Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Apr 30, 2018

Sakit Bahu Akibat Membawa Tas, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagikan


Sakit Bahu Akibat Membawa Tas, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Moms merasakan sakit pada bahu setelah mengenakan tas? Agaknya tak hanya Moms yang pernah merasakannya. Sebagian besar orang pasti mengeluhkan rasa sakit di bahu akibat membawa tas.

Padahal, tanpa kita sadari penyebabnya karena kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan. Ini dia penyebabnya dan cara mengatasinya:

1. Membawa Beban Terlalu Berat

Salah satu penyebab mengapa bahu menjadi sakit akibat membawa tas adalah karena beban yang dibawa pada tas tersebut mungkin terlau berat.

Menopang beban yang terlalu berat, berarti memaksa persendian untuk bekerja keras. Hal ini pun dapat menyebabkan jaringan halus di dalam bahu lebih mudah aus sehingga mudah cedera seperti terjadi peradangan atau pembengkakan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

2. Dibawa pada Satu Bahu

Penyebab lain mengapa bahu terasa sakit setelah membawa tas mungkin karena Moms mengenakannya hanya pada salah satu bahu saja.

Jika Moms hanya mengenakan tas pada sebelah lengan saja, maka lengan yang menjadi tumpuan tersebut tidak akan mendapat ayunan yang benar, akibatnya dapat mengembangkan sebuah masalah kesehatan.

Membawa tas pada satu sisi saja juga dapat menyebabkan kaku pada otot Moms, dimana kekakuan ini dapat menyerang tak hanya bahu namun juga punggung bagian atas hingga leher.

Baca Juga : Bukan Hanya Karena Bentuk yang Lucu, Ini Cara yang Tepat Memilihkan Tas Sekolah Anak

3. Menggunakan Tas Selempang

Ternyata jenis tas yang digunakan juga dapat menentukan penyebab dari sakit punggung Moms, lho.

Penggunaan tas selempang terlebih dengan beban yang berat dapat menyebabkan perubahan pada postur tubuh.

Biasanya diawali dengan rasa sakit, nyeri, pegal pada bahu serta punggung yang berujung pada melambatnya aktivitas Moms.

Untuk itu, saat membawa banyak barang maka lebih baik untuk menggunakan tas ransel sehingga beban dapat di topang dengan seimbang.

Jika tas dibawa dalam jangka lama dalam satu posisi atau hanya sebelah bahu, tentu keluhan rasa sakit akan Moms alami terus-menerus. Untuk menghindarinya, atasi dengaan 4 cara ini:

Baca Juga : 5 Jenis Tas yang Harus Dimiliki Wanita

Cara Mengatasi Sakit pada Bahu Akibat Membawa Tas

Tas dibawa dalam jangka lama dalam satu posisi atau hanya sebelah bahu, tentu keluhan rasa sakit akan Moms alami terus-menerus. Untuk menghindarinya, atasi dengan 4 cara ini:

1. Membawa Tas Secara Bergantian

Bila Moms memang tak suka menggunakan tas ransel dan tetap memilih untuk menggunakan tas selempang, kenakanlah tas pada bahu secara bergantian dan jangan terpaku pada satu sisi saja.

Hal ini guna mencegah otot bekerja terlalu keras dan akan memperburuk postur tubuh Moms. Selain digunakan secara bergantian, upayakan pula untuk mengenakannya secara menyilang ya Moms.

2. Es Batu

Saat nyeri atau pembengkakan mulai terasa pada bahu Moms, cobalah untuk menempelkan es batu. Hal ini dinilai cukup efektif guna mengurangi radang dan menghilangkan nyeri. Cukup tempelkan selama kurang lebih 15 menit setiap beberapa jam sekali hingga nyeri mulai berkurang.

Baca Juga : Begini Cara Membedakan Tas Branded Asli dan Palsu

3. Kompres Hangat

Selain dengan kompres menggunakan es batu, kompres hangat ternyata juga dapat membantu meredakan sakit bahu akibat membawa tas.

Kompres panas ternyata menghangatkan jaringan lunak dan meningkatkan aliran darah ke area yang nyeri sehingga bisa berguna untuk mengatasi rasa nyeri pada sendi. Caranya, cukup tempelkan kompres hangat selama kira-kira 15 hingga 20 menit di pagi hari sebelum beraktivitas.

4. Melakukan Peregangan Bahu

Nyeri yang dialami dapat disebabkan oleh otot yang kencang dan kaku.

Untuk itu, cobalah untuk melakukan peregangan otot secara sederhana guna memumulihkan otot yang  terasa kencang dan nyeri. Peregangan otot sederhana dapat meningkatkan aliran darah dan melenturkan tubuh.

Tubuh yang lentur terutama pada bahu merupakan hal yang penting karena bahu memiliki rentang gerak yang paling banyak daripada persendian lain di dalam tubuh.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.