Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Sex & Relationship | Mar 2, 2019

Sadari Pentingnya Koneksi Emosional Bagi Hubungan Suami Istri

Bagikan


koneksi emosional suami istri

Ketika berbicara soal keintiman dalam hubungan, yang ada dalam benak pasti soal hubungan fisik. Padahal, untuk memiliki hubungan yang baik antara suami dan istri, koneksi emosional juga sama pentingnya dengan urusan fisik.

Ketika pasangan minim koneksi emosional, akan sulit untuk saling berempati dan memiliki kepercayaan. Ujung-ujungnya, jika masalah terjadi dalam hubungan, pasangan ini akan sulit bertahan. Moms tentu tidak ingin hal ini terjadi kan. Sebaiknya, kita pelajari dulu yuk mengenak koneksi emosional.

Apa Itu Koneksi Emosional?

koneksi emosional

Foto: Calgarycounsellors.com

Hubungan emosional berarti memahami dan memercayai pasangan Moms dengan cara yang tidak bisa dilakukan orang lain. Dengan kata lain, hubungan emosional adalah ikatan antara dua orang yang berada di luar kebutuhan fisik.

Membangun hubungan ini membutuhkan rasa cinta yang mendalam untuk saling menerima kekurangan satu sama lain, dan percaya bahwa pasangan adalah satu-satunya untuk seumur hidup. Baik dalam kebahagiaan atau penderitaan, Moms tidak akan pernah meninggalkan satu sama lain.

Terapis Pernikahan dan Keluarga Lisa Olivera mengatakan bahwa koneksi emosional sebenarnya merupakan sebuah kecakapan yang menjadi cara untuk untuk menjalani hubungan. "Koneksi emosional merupakan pengalaman terhubung secara emosional yang sejalan dengan pasangan kita," ungkap Lisa seperti dikutip dari Bustle.com.

Dia melanjutkan, koneksi emosional melibatkan keterbukaan dan kerentanan dari dua pihak. Koneksi emosional juga meningkatkan kedekatan dengan pasangan dari hari ke hari. Tanpa koneksi emosional, sulit bagi pasangan untuk menghadapi badai dalam kehidupan rumah tangga.

Pelatih Kesehatan dan Kebugaran Caleb Backe mengatakan bahwa koneksi emosional merupakan lem yang akan membuat hubungan tetap merekat dengan sempurna. "Pasangan dengan koneksi emosional bisa menghadapi konflik dengan mudah karena mereka sudah saling memahami satu sama lain dengan baik. mereka juga bisa mengomunikasikan perasaan mereka," tutur Caleb.

Hubungan emosional membutuhkan waktu dan upaya dari kedua pasangan, dan begitu dapat dicapai maka hubungan itu akan bertahan dari badai apa pun. Koneksi emosional tidak harus seperti dalam buku atau film karena pada tiap pasangan tentunya berbeda.

Seperti contohnya perkelahian antara Moms dan suami tidak berlangsung selama lebih dari satu hari dan siapapun akan senantiasa memulai percakapan tanpa ada rasa gengsi atau di tempat umum, suami cukup memberi kode dan Moms segera mengerti apa artinya.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Hubungan dengan Suami Setelah Bertengkar

Mengapa Koneksi Emosional Penting Dalam Suatu Hubungan?

koneksi emosional

Foto: carrybeans.com

Ketika pasangan terhubung secara emosional, mereka berbagi segalanya mulai dari rahasia mereka yang paling buruk hingga ketakutan yang paling dalam, dan ini membangun kepercayaan dan kesetiaan.

Robert Augustus Masters, ahli hubungan sekaligus penulis buku "Emotional Intimacy: A Comprehensive Guide for Connection with The Power of Emotions", mengatakan bahwa tanpa koneksi emosional, hubungan bisa berakhir dengan perselisihan.

"Tidak peduli seberapa panas seks yang dilakukan atau seberapa banyak persamaan yang dimiliki, tanpa koneksi emosional, kedekatan dengan pasangan tidak akan terwujud," jelasnya seperti dikutip dari Mindbodygreen.com.

Selain jadi bertambah dekat satu sama lain, ada beberapa manfaat lain dari koneksi emosional dengan pasangan. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Saling Menghormati

Ketika Moms dan pasangan terhubung secara emosional, maka akan lebih mudah untuk mencintai mereka apa adanya, dan bukan karena penampilan semata. Moms menerima kekurangan mereka, dan ketika ini terjadi, sisi positifnya membuat Moms dan pasangan bisa saling mengormati.

Memiliki rasa saling menghormati sangat penting untuk hubungan jangka panjang karena ketika pasangan saling menghargai maka secara tidak langsung akan menghargai impian, perasaan, dan ketakutan masing-masing.

2. Memiliki Topik Obrolan yang Menarik

Ketika pasangan terhubung secara emosional, maka Moms dapat bercanda dan berbicara tentang hal-hal paling konyol tanpa takut dihakimi. Percakapan waktu sarapan meskipun singkat dapat menjadi hal yang dinantikan.

3. Kepercayaan dan Keamanan Meningkat

Mengapa seorang anak tertawa ketika dilempar ke udara? Karena mereka yakin ada seseorang yang menangkapnya. Demikian pula, pasangan yang terhubung secara emosional tahu bahwa mereka dapat saling mengandalkan.

Mereka memiliki keyakinan bahwa betapa pun sulitnya situasi, mereka akan selalu ada untuk satu sama lain.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Ini untuk Menghadapi Suami yang Tidak Peka

4. Komunikasi Lebih Baik

Banyak pasangan memiliki kasih sayang tetapi gagal dalam komunikasi. Ini tidak akan terjadi jika Moms terhubung secara emosional dengan pasangan.

Keduanya sinkron dan dapat merasakan kebutuhan dan harapan satu sama lain. Selain itu, Moms juga akan tahu bagaimana mengedepankan pandangan tanpa menyinggung pasangan.

5. Meningkatkan Kesejahteraan

Ketika Moms berada dalam hubungan intim dengan seseorang, tubuh akan melepaskan hormon yang dikenal sebagai oksitosin, yang menghasilkan peningkatan kepercayaan diri, kepercayaan, dan cinta. Ketika dua orang terhubung secara emosional, mereka cenderung tidak khawatir, dan meningkatkan kesehatan fisik dan emosional yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan hidup.

Itulah beberapa alasan mengapa hubungan emosional sangat penting untuk dibangun antara Moms dan suami. Bagaimana pendapat Moms? Share yuk!

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.