Fashion & Beauty

6 Juli 2021

5 Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kulit, Dapat Cegah Alergi

Moms, kenali manfaat sabun susu kambing berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah Moms mencoba memakai sabun susu kambing? Jika masih terdengar aneh, nyata sabun susu kambing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, lho. Sabun susu kambing juga dapat menjadi pilihan perawatan kulit bagi Moms dan keluarga.

Sebagai bahan yang teruji secara alami, sabun susu kambing telah digunakan selama berabad-abad untuk melembapkan kulit yang kering. Jenis sabun ini juga lebih mampu menenangkan kulit yang gatal maupun iritasi.

Sabun susu kambing mampu membantu memecah sel-sel kulit mati yang disebabkan oleh kondisi kulit sensitif. Ingin tahu manfaat sabun susu kambing selengkapnya? Simak ulasan berikut ini, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kulit

Sabun susu kambing mengandung vitamin alami, mineral, lemak dan protein yang jauh lebih tinggi daripada yang dapat ditemukan dalam susu sapi. Hal ini membuat jenis sabun ini lebih unggul dan menutrisi kulit dengan lebih baik.

Nah, berikut ini beberapa manfaat sabun susu kambing untuk kulit yang dapat Moms simak:

1. Mencegah Terjadinya Alergi

manfaat sabun susu kambing

Foto: freepik.com

Manfaat sabun susu kambing yang pertama, yaitu mampu mencegah terjadinya alergi kulit.

Dilansir dari American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, jumlah alergen kulit sebenarnya tidak terbatas, dan setiap orang dapat memiliki pemicu yang berbeda-beda.

Namun, umumnya reaksi alergi bisa dikarenakan karena sabun, deterjen cucian, pelembut kain, sampo, logam (nikel, kobalt, kromium, dan zinc), perekat, cat kuku, obat topikal, dan tanaman.

Ya, sabun menjadi salah satu alergen kulit yang perlu diperhatikan dengan baik. Terlebih lagi, apabila Moms dan anggota keluarga ada yang memiliki kulit sensitif.

Sabun susu kambing berisiko rendah untuk membuat kulit alergi, karena semakin sedikit bahan yang terkandung di dalamnya.

Maka, akan semakin kecil kemungkinan sesuatu memicu reaksi alergi pada kulit. Sabun susu kambing hanya memiliki sedikit bahan, selain dari susu kambing itu sendiri.

“Dibandingkan dengan sabun lain yang diformulasikan dengan bahan kimia berbahaya atau mengeringkan yang keras pada kulit, sabun susu kambing jauh lebih tidak mengiritasi dan lebih hipoalergenik,” ungkap Dr. Stacy Chimento, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami.

Jika dilihat dari kandungannya, sabun susu kambing diformulasikan secara khusus untuk tidak mengandung pewarna atau pewangi buatan, atau deterjen sintetis. Bahan-bahan ini dinilai dapat memperburuk kulit sensitif.

Namun, ada banyak merek dan formulasi yang berbeda. Maka dari itu, pastikan Moms untuk memeriksa daftar kandungan bahan dalam body care yang akan dibeli.

2. Eksfoliasi Kulit secara Lembut

sabun susu kambing Eksfoliasi Kulit secara Lembut

Foto: freepik.com

Tahukah Moms bahwa eksfoliasi atau pengelupasan kulit itu sangat penting untuk dilakukan? Sebab, terkadang sel-sel kulit mati masih menempel dan dapat membuat kulit menjadi lebih kusam.

Sabun susu kambing mengandung lactid acid atau asam laktat, yang secara alami mampu mengeksfoliasi kulit wajah dan tubuh.

Asam laktat adalah bagian dari alpha-hydroxy acid (AHA) atau eksfoliator kimiawi yang bekerja dengan mengupas sel kulit mati di permukaan kulit dan menampakkan sel kulit baru yang segar di bawahnya.

Di antara jenis AHA lainnya, asam laktat dinilai paling cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Asam laktat mampu bekerja dengan menghancurkan dan melarutkan struktur sel kulit mati tanpa menyebabkan sensitivitas pada kulit. Asam laktat juga akan membuat pori-pori kulit menjadi lebih kencang.

"Ketika diterapkan pada kulit, asam laktat merangsang pengelupasan kulit kusam, kulit kasar dan meningkatkan pembaruan sel dengan meningkatkan tingkat pergantian sel di lapisan epidermis kulit.

Hal ini membuat sel kulit yang lebih muda dan lebih tebal," ujar Emma Hobson, Manajer Pendidikan untuk Dermalogica dan International Dermal Institute.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan AHA dan BHA, Mana yang Lebih Tepat untuk Kulit Moms?

3. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Membantu Mencegah Penuaan Dini.jpg

Foto: healthline.com

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, manfaat sabun susu kambing lainnya adalah membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Hal ini karena beberapa kandungan di dalamnya akan membuat kulit tampak lebih awet muda. Kandungan tersebut, yaitu vitamin A dan asam laktat.

Kandungan asam laktat di dalamnya dapat mengunci kelembapan dan mengembalikan kekenyalan pada kulit. Manfaat lainnya, yaitu mampu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Sabun susu kambing juga mengandung vitamin A, yang terbukti mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis dalam kulit. Vitamin A adalah pembangkit tenaga di balik retinol kelas berat anti-penuaan.

Meski begitu, cara mencegah penuaan dini memiliki banyak faktor lainnya, tidak hanya memakai sabun susu kambing.

Ada pencegahan lainnya yang mungkin masih dianggap sepele, yaitu pentingnya penggunaan sunscreen.

Paparan radiasi matahari dapat mempercepat penghancuran kolagen di dalam kulit. Dampaknya bisa terlihat di kemudian hari, yaitu menyebabkan kulit menjadi menua lebih cepat dibandingkan usia yang seharusnya.

Mulai dari sekarang, pakai sunscreen dengan benar yang memiliki SPF minimal 30, ya.

4. Membantu Beberapa Kondisi Kulit Tertentu

sabun susu kambing

Foto: pixabay.com

Bagi Moms atau anggota keluarga lainnya yang memiliki eksim atau psoriasis dapat merasa lega, karena sabun susu kambing ini sangat aman untuk digunakan. Bahkan, sabun susu kambing bermanfaat untuk menenangkan dan meredakan kondisi kulit, seperti eksim.

Hal ini karena jenis sabun ini akan membantu kulit memperbaiki penghalang lipidnya, lapisan lemak di permukaan kulit yang menjaga kelembapan dan iritasi, sehingga memberikan kulit kesempatan untuk memperbaiki kondisinya.

Eksim memang penyakit kambuhan, yang tidak akan benar-benar bisa hilang. Namun, perawatan yang tepat akan mencegah terjadinya kekambuhan.

Menurut National Eczema Association, pelembap atau emolien menjadi salah satu cara mengobati eksim lainnya yang dapat dicoba, ya.

Baca Juga: Hindari Gatal-gatal, Ini 5 Penyebab Eksim yang Perlu Diwaspadai

5. Meredakan Kondisi Xerosis

sabun susu kambing Meredakan Kondisi Xerosis

Foto: freepik.com

Xerosis, atau kulit kering adalah kondisi yang tidak dapat disepelekan. Kondisi ini terjadi yang disebabkan oleh kadar air yang rendah di kulit. Biasanya, penghalang lipid kulit memperlambat hilangnya kelembaban.

Itulah mengapa, kadar lipid yang rendah menyebabkan hilangnya kelembapan dan kulit kering lebih mudah teriritasi dan terasa kesat.

Manfaat sabun susu kambing berikutnya, yaitu mampu meredakan kondisi xerosis. Dilansir dari Journal of the American Academy of Dermatology, kadar kolesterol dan asam lemak yang tinggi dari sabun susu kambing mampu menggantikan lemak yang hilang sambil memberikan kelembapan untuk memungkinkan retensi air yang lebih baik.

Penggunaan sabun yang keras dan mengandung bahan kimia berbahaya dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

Hal ini dapat memperburuk kulit kering. Maka dari itu, menggunakan sabun lembut kaya lemak seperti sabun susu kambing mendukung dan mengembalikan kelembapan kulit.

Pelembap adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit kering dengan cara mengoleskan krim pelindung di atas lapisan kulit.

Selain menggunakan sabun susu kambing, Moms dapat memakai pelembap yang tepat untuk menjaga kulit dari xerosis.

Itulah beberapa manfaat sabun susu kambing yang dapat menjadi pertimbangan.

Sabun susu kambing juga memiliki pH netral alami, sehingga akan menjaga keseimbangannya dalam kulit. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24656726/
  • https://nationaleczema.org/eczema/treatment/
  • https://www.thehealthy.com/skin-health/goat-milk-soap-benefits/
  • https://www.aaaai.org/Conditions-Treatments/Allergies/Skin-Allergy
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait