Home & Living

3 September 2021

Unik dan Menarik, Ini Inspirasi Rumah Pohon Sederhana

Unik, rumah pohon ini bisa jadi tempat santai favorit keluarga!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Debora

Saat masih kecil, Moms mungkin pernah ingin sekali punya rumah pohon sederhana di halaman rumah. Moms berharap bisa bermain di sana tanpa di ganggu, atau bahkan bersantai dan tidur siang sambil menikmati hembusan angin di rumah pohon.

Namun tampaknya hingga kini, rumah pohon sederhana tetap saja menarik perhatian banyak orang, tak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Rumah pohon kini juga banyak didesain dengan unik dan kreatif. Awalnya, rumah pohon ini terinspirasi oleh rumah adat di suku-suku pedalaman.

Namun, berkat majunya ilmu pengetahuan di berbagai bidang, ini juga membuat rumah pohon mengalami banyak perkembangan.

Rumah pohon sederhana yang alami biasanya hanya memanfaatkan material seadanya.

Kini, Moms bisa membuat rumah pohon dengan material yang lebih baik sehingga bisa membuat rumah pohon yang lebih nyaman, unik, dan menarik.

Desain rumah pohon juga dapat dimodifikasi sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil rumah yang sesuai dengan keinginan Moms. Wah, seperti impian yang menjadi nyata ya Moms!

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Kaca Minimalis untuk Inspirasi Hunian Impian

Contoh Rumah Pohon Sederhana

Berikut ini adalah beberapa contoh rumah pohon sederhana yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Rumah Pohon Sederhana Tanpa Atap

Rumah Pohon Sederhana

Foto: pinhome.id

Rumah pohon sederhana yang satu ini biasanya digunakan hanya untuk bersantai saja.

Umumnya ia dibangun melingkar atau membentuk persegi dan memutari batang utama pohon. Desain rumah pohon ini biasanya tanpa dinding dan tanpa atap.

Meski begitu, rumah pohon ini juga bisa dilengkapi dengan lantai yang kokoh dan biasanya terbuat dari kayu atau disertai dengan railing.

Jangan khawatir kepanasan, karena umumnya Moms bisa tetap merasa teduh berkat anting-ranting dan dedaunan dari pohon yang akan melindungi dari sinar matahari.

Ia bisa dijadikan sebagai tempat bermain anak atau tempat berkumpul dengan keluarga. Jika ditujukan untuk bermain anak, pastikan ia dilengkapi pelindung agar anak tidak terjatuh dan sediakan tangga yang aman.

2. Rumah Pohon Sederhana Tanpa Dinding

Rumah Pohon Sederhana

Foto: senidisainblog.files.wordpress.com

Selanjutnya, contoh rumah pohon sederhana yang bisa jadi inspirasi adalah desain rumah pohon tanpa dinding.

Umumnya, rumah pohon yang satu ini memiliki lantai yang terbuat dari kayu yang kokoh. Rumah ini memiliki atap, tetapi tidak memiliki dinding.

Biasanya rumah pohon ini menggunakan railing sebagai pembatas rumah pohon dan Moms bisa menggunakan jaring di sekitarnya supaya lebih aman. Mirip dengan rumah pohon tanpa atap, cara membuat rumah pohon jenis ini juga tergolong mudah.

3. Rumah Pohon Sederhana dengan Dinding ¾

Rumah Pohon Sederhana

Foto: rumahkuunik.com

Rumah pohon yang sederhana yang satu ini juga cukup banyak dibuat, terutama di luar negeri. Rumah pohon dengan dinding ¾ ini memiliki atap disertai dinding akan tetapi dindingnya tidak dibuat semua.

Hanya tiga sisi saja yang dilengkapi dengan dinding dan biasanya bagian depan yang tidak diberi dinding.

Baca Juga: 13 Ide Kanopi Rumah Minimalis, Mewah dan Klasik

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Rumah Pohon

Rumah Pohon Sederhana

Foto: grid.id

Memiliki rumah pohon memang terlihat mengasyikkan bukan. Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya perlu Moms perhatikan saat hendak membangun sendiri rumah pohon sederhana.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Memilih Pohon

Memilih pohon yang tepat sebagai pondasi dalam membuat desain rumah pohon adalah hal paling dasar dan juga langkah utama dalam membuat desain rumah pohon unik.

Moms dapat memilih pohon dengan usia sedang, tidak terlalu tua, atau tidak terlalu muda. Moms juga perlu memerhatikan ukuran pohon dan kekuatan pohon yang akan dijadikan pondasi.

Jika Moms ragu dalam memilih pohon, maka minta bantuan dari jasa konsultan rumah.

2. Menginformasikan Dinas Tata Kota

Sebelum Moms membangun rumah pohon, Moms perlu menginformasikan Dinas Tata Kota dahulu. Segera setelah Moms menemukan pohon yang tepat untuk dibangun rumah pohon, langkah ini harus segera dilakukan.

Moms juga perlu mendapat persetujuan orang-orang sekitar, seperti tetangga maupun ketua RT di lingkungan tersebut sebelum mulai membangunnya.

3. Atur Ketinggian

Moms juga perlu pintar-pintar dalam mengatur ketinggian rumah pohon sebab ini akan berkaitan dengan kekuatan pohon.

Moms juga bisa menyesuaikan dengan tujuan awal membuat rumah pohon, serta konsep yang telah dipilih dalam membuat rumah pohon.

Baca Juga: 7 + Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Rumah, Bisa Bikin Teduh Juga!

4. Material yang Digunakan

Umumnya rumah pohon dibuat menggunakan material kayu atau bambu. Dua bahan ini dipilih karena tidak terlalu berat dan akan memberikan nuansa alam yang hangat dan lebih natural.

Selain itu, saat membuat desain rumah pohon sederhana tidak jauh berbeda dengan mendesain rumah lainnya.

Akan tetapi, memang akan dibutuhkan perhitungan dan ketelitian yang lebih matang. Jika Moms tidak teliti, maka hal ini bisa merugikan.

5. Hiasan Rumah Pohon

Hiasan rumah pohon seperti akses menuju rumah pohon juga perlu diperhatikan. Moms dapat membuat tangga sederhana atau membuat jembatan gantung berbahan kayu di desain menanjak untuk menuju rumah pohon.

Moms juga bisa menggunakan desain lain sesuai kreativitas. Sementara untuk atapnya, Moms bisa menggunakan atap kayu atau apapun yang bisa memperindahnya.

6. Pencahayaan dan Ventilasi

Meski hanya rumah pohon, tetapi Moms juga perlu memerhatikan pencahayaan dan ventilasi untuk membuat rumah pohon sederhana ini semakin nyaman untuk dijadikan tempat bersantai.

Nah, untuk pencahayaan pada malam hari, Moms dapat menggunakan lampu temaram di luar rumah atau di sekitar rumah. Ventilasi juga bisa dibuat dengan memasang jendela.

Itulah contoh rumah pohon sederhana dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membangunnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Moms!

  • https://www.dekoruma.com/artikel/23530/rumah-pohon-seluruh-dunia
  • https://www.pinhome.id/blog/rumah-pohon-sederhana/
  • https://www.designrumah.co.id/rumah/pohon-unik-terbaru.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait