Rupa-rupa

9 Agustus 2021

5 Ragam Betang, Rumah Adat Kalimantan Tengah yang Unik

Moms sudah pernah mengunjunginya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Ada banyak rumah adat di Indonesia dengan modelnya yang berbeda dan unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan rumah Betang, yang merupakan rumah adat Kalimantan Tengah.

Kalimantan Tengah termasuk ke dalam salah satu daerah yang mempunyai pemandangan yang indah, lengkap dengan suku dan budayanya yang menarik untuk dipelajari.

Sebenarnya hampir sama dengan wilayah Kalimantan yang lain, rumah adat Kalimantan Tengah juga berbentuk panggung dan panjang.

Penasaran dengan rumah Betang khas Kalimantan Tengah? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini, Moms!

Baca Juga: Menyingkap Keunikan Rumah Adat Aceh dan Filosofinya

Rumah Adat Kalimantan Tengah

Ada beragam jenis rumah Betang di Kalimantan Tengah. Ini dipengaruhi dengan keberagaman masyarakatnya di setiap daerah yang berbeda-beda.

Ada beberapa rumah Betang yang dibuat memiliki panjang hingga 150 meter dan dengan lebar hingga 30 meter. Rumah adat Kalimantan Tengah yang berukuran besar ini biasanya akan dihuni oleh banyak penduduk, setidaknya minimal 100 orang.

Budaya rumah Betang merupakan cerminan mengenai kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari orang Dayak.

Di dalam rumah Betang setiap kehidupan individu pada rumah tangga dan masyarakat secara sistematis diatur melalui kesepakatan bersama yang dituangkan dalam hukum adat.

Keamanan bersama, baik dari gangguan kriminal atau berbagi makanan, suka-duka maupun mobilisasi tenaga untuk mengerjakan ladang.

Nilai utama yang menonjol dalam kehidupan di rumah Betang adalah nilai kebersamaan di antara para warga yang menghuninya, terlepas dari perbedaan-perbedaan yang mereka miliki.

Baca Juga: Nikmat, 14 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Moms Coba!

Di dalam rumah Betang juga terdapat beberapa aspek penting, seperti:

  • Aspek penghunian yang merupakan sebuah struktur multi-keluarga permanen yang tinggal bersama di dalamnya.
  • Aspek hukum karena di dalamnya mempunyai sebuah aspek kepemilikan yang sangat jelas. Rumah tersebut dimiliki oleh semua keluarga secara bersama untuk menguasai semua tanah di wilayah rumah Betang.
  • Aspek ekonomi karena rumah Betang memiliki peran yang sangat penting dalam distribusi arus tenaga dan pembagian hasil antar keluarga yang ada di dalamnya.

Rumah Betang yang merupakan rumah adat Kalimantan Tengah menggunakan kayu ulin sebagai material utama bangunannya karena dikenal kokoh dan kuat.

1. Rumah Betang Muara Mea

Rumah Betang Muara Mea.png

Foto: indonesiakaya.com

Jenis rumah adat Kalimantan Tengah yang pertama adalah Rumah Betang Muara Mea.

Rumah Muara Mea memiliki tampilan yang lebih modern karena pada dinding dari rumah Muara Mea sudah diberikan cat serta dilukis yang membuatnya menjadi lebih menarik.

Lukisan dan gambar yang berada pada dinding rumah adat ini juga dibuat sebagai salah satu identitas yang sangat khas dari masyarakat Suku Dayak.

Rumah adat Kalimantan Tengah satu ini juga sudah difungsikan sebagai destinasi wisata. Biasanya pengunjung yang berwisata ke rumah betang Muara Mea juga bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Lumut.

2. Rumah Betang Tambaba

Betang.jpg

Foto: Indonesia.go.id

Rumah adat Kalimantan Tengah, Betang Tambaba juga sangat berkaitan erat dengan suku Dayak yang mendiami pulau Kalimantan.

Seperti pada rumah adat khas Dayak umumnya, rumah ini juga akan ditinggali oleh beberapa keluarga.

Bahan baku yang digunakan juga menggunakan kayu ulin yang memang sudah terkenal ketahanannya. Meskipun saat ini cukup sulit untuk mendapatkan kayu kuat dari Kalimantan ini karena lahannya yang juga berkurang.

Arsitektur rumah Betang Tambaba ini memiliki bentuk persegi panjang. Saat ini rumah Betang Tampapa tidak hanya digunakan sebagai hunian, namun juga dijadikan sebagai  cagar budaya.

Karena desainnya yang masih alami dan keindahannya yang masih terjaga hingga kini. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengunjungi warisan budaya ini jika sedang singgah di Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Menyingkap Keunikan Rumah Adat Aceh dan Filosofinya

3. Rumah Betang Damang Batu

Rumah Betang Damang Batu.jpg

Foto: anakkreatif.com

Rumah adat Kalimantan Tengah yang berada di Desa Tumbang Anoi adalah rumah Betang Damang Batu.

Betang Damang Batu yang berada di Desa Tumbang Anoi tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat panjang dan berharga.

Di daerah itulah menjadi sebuah saksi karena pernah menjadi tempat untuk berkumpulnya seluruh Kepala Suku Dayak di Kalimantan sebagai salah satu tempat untuk menjalankan perjanjian damai.

Rumah adat Damang Batu sendiri merupakan salah satu rumah adat yang usianya sangat tua karena sudah dibangun sejak tahun 1868 sekaligus menjadikan salah satu rumah adat yang paling tua di daerah Kalimantan Tengah.

Rumah adat ini juga dibangun dengan arah menghadap ke sungai Kahayan dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Dalam sejarahnya juga banyak yang mengatakan bahwa rumah adat ini dibangun oleh Temanggung Rujan yang berasal dari daerah Tewah.

4. Rumah Betang Pasir Panjang

Rumah Betang Pasir Panjang.jpg

Foto: budaya-indonesia.org

Rumah Betang Pasir Panjang merupakan rumah adat yang bisa Moms temui di daerah Kotawaringin Barat.

Pangkalan Bun sebagai ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat ini memiliki istilah atau julukan sebagai Kota Manis yang memiliki kepanjangan Minat Aman Nikmat Indah Segar.

Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa Anda temui pada daerah ini, salah satunya adalah Taman Nasional Tanjung Puting.

Kotawaringin Barat ini merupakan salah satu daerah yang paling banyak ditinggali oleh masyarakat suku Dayak dan termasuk salah satu masyarakat yang juga meninggali rumah adat Betang Pasir Panjang.

Hingga saat ini, rumah adat Kalimantan Tengah ini juga masih tetap dihuni untuk menjaga kelestariannya.

Secara arsitektur, rumah Betang Pasir Panjang mempunyai ukuran yang lebih besar dan atapnya yang menjulang dengan tinggi.

Pintu masuk dari rumah Betang Pasir Panjang ini juga berada pada sisi di sampingnya dan bukan pada sisi yang memanjang seperti rumah adat pada umumnya.

Karena ukurannya yang besar, pondasi dan struktur penyangga kayunya juga terlihat lebih kokoh untuk menopang bangunannya yang berat.

Baca Juga: 10 Fakta tentang Pakaian Adat Bali yang Unik dan Sarat akan Makna

5. Rumah Adat Betang Sei Pasah

Rumah Adat Betang Sei Pasah.jpg

Foto: celebes.com

Rumah Adat Betang Sei Pasah ini diambil namanya dari desa tepat terletaknya rumah adat ini. Yakni berada di Desa Sei Pasah, Kapuas Hilir, Kalimantan Tengah.

Rumah adat Kalimantan Tengah ini sebenarnya merupakan rumah lama yang telah mengalami pemugaran kembali.

Karena bangunan lamanya sudah lapuk dan hanya menyisakan tiangnaya saja. Dimana sebelumnya rumah tradisional ini merupakan milik Talining E Toepak yang mengalami keterbatasan bahan baku.

Seperti yang lainnya, memang rumah betang ini juga dibangun dengan menggunakan kayu ulin. Namun akhirnya rumah betang ini berhasil di bangun dengan suasana yang lebih modern.

Saat ini rumah betang Sei Pasah dijadikan sebagai meseum untuk menyimpan berbagai benda yang bersejarah sekaligus benda asli dari suku Dayak.

Ketika mengunjungi meseum ini, Moms bisa menemukan banyak hal menarik seperti sanding hingga patung penjaga.

Baca Juga: Keunikan Pakaian Adat Papua dan Jenis-Jenisnya yang Wajib Diketahui

Nah itu dia Moms beragam rumah adat Kalimantan Tengah yang khas dann unik.

  • https://www.celebes.co/borneo/rumah-adat-kalimantan-tengah
  • https://travelingyuk.com/rumah-adat-kalimantan-tengah/216926/?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload
  • https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/21/133000869/rumah-betang-rumah-adat-kalimantan-tengah?page=all
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait