Home & Living

5 Agustus 2021

8 Desain Rumah Kayu Minimalis yang Instagrammable

Sudah menentukan mau yang mana?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Moms dan Dads yang ingin memiliki rumah cenderung menginginkan desain minimalis, namun tetap terlihat elegan dan modern, maka tidak ada salahnya mencoba desain rumah kayu.

Kayu menjadi salah satu material yang kerap kali digunakan untuk membangun hunian yang nyaman. Warna cokelatnya menghadirkan kesan hangat dan ketenangan.

Referensi Desain Rumah Kayu

Selain dapat menyerap udara sehingga suhu di dalamnya tetap stabil, rumah kayu juga disebut sebagai rumah yang ramah lingkungan.

Bagaimana, Moms, sudah cocok dengan rumah kayu untuk ide hunian keluarga? Jika masih butuh referensi, simak daftar berikut, yuk!

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

1. Rumah Kayu Tradisional

Rumah Adat Bolaang Mongondow

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum tren rumah kayu minimalis yang viral beberapa waktu belakangan, bangunan rumah kayu tradisional di Indonesia sudah lebih dahulu eksis di berbagai daerah. 

Rumah kayu tradisional khas Nusantara mayoritas menggunakan material alam berupa kayu, jerami, dan batu alam yang diambil langsung dari lingkungan sekitar. 

Jadi tidak ada salahnya untuk meniru bentuk dan model rumah kayu tradisional yang tersebar dari ujung Sabang sampai Merauke ini, Moms.

2. Rumah Kayu Mungil

Rumah Kayu Mungil.jpg

Foto: pinterest.com

Rumah kayu tidak hanya menjadi rumah tinggal, namun bisa diperuntukkan jadi tempat bermain anak, tempat penyimpanan, bahkan area bersantai di halaman belakang.

Desain yang dipilih pun tidak terlalu rumit dan kompleks. 

Pada umumnya, rumah kayu mungil tersebut didesain berbentuk kotak seperti rumah papan minimalis.

Rumah mungil ini dapat memakai material kayu sederhana dengan material atap yang ringan seperti asbes atau seng.

Baca Juga: 7 Tren Warna Interior untuk Rumah yang Nyaman

3. Rumah Klasik Sederhana

Rumah Klasik Sederhana.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms menyukai desain rumah klasik, maka desain rumah kayu berikut ini dapat jadi referensi. 

Denah rumah kayu di atas menggambarkan rumah kayu dengan luas sekitar 120 meter persegi dengan sekat yang tidak terlalu rumit.

Rumah di atas juga menawarkan gaya klasik yang elegan dengan warna kayu berwarna putih natural, senada dengan desain interiornya.

Rumah kayu ini dilengkapi dengan taman di belakang rumah dihiasi berbagai tanaman, dilengkapi penerangan yang memberi kesan hangat jika malam tiba.

Model rumah kayu klasik minimalis seperti di atas akan menghadirkan suasana yang hangat untuk sebuah hunian. 

Apalagi jika rumah kayu tersebut dipakai sebagai tempat berkumpul bersama keluarga besar atau kerabat terdekat.

Berbeda dengan desain rumah kayu klasik dengan nuansa putih, desain rumah kayu ini memberikan kesan rumah klasik yang hangat.

Kalau yang satu ini cocok untuk rumah kayu yang dikelilingi dengan pepohonan di area pegunungan atau hutan.

4. Rumah Kayu Hikari Box

Rumah Kayu Hikari Box.jpg

Sumber: pinterest.com

Banyak rumah dengan luas yang terbatas tidak memiliki cukup ruang untuk membuat kamar kosong yang dapat digunakan untuk menerima tamu yang ingin bermalam.

Dengan luas yang terbatas dan minimalis, desain rumah kayu Hikari Box mencoba mengatasi masalah ini. Model rumah ini dibuat dengan dua area tidur, masing-masing berkapasitas 2 orang dewasa di bagian atas rumah yang dapat diakses melalui sebuah tangga kayu kecil sederhana.

Rumah kayu yang didesain oleh Portland Alternative Dwellings ini pun dilengkapi dengan meja makan dan area santai yang dapat digunakan untuk menerima tamu.

Rumah ini pun dibangun dengan sangat fungsional untuk mendukung seluruh kebutuhan penghuninya.

Bagian bawah area tangga yang digunakan untuk menuju kamar tidur utama juga berfungsi sebagai lemari penyimpanan dengan ukuran yang berbeda-beda.

Baca Juga: Memasuki Musim Panas, Ini 5 Cara Agar Rumah Terasa Sejuk

5. Rumah Kayu Lembang

Rumah Kayu Lembang.jpg

Foto: agoda.com

Siapa yang tidak tahu daerah Lembang? 

Menjadi bagian dari kawasan Bandung Barat, Lembang berjarak 16 km dari pusat Kota Bandung.

Daerah dengan segudang destinasi wisata ini, memiliki banyak desain rumah kayu yang bisa dilihat pada restoran, kafe, hingga penginapan seperti vila.

Lembang sendiri merupakan daerah pegunungan dan hutan yang tentunya dikelilingi banyak pohon. Sehingga rumah atau bangunan dengan material kayu tentu akan sangat cocok dan menyatu dengan lingkungan alami di sekitarnya.

Rumah kayu di Lembang memiliki model rumah sederhana tapi indah dengan bahan dasar kayu yang kuat. 

Menilik gambar di atas, rumah kayu tersebut memiliki model rumah sederhana ala pedesaan, berwarna coklat tua dengan desain tradisional.

Desain minimalis tersebut dapat jadi contoh model rumah minimalis sederhana bagi yang tidak memiliki budget berlebih. 

Rumah dengan konsep desain rumah panggung ini dapat Moms aplikasikan dengan jendela besar, agar terlihat lebih modern dan memiliki pencahayaan alami yang maksimal.

6. Rumah Kayu dengan Teras Terbuka

teras-terbuka-768x622.jpg

Foto: jhmrad

Mau bersantai di teras yang luas? Walaupun punya lahan sempit, Moms tetap bisa merasakan bersantai di teras terbuka seperti rumah dengan bahan dasar kayu dari Custom Container Living ini.

Desain rumah kayu yang satu ini memiliki desain berupa rumah bergaya kontainer yang terdapat ruang terbuka mungil sebagai teras.

Teras ini pun didesain dengan atap tertutup sehingga Moms dan keluarga tidak akan merasa kepanasan atau kehujanan.

Baca Juga: Perencanaan Untuk Wujudkan Hunian Impian Anda

7. Rumah Kayu Mewah

Rumah Kayu Mewah.jpg

Foto: pinterest.com

Model rumah kayu ini memiliki perpaduan cokelat alami dengan pagar kayu di sekelilingnya. 

Rumah kayu ini sangat menarik, apalagi jika dihiasi dengan dedaunan dari pohon yang gugur, akan menampilkan kesan ciamik.

Ornamen kaca dengan bingkai berwarna putih di depan rumah menampilkan karakter rumah yang mewah dan tegas, mengikuti atap bangunan.

Atap yang tinggi akan terlihat lebih seimbang dengan bentuk rumah. 

Selain itu, dengan kemiringan seperti di atas, atap ini akan lebih mudah dibersihkan jika terkena debu atau daun yang gugur.

Menariknya lagi, rumah kayu mewah ini dapat menjadi rekomendasi desain rumah kayu dengan keluarga besar, karena memiliki sejumlah kamar tidur dan ruang keluarga.

Menarik, ya Moms? Tertarik untuk memakai model desain rumah kayu ini?

8. Rumah Kayu Polandia “Sun”

desain-rumah-kayu-Polandia-“Sun”.jpg

Foto: ownwoodenhouse

Rumah yang berisi tiga studio dan tiga kamar tidur ini dibangun di Polandia. Rumah ini dibuat dengan tema rumah yang ideal untuk ditinggali.

Jika biasanya rumah kayu menampilkan bagian fasad yang sederhana, hunian yang satu ini memberikan kesan mewah dan artistik. Penggunaan kaca besar di bagian depan rumah menjadi kunci dari tampilan modern.

Berbeda dari bagian luarnya yang menggunakan kayu berwarna cokelat, umumnya bagian dalam rumah ini didominasi dengan nuansa putih yang memberikan suasana nyaman.

Selain itu, cahaya natural pun bisa masuk dengan maksimal ke dalam rumah lewat kaca yang besar. Halaman rumah yang luas pun memberikan kesan yang menarik pada keseluruhan tampilan rumah.

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

Nah itu dia Moms 8 desain rumah kayu yang bisa jadi inspirasi hunian idaman.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait