Kesehatan

11 Agustus 2021

Jarang yang Tahu, 10 Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata bukan cuma sekedar tumbuhan liar, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Sering dipandang sebelah mata, ternyata rumput teki yang tumbuh liar menyimpan segudang manfaat.

Rumput teki atau rerumputan kacang (Cyperus Rotundus) pada umumnya dikenal sebagai rumput coco, rerumputan Jawa, rerumputan kacang merah serta alang kacang ungu merupakan tumbuhan tahunan yang berasal dari Afrika, Eropa Selatan dan Tengah, serta Asia Selatan.

Ternyata, bagian umbi pada rumput teki merupakan salah satu bagian yang kaya manfaat, sebab dalam umbi rumput teki terkandung zat yang baik yang dapat digunakan sebagai obat herbal.

Penasaran dengan beragam manfaat rumput teki lainnya? Simak informasi lengkapnya berikut ini yuk, Moms!

Baca Juga: Nah, Ini 4 Cara Mengolah Rumput Laut yang Benar!

Manfaat Rumput Teki

bunga-rumput-teki.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Melansir sebuah penelitian Phytochemicals potential of Cyperus rotundus Linn. root extract Kalimantan for treatment of Oral mucosa traumatic ulcer : “Healing process enhancement with Cyperus rotundus L. root” menunjukkan masyarakat Kalimantan Tengah telah menggunakan rumput teki (Cyperus rotundus L) ini secara turun temurun untuk berbagai pengobatan termasuk dalam pengobatan sakit gigi, gusi bengkak dan sariawan.

Tidak hanya untuk kesehatan mulut, berikut ini adalah manfaat lain dari rumput teki:

1. Untuk Kesehatan Pencernaan

rumput teki dan enzim pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Rimpang dari rumput teki telah digunakan untuk pengobatan tradisional serta banyak digunakan negara-negara di Asia untuk pengobatan diare, disentri, parasit usus, gangguan pencernaan, gangguan usus dan masalah perut lainnya.

Kandungan kimiawi yang ada di tanaman ini menjadikannya obat yang efektif untuk memerangi gangguan pencernaan.

Selain itu, rumput teki terdiri dari beberapa enzim dan senyawa aktif yang membantu merangsang berbagai reaksi biokimia yang membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan lebih baik.

Cara mengolahnya sama dengan poin di atas, cukup direbus, dan konsumsi air rebusannya. Dengan mengonsumsi umbi rumput teki ini, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan baik.

2. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Mimpi menstruasi dapat berarti ada rahasia yang harus dibuka

Foto: Orami Photo Stock

Untuk haid yang tidak teratur maupun rasa nyeri yang muncul ketika menstruasi, ternyata rumput teki juga dapat diandalkan, lho.

Siklus bulanan pada wanita seringkali dirasa tak mudah, apalagi bila Moms selalu merasakan nyeri. Namun, jangan khawair, karena minuman herbal dari umbi rumput teki berkhasiat meredakan sakit menstruasi.

Caranya, cuci bersih umbi rumput teki, haluskan dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan dan minum airnya secara teratur. Bahkan, bila tamu bulanan datang tidak teratur, resep ini juga bisa membuat haid menjadi lebih teratur.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

3. Mengontrol Epilepsi

epilepsi.jpg

Foto: freepik.com

Rumput teki dapat digunakan sebagai ramuan pengontrol kejang pada penderita epilepsi.

Hal ini dikarenakan kandungan pretreatment dengan ekstrak etanol dalam rumput teki dapat menawarkan perlindungan yang cukup besar terhadap kejang (strychnine dan leptazol-diinduksi) pada tikus.

Mengutip sebuah penelitian dari Epilepsy, menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak etanol mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antikonvulsan dan ekstrak ini dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan untuk epilepsi.

4. Perawatan Kulit

Perawatan Kulit Paling Tepat untuk Kulit Acne Prone-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat rumput teki berikutnya adalah akan baik untuk merawat kulit. Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, tanaman rumput kacang ini dianggap bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi efek penuaan.

Rumput teki membantu mencerahkan warna kulit dengan mencegah pembentukan pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin.

Extrapone, formula yang banyak ditemukan di krim pemutih kulit yang terbuat dari ekstrak bubuk akar rumput kacang. Ini adalah cara alami untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya atau beracun.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Merawat Kulit

5. Memperlancar Saluran Urin

Ciri-ciri urine sehat

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya itu saja Moms, air rebusan umbi rumput teki ternyata juga bisa memperlancar saluran urin hingga mengobati kencing batu.

Saluran urin yang terhambat karena penggumpalan garam ini bisa lancar kembali karena air rebusan umbi rumput teki yang bersifat diuretik atau membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh.

6. Meredakan Nyeri

mengatasi sakit gigi (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat meredakan nyeri. Menurut penelitian, ekstrak minyak esensial dan petroleum eter dari rumput teki memiliki sifat analgesik yang kuat dan oleh karena itu dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Salah satu nyeri yang dapat diobati dengan rumput teki yakni sakit gigi.

Caranya, haluskan umbi rumput teki lalu seduh dengan 200ml air panas. Setelah hangat, tambahkan sedikit madu dan minum airnya.

Baca Juga: Ngilu Akibat Sakit Gigi? Ini 5 Cara Alami untuk Meredakannya!

7. Anti Inflamasi

inflamasi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat mencegahinflamasi pada kulit.

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki ini miliki aktivitas anti-inflamasi yang efektif melawan karagenan (polisakarida yang tidak dapat dicerna yang diekstraksi dari ganggang merah, yang biasa digunakan dalam makanan sebagai zat pengental atau penstabil) yang diinduksi edema (retensi air).

Itu juga ditemukan efektif melawan artritis yang diuji cobakan pada tikus albino dan hasilnya menunjukkan bahwa rumput teki dapat memberikan efek sangat tinggi serta kuat.

8. Meredakan Demam

Demam (patientpop.com).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Umbi rumput teki memang menyimpan banyak manfaat, salah satunya meredakan demam.

Hal ini karena umbi rumput teki mampu merangsang keluarnya keringat dalam tubuh sehingga membantu menormalkan kembali suhu tubuh saat demam.

Tak perlu repot, Moms hanya perlu haluskan umbi rumput teki dan campurkan dengan sedikit air. Bungkus dengan kain tipis dan kompreskan pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

Baca Juga: Anak Panas Karena Demam? Jangan Panik Dulu

9. Menghilangkan Ketombe

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh - 1 Mengontrol Ketombe.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms memiliki masalah dengan kulit kepala yang gatal dan berketombe? Maka tidak ada salahnya untuk coba tips satun ini.

Haluskan daun dan batang rumput teki, lalu tambahkan minyak kelapa. Campurkan hingga semua bahan menyatu dengan baik. Moms bisa menggunakannya sebagai masker rambut dengan cara balur merata dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Ramuan ini juga efektif untuk  mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut serta aman digunakan oleh bayi.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

6 Komplikasi Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat rumput teki yang terakhir adalah, dapat mengelola tekanan darah pada manusia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki menyebabkan penurunan tekanan darah secara perlahan dan terus-menerus.

Selain itu, rumput teki telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus daun dan batang rumput teki. Minum air rebusannya secara teratur setiap hari.

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

Itu dia Moms beragam manfaat dari rumput teki yang mungkin belum pernah Moms ketahui sebelumnya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait