Rupa-rupa

15 Juli 2021

Mengenal Bagian Rumah Adat Bali dan Keunikan di Dalamnya

Sebelum masuk ke rumah adat Bali, sebaiknya Moms mengetahui bagian-bagiannya berikut ini!
placeholder

Foto: bramblefurniture.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Provinsi Bali adalah salah satu provinsi yang sudah sejak lama menjadi destinasi wisata di Indonesia. Tak hanya pesona alamnya yang indah, Bali juga terkenal akan budayanya yang masih kental. Budaya tersebut salah satunya masih terlihat jelas pada bangunan rumah adat Bali yang sangat khas dan menjadi warisan budaya bangsa Indonesia.

Salah satu ciri khas dari rumah adat Bali adalah adanya gapura candi bentar yang sangat memukau. Bagian depan rumah adat Bali sering kali menyerupai gerbang pura.

Ada dua jenis gapura yang merupakan bangunan candi sejajar di rumah-rumah Bali dan gapura ini adalah tempat masuk ke area halaman rumah.

Menurut artikel dari Arsitag, arsitektur tradisional Bali umumnya dipengaruhi keberadaan manuskrip Hindu bernama “Lontar Asta Kosala Kosali”, yang memuat tentang aturan-aturan pembuatan rumah atau puri, hingga aturan tempat pembuatan ibadah dan juga pura.

Selain itu, arsitektur Bali juga sangat dipengaruhi oleh tradisi agama Hindu dan unsur Jawa kuno. Oleh karena itu, rumah adat Bali biasanya menggunakan beberapa bahan seperti atap jerami, kayu kelapa, bambu, kayu jati, batu, dan batu bata.

Menurut filosofi masyarakat Bali, kedinamisan di dalam hidup akan tercapai bila ada harmonisasi antara tiga aspek penting, yakni palemahan, pawongan, serta parahyangan.

Maka dari itu, pembangunan rumah adat Bali harus meliputi aspek tersebut yang dikenal dengan “Tri Hita Karana”.

Baca Juga: 5+ Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Mengenal Ragam Jenis Rumah Adat Bali dan Keunikannya

Umumnya, arsitektur rumah adat Bali didominasi dengan hiasan seperti ukiran, peralatan, dan pemberian warna. Ragam hias rumah tradisional asal Bali juga mengandung arti tertentu untuk mengungkapkan keindahan simbol, serta penyampaian komunikasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis rumah ada Bali yang mungkin Moms ingin tahu:

1. Angkul-angkul

rumah adat bali - angkul-angkul

Foto: popbela.com

Rumah adat Bali memang selalu punya ciri khas dengan bangunan depan gapura yang menyerupai pura. Nah, bagian depan itulah yang dinamakan angkul-angkul.

Ciri khas dari bagian rumah adat Bali ini selalu penuh dengan ukiran yang membuatnya terlihat sangat indah dan bernilai seni tinggi. Tak heran jika Moms dan beberapa wisatawan yang datang ke Bali pasti ingin mengabadikan foto di depan gapura indah ini.

2. Aling-aling

rumah adat bali - aling-aling

Foto: dekoruma.com

Selanjutnya ada bagian rumah adat Bali yang dinamakan Aling-aling yang artinya adalah energi positif dan keharmonisan rumah.

Umumnya aling-aling difungsikan sebagai pembatas pekarangan luar dan alung-alung. Rumat adat Bali yang satu ini juga berfungsi sebagai privasi antara tamu yang belum dikenal dengan penghuni rumah.

3. Bale Manten

rumah adat bali - bale manten

Foto: rumah.com

Rumah adat Bale Manten ini adalah bangunan tradisional Bali yang dikhususkan untuk kepala keluarga dan juga anak perempuan. Rumah ini memiliki bentuk bangunan persegi panjang dan umumnya di bangun di sebelah kiri.

Jika Moms penasaran ada apa isinya, isi dari rumah adat Bale Manten ini adalah dua ruangan (bale) lainnya yang dinamakan bale kanan dan bale kiri.

