Home & Living

23 Agustus 2021

6 Jenis Rumput Hias yang Buat Taman Makin Cantik!

Bisa dijadikan inspirasi untuk Moms agar taman di rumah semakin menarik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms yang memiliki taman atau halaman luas di rumah pasti menginginkan lahan tersebut menjadi lebih cantik dan asri, bukan? Jika iya, Moms mungkin bisa menambahkan rumput hias sehingga taman lebih sedap dipandang.

Ada beragam jenis rumput hias yang dapat Moms pilih untuk memperindah taman atau halaman rumah. Moms bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Namun sebelum menentukan jenis rumput hias, alangkah baiknya bagi Moms untuk memahami karakteristik setiap rumput hias beserta perawatannya.

Jadi, rumput hias dapat tumbuh dengan maksimal di taman atau halaman rumah Moms.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Daun Merah yang Mudah Dirawat untuk Pemula

Macam-macam Rumput Hias

Berikut macam-macam rumput hias yang bisa Moms pilih, beserta karakteristik dan cara perawatannya.

1. Rumput Jepang

rumput jepang

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan rumput hias bernama rumput Jepang yang satu ini! Rumput hias yang juga memiliki nama Zoysia Japonica ini memang cukup populer digunakan untuk taman atau halaman rumah.

Rumput ini memiliki ciri-ciri ukuran yang pendek, tekstur kasar, dan ujung daunnya cukup runcing menyerupai jarum. Pertumbuhan rumput Jepang cenderung lambat sehingga Moms tak terlalu sering-sering memangkasnya.

Jenis rumput ini bisa tumbuh rimbun dengan cepat dan perawatannya pun tidaklah sulit. Moms hanya perlu menyiraminya sebanyak dua kali sehari dan penyiraman terbaik dapat dilakukan setiap pagi.

Selain itu, rumput ini juga membutuhkan pupuk dan Moms dapat memberikan pupuk sebanyak dua kali dalam sebulan. Beri pupuk secukupnya karena jika berlebihan akan menyebabkan akar dan batang rumput membusuk.

Baca Juga: 9 Ide Taman Minimalis dan Cara Membuatnya

2. Rumput Beijing

rumput beijing

Foto: stationremodel.com

Rumput hias berikutnya yang bisa Moms manfaatkan untuk mempercantik taman atau halaman rumah ialah rumput Beijing.

Rumput ini memiliki beberapa karakteristik, yakni tingginya sekitar 10 cm, dengan bentuk tunggal, halus dan tersusun berselang-seling.

Daunnya bergerombol di dekat akar, dengan strip-strip lebar hingga 1,5-2,0 cm dan panjang 15-20 cm, dengan bagian daun pendek di atas pucuk.

Adanya bunga pada rumput jenis ini akan membuat taman atau halaman rumah Moms menjadi lebih cantik.

Jika lahan di rumah Moms merupakan tanah liat atau berpasir, rumput hias ini adalah pilihan yang sangat tepat karena rumput Beijing dapat tumbuh dengan baik di kondisi tanah tersebut.

Rumput Beijing menyukai sinar matahari yang tidak terlalu panas. Jadi, lahan yang teduh merupakan tempat terbaik bagi rumput hias ini untuk tumbuh.

Untuk perawatannya, Moms bisa menyiramnya sebanyak satu kali sehari saat musim hujan dan dua kali sehari ketika musim panas di pagi dan sore. Saat menyiram, jangan membuat rumput terlalu tergenang air karena bisa membuatnya mati.

Jika ingin memberi nutrisi tambahan, sebaiknya Moms menggunakan pupuk organik. Hindari penggunaan pupuk kimia dan insektisida, ya.

Baca Juga: Simak Cara Menanam Daun Mint di Halaman Rumah Sendiri, Mudah!

3. Rumput Manila

rumput manila.jpg

Foto: iStock

Rekomendasi jenis rumput hias lainnya, yaitu rumput Manila atau Zoysia Matrella. Rumput ini berasal dari Filipina. Jenis rumput yang satu ini dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis dan subtropis.

Daun rumput manila memiliki bentuk yang runcing, sempit dan kurus. Batangnya bisa melengkung dan biasanya dapat tumbuh hingga sepanjang 2-4 cm.

Rumput Manila menyukai tempat yang teduh atau tidak terpapar sinar matahari langsung.

Pertumbuhannya cukup lambat sehingga Moms tidak perlu memangkasnya terlalu sering.

Jika Moms memiliki lahan yang luas seperti lapangan, rumput jenis ini adalah yang paling cocok. Pasalnya, rumput Manila sering kali ditanam pada lapangan bola atau lapangan golf.

Meski tidak terlalu membutuhkan banyak air dan pupuk, tetapi diperlukan perawatan khusus agar pertumbuhan rumput Manila tetap baik.

Baca Juga: Hias Rumah dengan Tanaman Calathea, Kenali 8 Jenis dan Cara Merawatnya

4. Rumput Kentucky

header-Kentucky-Bluegrass.jpg

Foto: pennington.com

Rumput hias ini berasal dari wilayah Eropa. Di daerah asalnya, rumput ini menyukai tempat yang dingin untuk tumbuh.

Meski demikian, rumput kentucky juga bisa ditanam di rumah Moms dengan sinar matahari langsung atau pun di tempat teduh.

Bentuk daun dari rumput hias yang satu ini cukup unik karena bagian ujung daun sedikit tumpul menyerupai perahu. Dengan garis terang sejajar di kedua sisi pembuluh pusat helai daun.

Dari segi tekstur, rumput ini cukup padat dan tebal.

Moms bisa menanamnya dari biji dan rumput kentucky akan dengan mudah berkecambah dan tumbuh subur di taman atau halaman rumah.

Namun, harus sering disiram setiap hari agar dapat tumbuh dengan baik. Untuk pemangkasan, disarankan tidak memotong rumput kurng dari 7 cm karena rumput kentucky yang terlalu pendek akan merusak kesehatan rumput secara keseluruhan.

Baca Juga: 9+ Jenis Bonsai Cantik dan Unik untuk Taman Rumah, Bikin Makin Betah!

5. Rumput Gajah Mini Varigata

rumput gajah mini varigata

Foto: dekoruma

Rumput gajah mini varigata merupakan jenis rumput gajah yang bisa Moms pilih sebagai rumput hias di taman atau halaman rumah.

Dari segi bentuk, ciri dan tekstur daunnya, rumput gajah mini varigata mirip dengan karakteristik rumput gajah mini pada umumnya. Rumput ini juga tumbuh subur dengan cara menyebar ke samping sehingga tidak perlu sering dipangkas.

Moms bisa menanam rumput gajah mini varigata ini di rumah karena tahan dari segala cuaca, tak perlu banyak sinar matahari, dan tidak bergantung pada patogen tanah. Jadi, perawatannya benar-benar mudah!

Sedikit berbeda dengan rumput gajah mini, rumput gajah mini varigata memiliki warna dan corak daun yang unik sehingga bisa membuat lahan menjadi lebih cantik.

Jika rumput gajah mini biasanya hanya berwarna hijau, rumput gajah mini varigata memiliki warna daun hijau dengan campuran putih pada setiap helai daunnya.

Keunikannya itulah yang juga menjadi penyebab rumput gajah mini varigata sedikit lebih mahal dibandingkan rumput gajah mini lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Menanam Rumput Jepang yang Membuat Taman Terlihat Asri

6. Rumput Golf

rumput golf.jpg

Foto: iStock

Rumput golf menjadi rumput hias berikutnya yang dapat Moms pilih untuk membuat lahan di rumah semakin asri dan indah.

Sesuai namanya, rumput ini memang merupakan jenis rumput yang umum digunakan pada lapangan golf. Namun, juga bisa Moms pilih untuk ditanam di taman atau halaman rumah.

Rumput golf akan tumbuh subur di area landscape. Daunnya cenderung pendek dan teksturnya lembut sehingga memberikan kesan luas pada lahan.

Jenis rumput ini tidak memerlukan terlalu banyak air sehingga penyiraman tidak teratur pun tak akan menghambat pertumbuhan. Namun, memerlukan pencahayaan dari sinar matahari sepanjang hari dan pemangkasan yang rutin.

Jika Moms ingin memilih rumput golf untuk di rumah, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli landscape atau taman yang andal karena perawatannya cukup rumit.

Nah, itu dia berbagai jenis rumput hias yang dapat Moms pilih untuk mempercantik taman atau halaman rumah. Jadi, mana kah jenis rumput yang akan Moms pilih?

  • https://www.thespruce.com/zoysia-grass-plant-profile-4691117
  • https://thehempmine.com/products/beijing-grass-murdannia-loriformis-angel-grass
  • https://stationremodel.com/2020/01/07/know-the-benefits-of-beijing-grass-angel-grass/
  • https://www.abchomeandcommercial.com/blog/zoysia-grass-types/
  • https://www.pennington.com/all-products/grass-seed/resources/all-you-need-to-know-about-kentucky-bluegrass
  • https://steemit.com/esteem/@abc3/here-are-7-types-of-grass-for-your-home-garden-7d3d5f93c0492
  • https://www.forevergreenlawns.co.uk/types-of-golf-grass/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait