Home & Living

23 Juli 2021

6 Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate, Penting Diperhatikan!

Cek dulu kebenaran dari rumah tusuk sate sebelum membelinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat akan membeli rumah, orang cenderung akan menghindari rumah tusuk sate.

Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya dengan mitos-mitos tentang rumah tusuk sate sehingga rumah ini seringkali dihindari untuk dibeli hingga dihuni.

Rumah pada dasarnya merupakan tempat untuk kita beristirahat dan berlindung dari keadaan alam dan sekitarnya. Sebagian besar aktivitas kita akan dihabiskan di rumah sehingga keberadaan rumah ini sangat penting maknanya.

Bagi sebagian besar orang, rumah juga menjadi simbol kesuksesan. Di sisi lain, rumah juga bisa menjadi investasi karena properti akan terus mengalami inflasi setiap tahunnya.

Jadi tak heran kalau saat membeli rumah, orang akan tak hanya melihat bagaimana bentuk, struktur, serta harga bangunan, tetapi juga melihat lokasinya.

Memilih lokasi yang strategis sangatlah penting supaya rumah bisa didapat dengan harga yang terjangkau. Salah satu hal yang paling dihindari saat memilih lokasi rumah adalah rumah tusuk sate.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan dari Rumah Sambil Mengurus Keluarga

Apa Itu Rumah Tusuk Sate?

Rumah Tusuk Sate

Foto: sunsigns.org

Sebenarnya rumah tusuk sate itu adalah rumah yang seperti apa? Arti dari rumah tusuk sate tidak ada kaitannya dengan tusuk sate dalam artian harfiah.

Rumah tusuk sate adalah rumah yang posisinya terletak di ujung jalan, tepatnya berada di tengah-tengah jalur pertigaan.

Rumah tusuk sate ini juga kerap kali dijuluki dengan nama t-intersection house. Jadi kalau dilihat dari atas, rumah tusuk sate memang berlokasi di area T.

Rumah tusuk sate menjadi salah satu lokasi rumah yang paling banyak dihindari karena ada banyak mitos-mitos yang beredar. Tak hanya menurut masyarakat Indonesia, tapi juga menurut feng shui rumah tusuk sate ini tidak bagus.

Baca Juga: 13 Rumah Artis yang Instagramable, Bisa Jadi Inspirasi!

Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate

Untuk mengeceknya dengan pasti, tentunya Moms harus mengecek kebenaran dari mitos-mitos rumah tusuk sate ini. Apakah mitos tersebut merupakan sebuah fakta atau hanya mitos semata.

Moms bisa mengeceknya langsun di bawah ini:

1. Hubungan Keluarga Jadi Kurang Harmonis

Pemilik Rumah Sering Bertengkar

Foto: www.sheknows.com

Mitos yang pertama dari rumah tusuk sate yang paling populer adalah katanya jika tinggal di rumah tusuk sate, maka hubungan keluarga Moms bisa menjadi kurang harmonis nantinya.

Jadi Moms bisa sering bertengkar dengan pasangan atau anggota rumah yang lain.

Jika dilihat dari segi faktanya, rumah tusuk sate ini memiliki udara yang cukup panas jika dibandingkan dengan rumah-rumah yang berlokasi di tempat lainnya karena tepat berada di persimpangan jalan.

Cahaya matahari akan langsung masuk ke dalam rumah tanpa adanya penghalang sehingga suhu di dalam rumah bisa mudah panas. Inilah yang menyebabkan penghuninya mudah bertengkar satu sama lain.

Menurut Nancy Molitor, asisten professor di clinical psychiatry and behavioral science at Northwestern University Feinberg School of Medicine mengatakan kalau faktanya cuaca panas bisa membuat seseorang mudah marah dan uring-uringan.

Hal ini bisa Moms atasi dengan menggunakan kanopi di depan rumah sehingga sinar matahari tak langsung masuk ke dalam rumah. Moms juga bisa menanam banyak tanaman hijau di halaman depan rumah serta di dalam rumah sehingga udaranya bisa menjadi lebih sejuk.

Baca Juga: 8 Rumah Adat Sunda yang Punya Bentuk Unik

2. Penghuni Rumah Mudah Sakit

Rumah Tusuk Sate Membuat Sakit

Foto: www.myjewishlearning.com

Mitos kedua yang juga populer dari rumah tusuk sate adalah katanya penghuni rumahnya akan mudah sakit.

Rumah yang berada di t-intersection akan memiliki aliran udara yang cukup kuat. Sirkulasi udara yang berasal dari depan dan samping rumah ini ternyata bisa membuat debu dan kotoran yang ada di jalanan akan mudah masuk ke dalam rumah.

Jadi wajar saja kalau pemilik rumah bisa mudah terserang sakit. Untuk mengatasinya, Moms bisa menanam banyak tanaman di depan rumah untuk menghalangi debu dan kotoran masuk ke dalam rumah.

Moms juga bisa mengubah letak pintu masuk tidak tepat di tengah-tengah melainkan agak ke samping rumah. Moms juga bisa meletakkan kasa penyaring debu pada jendela dan pintu.

Baca Juga: Ketahui Manfaat dan Bahaya Gadget untuk Perkembangan Anak

3. Bisa Menarik Perhatian Makhluk Halus

Hantu di Rumah Tusuk Sate

Foto: www.treehugger.com

Mitos dari rumah tusuk sate berikutnya adalah katanya rumah ini bisa menarik perhatian makhluk halus.

Mitos ini banyak beredar di masyarakat Jawa dan tidak sedikit orang yang mempercayainya. Hal ini dikarenakan rumah tusuk sate yang letaknya tepat di depan persimpangan jalan ini bisa dengan mudah menarik perhatian, tak hanya bagi manusia tapi juga makhluk halus.

Sudah tentu hal ini adalah mitos karena tidak ada fakta yang bisa menjelaskan banyaknya keberadaan makhluk halus di rumah tusuk sate.

Jadi Moms jangan khawatir ya! Selama kita rutin beribadah kepada Tuhan, rumah kita pasti akan terhindar dari adanya makhluk halus.

Baca Juga: 3 Tips Mengelola Limbah Masker Bekas Pakai, Tidak Boleh Asal Buang!

4. Cocok untuk Lokasi usaha

Buka Bisnis di Rumah Tusuk Sate

Foto: rumah123.com

Ada satu mitos dari rumah tusuk sate yang sangat disukai oleh para pebisnis yakni konon rumah tusuk sate ini sangat cocok jika dijadikan sebagai lokasi usaha atau tempat berbisnis.

Hal ini dikarenakan posisi tusuk sate ini diibaratkan sebagai letak singgasana raja dalam sebuah kerajaan sehingga dapat menunjukkan bahwa kedudukan rumah tusuk sate paling tinggi dan mendapat perhatian utama dari rumah-rumah lainnya.

Sebenarnya hal ini bukanlah mitos semata karena jika dilihat faktanya, lokasi rumah tusuk sate ini memang sangat strategis dikarenakan posisinya sangat mudah terlihat dan ditemukan karena persis berada di tengah pertigaan.

Dengan posisi yang strategis ini, jika Moms membuka bisnis pastinya akan mudah dikenali tempatnya oleh orang-orang sekitar. Jenis bisnis yang cocok adalah bisnis makanan hingga bengkel.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Berfungsi sebagai Imun Booster, Ternyata Sehat dan Enak!

5. Rawan Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan Rumah Tusuk Sate

Foto: thewisdomdaily.com

Mitos lain dari rumah tusuk sate adalah bisa memberikan kesialan bagi penghuni rumah karena rawan kecelakaan. Hal ini bukanlah mitos melainkan fakta.

Secara logika, rumah tusuk sate yang berlokasi tepat di depan pertigaan jalan ini akan membuat kendaraan yang akan belok mudah mengalami kecelakaan jika tidak bisa melihat belokan lain di hadapannya.

Apalagi jika pengemudi tidak fokus saat menyetir. Akibatnya, rumah akan mudah tertabrak oleh kendaraan yang lewat.

Tenang, hal ini bisa Moms atasi dengan menempatkan pot-pot berukuran besar di depan pagar rumah atau membuat taman kecil berbentuk vertikal di depan pagar sehingga saat kendaraan menabrak rumah akan mengenai pot atau taman terlebih dahulu.

Baca Juga: Ibu Positif COVID-19 Boleh Memberikan ASI kepada Bayinya, Ini Panduan Lengkapnya!

6. Harga yang Lebih Rendah

Harga Rumah Tusuk Sate

Foto: www.equiti.com

Mitos dari rumah tusuk sate yang terakhir adalah harganya bisa lebih rendah jika dibandingkan rumah-rumah yang ada di lokasi lainnya.

Hal ini bukanlah mitos melainkan fakta. Jika melirik mitos-mitos tidak baik dari rumah tusuk sate, sudah pasti banyak orang akan menghindarinya sehingga minat pembeli akan menurun.

Tentu saja dengan begitu harga jual dari rumah tusuk sate akan menurun sehingga Moms bisa mendapatkannya dengan harga yang murah dan sangat terjangkau.

Harga rumah tusuk sate akan lebih murah hingga 10-20% harganya jika dibanding harga jual rumah-rumah di lokasi lainnya.

Meski Moms bisa membelinya dengan harga yang lebih murah, tapi jika Moms ingin menjualnya kembali, tentu saja harganya juga lebih murah dibanding harga jual rumah kebanyakan. Solusinya adalah tidak menjual rumah tusuk sate yang sudah Moms beli ya!

Jadi mulai sekarang Moms sudah tahu apa saja mitos dan fakta dari rumah tusuk sate. Apakah Moms sendiri tertarik untuk membeli rumah tusuk sate?

  • https://www.livescience.com/21431-hot-temperatures-mood.html
  • https://www.99.co/blog/indonesia/tips-beli-rumah-tusuk-sate/
  • https://artikel.rumah123.com/sering-dianggap-klenik-ini-5-penjelasan-ilmiah-terkait-mitos-rumah-tusuk-sate-51981
  • https://properti.kompas.com/read/2020/07/06/141621521/rumah-tusuk-sate-dianggap-sial-mitos-atau-fakta-ini-penjelasannya
  • https://interiordesign.id/rumah-tusuk-sate/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/99824/mitos-dan-fakta-rumah-tusuk-sate
  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/membeli-properti-92774-keuntungan-rumah-tusuk-sate-id.html
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/rumah-tusuk-sate-38868
  • https://www.99.co/blog/indonesia/keuntungan-rumah-tusuk-sate/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait