Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
2 Maret 2021

7 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak, Bikin Kulit Bersih!

Ini rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang bisa dicoba
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi Moms yang memiliki kulit berminyak, penting untuk tahu sabun cuci muka untuk kulit berminyak. Sebab, rasanya memang punya tantangan tersendiri untuk menemukan skincare atau produk perawatan kulit yang tepat.

Kalau salah memilih, bisa jadi kulit semakin berminyak atau memunculkan lebih banyak jerawat. Menyebalkan, bukan?

Salah satu tahapan utama dan penting untuk kulit berminyak adalah rutin mencuci muka.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Kulit Berminyak Saat Hamil dengan Aman

Ada banyak sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang bisa menjadi pilihan Moms. Namun, perhatikan setiap kandungan skincare di dalamnya, ya!

Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak

Nah, apa saja rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak? Ini ulasan selengkapnya.

1. COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.jpg

Foto: cosrx.com

Ini rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang pertama. American Academy of Dermatology Association mengungkapkan, pemilik kulit berminyak harus selalu cuci muka setiap pagi dan sore hari, serta seusai berolahraga. Selain itu, hindari menggosok kulit terlalu kencang karena bisa menimbulkan iritasi.

Nah, rekomendasi pertama produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang bisa dipilih, yaitu COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.

Produk ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras untuk kulit berminyak. Sehingga, Moms tidak perlu khawatir dengan peningkatan produksi minyak yang berlebihan di wajah.

Manfaat dari sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini, yaitu dengan lembut menghilangkan kotoran dan sebum berlebih sambil melawan jerawat dan noda. Hasilnya, kulit teras lebih bersih, lembut, halus tanpa adanya rasa pengelupasan.

Kandungan salicylic acid (BHA) di dalamnya akan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Kandungan ini sangat diperlukan bagi kulit berminyak, yang mudah mengalami jerawat dan munculnya komedo.

Untuk itu, sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini mampu mencegah pembentukan komedo hingga mengontrol produksi sebum di wajah. Nah, tertarik untuk mencobanya?

2. Mentos Fresh Me Acne Bright Collagen Whip Foam

Mentos Fresh Me Acne Bright Collagen Whip Foam.jpg

Foto: orami.co.id

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak berikutnya yang bisa Moms coba, yaitu Mentos Fresh Me Acne Bright Collagen Whip Foam.

Jika Moms pernah makan permen Mentos, pasti sudah hafal dengan sensasi dingin yang ditimbulkan usai mengonsumsinya. Nah, pengalaman yang sama akan Moms rasakan setelah memakai sabun cuci muka ini.

Produk sabun cuci muka ini berbentu foam sehingga terasa lembut di kulit dan mampu membersihkan wajah secara maksimal.

Selain itu, terdapat formula dengan menthol yang mampu menjaga kulit wajah agar terasa tetap dingin. Hasilnya, kulit akan terasa lebih halus, bersih, lembut, dan tampak lebih cerah.

Lantas, apa lagi kelebihan dari sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini? Produk ini mengandung zinc PCA yang akan membantu mengontrol kulit wajah berminyak. Selain itu, terdapat kandungan o-Cymen-5-OL yang mengurangi akumulasi bakteri.

Tidak kalah pentingnya, terdapat vitamin C dan hydrolyzed collagen mixed berries yang akan menutrisi kulit dan mencerahkan kulit secara alami.

Itulah manfaat yang bisa Moms dapatkan dari sabun cuci muka ini. Jika produksi minyak di wajah berlebihan dan tidak sempat untuk mencuci muka, gunakan kertas minyak untuk mengontrolnya.

Kertas minyak digunakan dengan cara ditekan, bukan digosok, agar mampu menyerap kelebihan minyak di wajah.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

3. Pond’s Pure White Facial Foam

Pond’s Pure White Facial Foam.jpg

Foto: orami.co.id

Moms, rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak berikutnya yang bisa dicoba adalah Pond’s Pure White Facial Foam.

Produk ini akan membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan akan menyerap minyak berlebih di wajah.

Selain itu, kandungan di dalamnya tidak akan membuat kulit alergi atau iritasi sehingga aman digunakan secara rutin.

Terdapat kandungan myristic acid dan glycerin yang akan membersihkan pori-pori di wajah secara merata.

Terdapat juga kandungan niacinamide di dalamnya yang mampu menyamarkan noda-noda hitam di kulit akibat jerawat.

Hal yang tak kalah pentingnya, produk ini diformulasikan dengan vitamin B3 dan Activated Carbon yang dapat menyerap dan mengangkat kotoran dari permukaan sampai ke dalam pori-pori kulit wajah.

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini mampu membuat wajah Moms 3x lebih bersih bercahaya dan tentunya bebas dari minyak berlebih.

Jangan terlalu percaya dengan anggapan bahwa sabun cuci muka yang busanya banyak itu baik untuk kulit berminyak.