Rumah adat Bale Manten kini juga telah mengalami banyak perubahan dalam bentuk arsitektur. Menurut Lontar Hasta Kosali, bangunan rumah adat Bali ini umumnya dibangun menghadap ke sebelah utara. Bangunan rumah ini juga akan dikelilingi bale-bale

Baca Juga: Kumpulan Nama Bayi Khas Bali untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

4. Bale Gede

rumah adat bali - bale gede

Foto: kumparan.com

Sama seperti Bale Manten, Bale Gede ini berbentuk persegi panjang dan ia memiliki 12 tiang. Ruangan ini digunakan untuk upacara adat, oleh karena itu, posisinya harus lebih tinggi dari Bale Manten.

Bale Gede umumnya cukup besar karena ia digunakan untuk tempat penyelenggaraan upacara adat. Rumah adat Bali ini juga biasa digunakan sebagai tempat berkumpul serta menyajikan makanan khas Bali atau bisa juga untuk membakar sesajen.

5. Bale Dauh

rumah adat bali - bale dauh

Foto: perwakilan.baliprov.go.id

Dalam struktur bangunan rumah adat Bali, Bale Dauh umumnya difungsikan sebagai ruangan untuk pemilik rumah menerima tamu. Tak hanya itu, Bale Dauh juga kerap digunakan sebagai tempat tidur untuk anak remaja laki-laki.

Sama seperti Bale Manten, Bale Dauh juga memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki tiang penyangga yang jumlahnya selalu berbeda antara rumah yang satu dengan lainnya. Umumnya posisi lantai Bale Dauh ini harus lebih rendah dibanding Bale Manten

6. Bale Sekapat

rumah adat bali - bale sekapat

Foto: dekoruma.com

Jika dilihat dari segi penampilan, Bale Sekapat ini adalah rumah adat Bali yang terlihat paling mewah karena penuh dengan ukiran.

Selain itu, kemewahan rumah Bale Sekapat juga bertambah berkat adanya empat tiang di bagian depan yang juga penuh dengan ukiran. Rumah adat Bali ini umumnya berfungsi sebagai ruang bersantai untuk para anggota keluarga.

Baca Juga: 10 Rangkaian Pernikahan Adat Bali yang Begitu Syahdu

7. Sanggah

rumah adat bali - sanggah

Foto: dekoruma.com

Ini adalah pura keluarga yang merupakan jenis rumah adat Bali yang selalu ada dalam kompleks perumahan pribadi. Sanggah berfungsi sebagai tempat beribadah keluarga. Sanggah juga harus berada di area timur laut rumah.

8. Klumpu Jineng

rumah adat bali - klumpu jineng

Foto: binus.ac.id

Model yang satu ini merupakan bangunan rumah adat Bali yang paling unik karena bentuknya seperti rumah panggung kecil dengan bagian luar dinding menggunakan jerami kering. Klumpu Jineng adalah lumbung pangan yang difungsikan untuk menaruh gabah setelah dijemur.

Baca Juga: Resep Ayam Bumbu Bali Lezat, Bisa Bikin Moms dan Keluarga Ketagihan!

9. Pawaregen

rumah adat bali - Pawaregen

Foto: bukalapak.com

Pawaregen ini bisa dibilang sebagai rumat adat Bali yang memiliki fungsi seperti umumnya dapur. Dibandingkan rumah adat Bali lainnya, Paweregen tampak paling sederhana dengan lantai rendah.

Bangunan yang biasanya dibangun di arah selatan atau barat laut kompleks rumah ini juga merupakan arena untuk penyimpanan alat memasak.

Itulah beberapa bagian rumah adat Bali yang mungkin Moms perlu tahu. Jadi, kalau Moms ada kesempatan untuk berkunjung ke Bali dan berfoto di salah satu rumah adat Bali, maka Moms sudah tahu apa saja nama dan fungsinya.

  • https://kumparan.com/kumparantravel/mengenal-5-rumah-adat-bali-yang-penuh-filosofis-1v6tAc5rlpO/full
  • https://www.dekoruma.com/artikel/120779/rumah-adat-bali
  • https://www.popbela.com/lifestyle/travel/mediana-aprilliani/rumah-adat-bali/7
  • https://www.arsitag.com/article/mengenal-keunikan-arsitektur-bali
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait