seukuran kacang polong yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan kuliner, hortikultura, dan pastinya untuk pengobatan.

Ada banyak sekali nama umum lainnya untuk menyebut rimbang, antara lain terong liar, terong kacang, susumber, nightshade berduri, ara setan atau shoo shoo bush.

Rimbang adalah tanaman hangat yang tumbuh subur di berbagai iklim, tetapi tumbuh paling baik di daerah yang cerah dan beriklim sedang.

Tanaman rimbang bisa menyebar dengan mudah, seperti rumput liar. Oleh karena itu, mereka dapat ditemukan di seluruh dunia, termasuk di Amerika, Afrika, Asia, dan Kepulauan Pasifik. Karena ia tersebar sangat luas, tidak jelas dari mana asalnya pertama kali. Namun, banyak ahli percaya bahwa tanaman ini mungkin asli Amerika Tengah dan Selatan.

Baca juga: 18 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Buah Rimbang

Disebut Juga Buah Takokak, Ini Manfaat Rimbang yang Perlu Moms Tahu

Foto: femina.wwmindia.com

Buah ini memiliki profil nutrisi yang cukup baik, ia padat dengan protein berkualitas tinggi, serat makanan, vitamin, mineral dan antioksidan. Ia juga secara alami rendah karbohidrat, kalori, lemak, sehingga ideal untuk dimasukkan dalam pola makan untuk penurunan berat badan.

Buah ini juga kaya akan vitamin A dan karotenoid, sehingga konsumsi buah rimbang diyakini dapat meningkatkan kesehatan mata, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah gangguan kronis.

Ini karena buah rimbang juga cukup banyak mengandung vitamin C, untuk memperkuat kekebalan dan membuang radikal bebas berbahaya dari tubuh.

Rimbang atau takokak juga terdiri dari cadangan besar besi mineral penting, untuk meningkatkan sintesis sel darah merah, serta kalsium untuk tulang yang kuat.

Elemen kunci untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, natrium dan kalium, juga dipasok dalam jumlah banyak oleh buah ini.

Bahkan rimbang atau takokak ini berlimpah fitonutrien unik seperti steroid sapogenin, alkaloid, flavonoid, torvosides, glikosida, chlorogenin, tanin dan fenol.

Ini kemudian memberikan sifat anti-inflamasi, antimikroba, antioksidan dan antidiuretik yang bermanfaat, untuk secara efektif menyembuhkan berbagai penyakit. Ini termasuk luka di pankreas, radang sendi dan asam urat, diabetes mellitus dan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Ragam Manfaat Jambu Monyet, Berguna untuk Kesehatan Pria Hingga Turunkan Berat Badan

Potensi Manfaat Rimbang untuk Kesehatan

manfaat rimbang

Foto: Orami Photo Stock

Rimbang dapat digunakan baik sebagai makanan dan obat herbal untuk penyakit fisik yang tak terhitung jumlahnya, termasuk tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, infeksi bakteri, dan banyak lagi. Namun, penelitian ilmiah yang berfokus pada sifat obat dari rimbang masih sangat terbatas.

Konon, bukti awal dari tabung percobaan dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa nutrisi spesifik dan senyawa tanaman dalam rimbang mungkin menjadi kekuatan pendorong di balik banyak manfaat kesehatannya.

Berikut adalah beberapa manfaat rimbang untuk kesehatan!

1. Mencegah dan Mengobati Anemia

Zat besi rendah adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di seluruh dunia. Anemia defisiensi besi adalah kondisi umum yang dapat berkembang sebagai akibat dari asupan zat besi yang tidak memadai. Ini terkait dengan gejala seperti kelelahan, pusing, dan sesak napas.

Buah rimbang ini adalah sumber zat besi nabati yang sangat kaya dan sering dikonsumsi untuk mengobati atau mencegah anemia defisiensi besi.

Meskipun rimbang memiliki konsentrasi zat besi yang tinggi, penelitian pada hewan yang dipublikasikan di Nutrients menunjukkan bahwa itu mungkin tidak diserap dengan baik di saluran pencernaan.