Kenyataannya, pembersih wajah yang lembut dan tidak terlalu membuat banyak busa akan memiliki manfaat yang lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak

4. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Sebamed Clear Face Cleansing Bar4.jpg

Foto: sebamedindonesia.com

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak berikutnya berbentuk sabun batang, yaitu Sebamed Clear Face Cleansing Bar.

Sabun cuci muka ini memang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan komedo yang sudah terbukti secara klinis mempunyai tolerabilitas kulit jauh lebih tinggi dari produk lainnya.

Lantas, apa yang menjadi kelebihan dari produk ini? Produk ini memiliki kandungan bahan utama, yaitu protein, vitamin E, dan inulin.

Formulasinya yang bebas sabun dan alkali sehingga sudah terbukti secara dermatologi mampu mengurangi jerawat ringan dan komedo. Selain itu, sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini juga mampu melawan radikal bebas dengan vitamin E.

Selain itu, terdapat kandungan yang melembapkan kulit dari lecithin, amino acid untuk menjaga nutrisi kulit secara keseluruhan.

Ada juga kandungan squalane di dalamnya untuk mempertahankan keseimbangan kelembapan kulit.

Moms tidak perlu khawatir karena produk ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman untuk penggunaan sehari-hari.

Sabun cuci muka ini juga memiliki tooleransi baik pada kulit dengan pH 5,5. Moms dapat menggunakannya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Baca Juga: 3 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kulit, Tertarik Mencoba?

5. Erha Acneact Witch Hazel & BHA Gentle Acne Facial Wash

Erha Acneact Witch Hazel & BHA Gentle Acne Facial Wash.jpg

Foto: orami.co.id

Pemilik kulit berminyak biasanya memiliki masalah seputar jerawat dan komedo yang mudah untuk muncul.

Nah, Moms bisa menggunakan produk ini sebagai rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak. Apa yang menjadi kelebihannya?

ERHA AcneAct Witch Hazel & BHA Gentle Acne Facial Wash adalah sabun pembersih wajah untuk kulit berjerawat. Pembersih wajah jerawat berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara lembut.

Selain itu, produk ini berbentuk gel dan tanpa scrub sehingga lembut di kulit. Sabun cuci muka ini memiliki pH seimbang, non-comedogenic, dan bebas minyak sehingga tidak akan meningkatkan produksi minyak berlebih di kulit dan cocok untuk kulit yang mudah berjerawat.

Terdapat kandungan witch hazel di dalamnya yang menjadi astringen dan soothing agent yang membantu menyamarkan tampilan pori dan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, terdapat kandungan salicylic acid (BHA) sebagai antibakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan exfoliating agent untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi microcomedones pada kulit.

Selain itu, terdapat kandungan D-panthenol sebagai moisturizing agent yang bekerja sebagai humektan yang menghidrasi kulit dan menenangkan kulit yang terinflamasi yang disebabkan oleh jerawat.

Sangat lengkap, bukan? Nah, produk sabun cuci muka ini aman untuk digunakan secara rutin.

6. Ristra Scrub Cream Normal to Oily Skin

Ristra Scrub Cream Normal to Oily Skin.jpg

Foto: orami.co.id

Setidaknya, sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, Moms tetap memerlukan scrub wajah untuk membantu mengeksfoliasi kulit dan membersihkan secara mendalam (deep cleansing).

Nah, Moms bisa mencoba memakai Ristra Scrub Cream yang diformulasikan untuk kulit normal hingga berminyak ini.

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini dipercaya dengan scrub abrasiver dan white pigment yang akan mengangkat sel kulit mati dan pori-pori yang menyumbat. Hasilnya, kulit menjadi lebih sehat, bersih, dan lembut.

Baca Juga: Mikrodermabrasi untuk Atasi Kulit Kusam, Apakah Efektif?

7. Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin

Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin.jpg

Foto: elsheskin.com

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak berikut yang bisa Moms coba, yaitu Elsheskin Deep Cleansing.

Produk ini merupakan pembersih wajah untuk kulit berminyak. Bekerja secara lembut membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup.

Selain itu, mengandung moisturizer yang menjaga kelembapan alami kulit dan bahan aktif AHA yang akan mengeksfoliasi kulit sehingga menjadikan kulit lebih lembut.

Tidak kalah pentingnya, sabun cuci muka ini mengandung saponaria officinalis leaf extract dan citric acid sebagai bahan anti bakteri dan dapat mencegah terjadinya breakout.

Ada juga kandungan aloe vera yang bertugas untuk merangsang proses regenerasi sel serta mengurangi terjadinya peradangan di kulit wajah. Jadi, kulit akan lebih bersih secara mendalam dan terhindar dari iritasi.

Itulah beberapa rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang bisa Moms coba. Tertarik dengan produk yang mana?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait