Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Anak | Dec 6, 2018

Sadarilah Moms, 6 Hal Ini Penyebab Anak Jadi Manja

Bagikan



Dalam membesarkan anak, tak jarang orang tua memanjakan buah hati mereka dengan berbagai hal. Tak hanya dari sekadar memenuhi dengan materi yang berlimpah, terkadang Moms juga memanjakannya dengan selalu membantu mereka.

Jangan terus biarkan hal ini karena membuat anak tumbuh mandiri harus dimulai sejak dini. Selain itu, ketahuilah hal yang membuat anak menjadi manja berikut:

Menyerah Pada Permintaan Anak

Tak jarang anak merengek dalam meminta sesuatu yang tak Moms perbolehkan. Salah satu yang menjadi ciri anak manja adalah ketika mereka berhasil mendapatkan apa yang diinginkan.

Tak jarang hal ini terjadi karena Moms malas mendengar mereka yang terus merengek, atau tak tega. Hal ini sebenarnya wajar saja dilakukan orang tua.

Hanya saja, Moms juga sebaiknya tahu kapan harus benar-benar bertindak tegas. Saat aturan terlalu sering dilanggar, akan semakin sulit juga membangun kedisplinan.

Mengatakan Ancaman Kosong

Saat anak sudah mulai merengek akan sesuatu, orang tua biasanya akan melontarkan ancaman. Namun demikian, ancaman tersebut biasanya tak benar-benar direalisasikan.

Hal ini sebenarnya kurang baik, jangan melontarkan ancaman yang kira-kira tak akan pernah dilakukan karena anak akan berpikir bahwa mereka sedang dibohongi.

Selanjutnya, anak-anak tak akan pernah takut lagi saat merengek karena mereka tahu tak akan benar-benar ada hukuman yang di dapat.

Baca Juga : Menerapkan Kedisiplinan pada Anak Tanpa Menjadi Ibu Kejam

Membantu Dalam Segala Hal

Moms mungkin merasa tak tega melihat Si Kecil marah atau bersedih karena tak mampu melakukan sesuatu.

Karena rasa tak tega tersebut akhirnya Moms memutuskan untuk membantu mereka, bahkan dalam hal kecil sekalipun.

Meski wajar, hal inilah yang rupanya dapat membuat mereka menjadi anak manja. Lebih baik biarkanlah mereka mencoba dan gagal baru membantunya, ketimbang membiarkan mereka selalu mengandalkan Moms.

Memenuhi Dengan Materi yang Berlebihan

Kita semua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita, dari pengalaman yang tidak pernah kita miliki sampai gaya hidup yang kita ingin mereka nikmati.

Mungkin Moms ingin Si Kecil tak ketinggalan tren seperti teman-temannya, dan bergembira melihat ekspresi senang mereka.

Namun dengan memberikan materi yang berlebihan, membuat mereka tidak menghargai apa yang dimiliki. Dengan begitu banyak hal yang dapat mereka pilih mereka tidak dapat berlatih untuk bersyukur.

Baca Juga : Biasakan Anak Mengatakan Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

Lupa Mengajarkan Tanggung Jawab

Tanggung jawab pada anak-anak dimulai dari hal kecil, seperti membereskan mainan, memakai sepatu sebelum pergi dan hal kecil lainnya.

Kelihatannya memang sederhana, namun bila terus menerus dibiarkan untuk tak menyelesaikan sebuah pekerjaan maka mereka akan terbiasa untuk sesuka hatinya.

Tidak Mengajarkan Sopan Santun

Lagi-lagi banyak hal yang dimulai dari hal kecil. Terkadang Moms mungkin menganggap anak-anak masih kecil sehingga tak perlu mengucapkan terimakasih, tolong maupun maaf.

Hal tersebut jelas salah, biasakan anak-anak ucapkan tiga kata penting tersebut sejak dini agar mereka mulai terbiasa untuk belajar sopan santun.

Memang wajar menyayangi anak, bahkan secara berlebihan sekalipun. Tapi ingatlah Moms, terlalu berlebihan malah akan menumbuhkan pribadi yang kurang baik. Lakukan semua sesuai dengan porsi yang tepat, ya.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.