Jadi, tidak ada jaminan bahwa menambahkan kalkun berry ke dalam diet akan secara dramatis meningkatkan status zat besi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut Center for Disease Control and Prevention, di Amerika Serikat, hampir 50 persen orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Penelitian awal terhadap buah rimbang atau takokak menunjukkan bahwa senyawa dalam buahnya dapat berfungsi sebagai cara alami untuk menurunkan tekanan darah.

Mengutip Journal of Food Science, buah ini sarat dengan berbagai senyawa unik, seperti asam galat dan asam ferulat, yang telah menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dalam penelitian tersebut.

Selain itu, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak kalkun berry secara signifikan mengurangi tekanan darah pada tikus dengan tekanan darah tinggi.

Namun, saat ini tidak ada penelitian yang tersedia untuk menentukan apakah berry kalkun dapat membantu menurunkan tekanan darah pada manusia. Dengan demikian, tidak ada hasil spesifik yang dapat dijamin.

3. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Studi telah menunjukkan bahwa buah ini memiliki sifat antimikroba yang kuat yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat dalam berbagai cara.

Satu studi mengamati bahwa buah ini bahkan mungkin efektif melawan virus herpes simpleks. Sifat antimikroba kalkun berry juga terbukti berguna untuk menjaga luka tetap bersih dan membantu menyembuhkan luka dan bisul.

Meskipun data awal ini menjanjikan, studi manusia yang dirancang lebih baik diperlukan untuk menentukan apakah buah rimbang atau takokak dapat digunakan secara andal untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat pada manusia.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Ciplukan, Si Mungil Berwarna Emas yang Menyehatkan

Kemungkinan Efek Samping Buah Rimbang

bahaya buah rimbang

Foto: Orami Photo Stock

Semua bagian tanaman rimbang, termasuk akar, batang, daun, dan buahnya, digunakan untuk tujuan pengobatan dan kuliner di seluruh dunia.

Buahnya sering digoreng dengan minyak atau dikonsumsi utuh. Sementara daun, batang, dan akarnya dapat dikeringkan dan dikonsumsi sebagai bubuk atau teh.

Meskipun buah ini sering digunakan dan umumnya dianggap aman, ada kekurangan data yang dalam hal menilai dosis yang tepat dan potensi risiko efek samping saat tertelan.

Buah rimbang juga termasuk dalam keluarga tanaman yang sama dengan sayuran nightshade, yang meliputi kentang, paprika, tomat, dan terong. Seperti nightshades lainnya, buah ini juga mengandung senyawa yang disebut glycoalkaloids.

Mengutip Journal of International Society on Toxinology, ketika dikonsumsi dalam dosis besar, senyawa ini dapat menyebabkan gejala pencernaan dan neurologis yang merugikan, seperti mual, sakit perut, diare, pusing, dan kebingungan.

Namun, konsentrasi glycoalkaloids dalam buah takokak secara alami memang menurun saat tanaman matang. Dengan demikian, dianggap lebih aman untuk hanya mengonsumsi buah yang sudah matang.

Selain itu, ada juga anggapan bahwa orang-orang tertentu mungkin lebih sensitif terhadap efek glikoalkaloid daripada yang lain. Jika Moms memiliki riwayat kesulitan mencerna nightshades, buah ini mungkin bukan pilihan terbaik.

Namun, mengingat kurangnya penelitian dan fakta bahwa varietas beracun mungkin tidak dapat dibedakan dari buah takokak yang tidak beracun, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan buah ini ke dalam makanan. Terutama jika Moms sedang hamil, menyusui, atau memiliki penyakit medis yang mendasarinya.

  • https://www.netmeds.com/health-library/post/turkey-berrysundakkai-surprising-health-benefits-of-the-solanum-torvum-plant
  • https://www.healthline.com/nutrition/turkey-berry#safety-side-effects
  • https://www.sehatq.com/artikel/mirip-leunca-ternyata-rimbang-atau-tekokak-bermanfaat-turunkan-tekanan-darah
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30868423/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31623146/
  • https://www.cdc.gov/bloodpressure/facts.htm
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22860581/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19683046/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18725244/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait