Home & Living

26 Agustus 2021

10 Ide Desain Ruang Laundry Artistik dan Fungsional, Cuci Baju Jadi Semangat!

Dari desain minimalis hingga area terbuka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Pernah terpikir untuk membuat ruang laundry alias tempat mencuci menjadi lebih nyaman dan artistik, Moms? Desain ruang laundry kadang dianggap sepele, padahal sama esensialnya dengan ruangan lain, salah satunya desain kamar mandi.

Dengan menata ruang laundry dengan desain yang nyaman dan fungsional, tentu akan memudahkan dalam mencuci baju. Tugas mencuci baju yang tadinya berat pun menjadi terasa ringan dan menyenangkan.

Ada banyak desain ruang laundry yang bisa Moms jadikan inspirasi. Mulai dari yang minimalis, anti makan tempat, hingga yang letaknya berada di tempat terbuka.

Namun, sebelum Orami memberikan ide dan inspirasi desain ruang laundry, simak dulu tips dalam mendesain dan menata ruang laundry ini!

Tips Mendesain Ruang Laundry

ruang laundry

Foto: Healthline.com

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

Ruang laundry sering menjadi tempat paling berantakan di rumah akibat pakaian kotor yang menumpuk, peralatan mencuci yang tidak tersusun rapi, dan lembap karena air.

Nah, mulai sekarang tata ruang laundry di rumah agar lebih nyaman dan efisien dengan tips berikut!

1. Buat Layout Ruang Laundry

Sebelum menentukan desain ruang laundry, pikirkan layout-nya terlebih dahulu. Apakah digunakan untuk kegiatan mencuci manual dengan tangan, atau dengan mesin cuci. Dengan begitu, akan memudahkan Moms memilih tempat di dalam rumah yang sesuai dijadikan tempat mencuci.

2. Perhatikan Ukuran

Meski ruang laundry tidak membutuhkan ukuran yang terlalu luas, namun pastikan cukup untuk meletakkan peralatan mencuci seperti mesin cuci, mesin pengering, tempat penyimpanan deterjen, ember, baskom dan perlengkapan lainnya.

Selain itu, space di dalamnya bisa membuat Moms nyaman dan mudah bergerak saat mencuci pakaian.

3. Perhatikan Jalur Listrik dan Air

Listrik dan air sangat vital dalam kegiatan mencuci. Oleh karenanya, pastikan jalur aliran air lancar dan listrik aman, agar tidak menjadi sumber bahaya ya, Moms!

4. Ruangan Bersih dan Rapi

Ruang laundry kerap berantakan karena menjadi tempat menampung pakaian kotor dan segala jenis perlengkapan mencuci.

Untuk mengakalinya, coba mengorganisir ruang laundry dengan membuat rak dan storage khusus untuk tempat menyimpan peralatan-peralatan mencuci, sehingga terlihat bersih dan lebih rapi.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju untuk Menghindari Kontaminasi COVID-19

Inspirasi Desain Ruang Laundry

ruang laundry

Foto: Hgtv.com

Baca Juga: Buat Kamar Jadi Super Nyaman dengan Interior Kamar Minimalis, Intip Ide Desainnya!

Ruang laundry di rumah dapat dibuat dalam ruangan khusus, menyatu dengan kamar mandi, ataupun di lantai teratas rumah. Untuk desainnya, Moms bisa meniru beberapa inspirasi berikut ini. Mulai dari ruang laundry minimalis, di belakang rumah hingga tempat terbuka.

Desain Ruang Laundry Minimalis

Apabila ruangan di rumah terbatas, Moms bisa mengakalinya dengan merancang ruang laundry dengan desain minimalis. Berikut inspirasi desainnya!

1. Nuansa Putih

ruang laundry

Foto: Instagram.com/homedecor_shabbychic

Agar terlihat artistik dan memberi kesan luas, gunakan warna-warna kalem seperti putih dalam mendesain ruang laundry. Selain itu, tambahkan aksen kayu untuk memberikan nuansa hangat dan tidak terlihat monoton.

Jangan lupa tata perlengkapan mencuci dengan membuat rak, gantungan dan storage agar lebih rapi.

2. Tersembunyi di Balik Lemari

ruang laundry

Area transisi yang sempit di rumah juga bisa dibuat menjadi ruang laundry lho! Biar tidak terlihat berantakan dan mengganggu pandangan, Moms bisa mengakalinya dengan menempatkan mesin cuci dan perlengkapan lainnya tertutup lemari.

Tetapi, desain ini hanya berlaku kalau keluarga Moms termasuk keluarga kecil yang tinggal di apartemen ataupun hunian vertikal lainnya.

3. Menyatu dengan Dapur

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

Meski agak tricky, namun menempatkan mesin cuci di area dapur cukup praktis dan memudahkan Moms dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Moms bisa memasak sekaligus mencuci baju dalam satu waktu sekaligus.

Letakkan mesin cuci di bawah kabinet dapur ataupun tempatkan di area khusus yang agak tersembunyi.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Pagar Tembok dari Gaya Minimalis hingga Batu Alam

4. Berada di Kamar Mandi

Untuk mengakali area rumah yang terbatas, Moms bisa menggunakan kamar mandi sebagai ruang cuci sekaligus. Namun, tempatkan mesin cuci di bagian yang kering, untuk menghindari risiko yang berkaitan dengan listrik.

Posisikan mesin cuci di bawah kabinet wastafel, di dekat pintu ataupun di samping closet.

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

Desain Ruang Laundry di Belakang Rumah

Untuk ruang laundry di area belakang rumah, Moms bisa meniru inspirasi desain berikut:

5. Desain Warna Monochrome

Meski berada di belakang rumah, Moms tetap bisa mendesain ruang laundry yang artistik dan nyaman. Gunakan warna monochrome, misalnya hitam dan abu-abu, atau abu-abu dan putih untuk mendapatkan kesan simpel dan hangat.

Selain ini, tambahkan ornamen sebagai hiasan agar terlihat manis dan indah dipandang mata.

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

6. Ruangan Khusus

Apabila area belakang rumah cukup luas, coba rancang ruang laundry khusus yang tertutup dari hujan dan sinar terik matahari. Selain peralatan mencuci, di dalamnya juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan bersih-bersih seperti sapu, vacuum cleaner, alat pel dan lainnya.

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

7. Satu Area dengan Jemuran

Banyak orang yang merancang ruang laundry menjadi satu dengan jemuran karena lebih praktis. Selesai mencuci, Moms bisa menjemur baju di area yang sama, tanpa perlu membawanya ke tempat lain.

Namun, pastikan area tersebut mendapat sinar matahari yang cukup ya. Gunakan atap kaca atau skylight, dan buat ventilasi dan jendela untuk sirkulasi udara dan cahaya matahari.

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

Desain Ruang Laundry di Area Terbuka

Apabila Moms lebih menyukai mencuci di area terbuka, beberapa ide desain berikut mungkin bisa menjadi inspirasi!

Baca Juga: Minimalis! 12 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Luas

8. Manfaatkan Teras Samping

Untuk Moms yang tinggal di hunian vertikal alias apartemen, dapat memanfaatkan area kosong di teras samping ataupun teras kamar untuk meletakkan mesin cuci. Jangan lupa memasang dinding pembatas dari kaca untuk menghalau hujan dan angin.

Letakkan kursi di area tersebut, yang bisa Moms gunakan untuk bersantai selama menunggu cucian selesai.

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

9. Area Cuci di Rooftop

Area paling atas rumah alias rooftop juga bisa disulap menjadi ruang laundry lho, Moms! Bagian rooftop bisa jadi pilihan karena sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menjemur pakaian. Area rooftop yang terbuka akan membuat pakaian lebih cepat kering.

ruang laundry

Foto: Airbnb.co.id

10. Konsep Semi Terbuka

Ruang laundry dengan konsep semi terbuka di area taman di samping atau belakang rumah juga bisa Moms jadikan ide desain. Paduan warna putih dari mesin cuci, dan hijaunya tanaman membuat ruang laundry terlihat segar dan nyaman.

ruang laundry

Foto: Pinterest.com

Baca Juga: Bolehkah Mencuci Baju Pasca Operasi Caesar? Ini Jawabannya!

Itu dia tips menciptakan ruang laundry yang fungsional dan artistik, lengkap dengan inspirasi desainnya. Kira-kira desain mana yang akan Moms aplikasikan di rumah?

  • https://www.homestoriesatoz.com/decorating/top-5-tips-for-designing-an-efficient-and-beautiful-laundry-room.html
  • https://www.thespruce.com/inspiring-laundry-room-design-ideas-4098507
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait