Trimester 1

2 Agustus 2021

Sakit Gigi pada Ibu Hamil, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit gigi merupakan hal yang umum dialami oleh Moms ketika hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Selain morning sickness dan perubahan suasana hati, ada satu pengalaman yang juga mungkin akan dirasakan ketika hamil, yaitu sakit gigi. Sakit gigi pada ibu hamil merupakan permasalahan umum yang sering terjadi.

Ketidakseimbangan hormon selama kehamilan membuat gusi Moms lebih sensitif sehingga lebih rentan terhadap infeksi gigi, gigi berlubang, dan gusi bengkak. Kekurangan kalsium juga menyebabkan sakit gigi selama kehamilan.

"Sakit gigi pada ibu hamil juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu adanya karies atau gigi berlubang, radang gusi, impaksi gigi bungsu, atau gigi sensitif," jelas drg. Dessy Amanda, Dokter Gigi Umum RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Jika Moms ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit gigi pada ibu hamil, Moms bisa membaca lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Mengatasi Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi pada Ibu Hamil

penyebab sakit gigi pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Melansir jurnal Dental (Odontogenic) Pain, sakit gigi disebabkan oleh peradangan pulpa gigi, paling sering akibat karies gigi (kerusakan gigi), penyakit infeksi manusia yang paling umum di seluruh dunia.

Penyebab dari sakit gigi pada ibu hamil bisa bermacam-macam. Mulai dari gigi berlubang, hingga radang gusi. Berikut ini penjelasannya.

1. Pengaruh Hormonal

Pengaruh hormonal bisa menjadi penyebab sakit gigi pada ibu hamil.

“Perubahan hormon yang terjadi selama ibu hamil berpotensi menyulut munculnya peradangan di gusi. Biasanya disebut gingivitis.Pada gingivitis, gusi membengkak dan sering berdarah saat menyikat gigi,” jelas Dr. Stuart Froum, Presiden the American Academy of Periodontists.

Penyakit lain yang berhubungan dengan perubahan hormon adalah periodontal yang terjadi pada jaringan pendukung gigi. Biasanya, periodontal terjadi saat gingivitis tidak ditangani dengan baik.

Saat terjadi perubahan hormon, kekebalan tubuh juga terganggu. Ini yang menyebabkan tubuh kurang terlindung dari bakteri, termasuk yang menyerang gigi dan gusi.

Ini yang menyebabkan gigi jadi rentan sakit selama masa hamil. Untuk tindakan pencegahan dan mengatasi masalah gigi, sebaiknya Moms rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Sebaiknya juga menggunakan benang gigi setiap hari. Jangan lupa berkumur dengan obat kumur antiseptik.

Baca Juga: Serba-Serbi Sakit Gigi Saat Hamil: Penyebab dan Perawatannya

2. Terjadinya Mual dan Muntah

mual dan muntah pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Saat hamil, perubahan hormon membuat cincin otot lambung melemah. Karena serangan mual sering datang, makanan di lambung jadi lebih mudah keluar.

Proses muntah, tidak hanya mengeluarkan kembali makanan. Tapi juga disertai asam lambung yang kuat, dan dapat memengaruhi enamel gigi.

Pada beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang dan dampaknya memberikan kondisi sakit gigi pada ibu hamil.

Untuk mencegahnya, Moms dapat rajin berkumur air putih setelah muntah. Selanjutnya berkumur ulang dengan cairan kumur yang mengandung fluoride, baru bilas sekali lagi dengan air. Selain itu, bisa juga dengan menyikat gigi setengah jam selepas muntah.

3. Kekurangan Kalsium

Pada beberapa kasus, sakit gigi pada ibu hamil disebabkan kekurangan asupan kalsium.

Jika seorang ibu kekurangan kalsium, gigi jadi lebih rentan berlubang karena kebutuhan kalsium bayi diambil dari gigi ibu, meski sebenarnya hanya rumor, karena kekurangan kalsium pertama kali diambil dari tulang ibu.

Namun, tidak ada salahnya Moms mencukupi asupan kalsium. Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi di kandungan, juga bisa melindungi massa tulang, dan massa gigi.

Untuk mendapatkan asupan kalsium saat hamil, Moms dapat mengonsumsi susu, keju, dan yoghurt.

Apa yang paling penting, selalu konsultasikan kondisi gigi dengan dokter kandungan dan dokter gigi. Cara ini akan memberikan pilihan terbaik untuk kesehatan Moms dan janin dalam kandungan.

Baca Juga: 11 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh, Ampuh Banget!

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil yang Alami

cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

"Cara mengatasi dan mengobati sakit gigi pada ibu hamil saat darurat dan rasa sakit sangat mengganggu, mengonsumsi obat golongan parasetamol. Namun sebaiknya segera kontrol ke dokter gigi untuk penanganan yang lebih tepat," kata drg. Dessy Amanda, Dokter Gigi Umum RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Moms juga dapat memberikan bantuan sementara menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Ada beberapa obat alami untuk sakit gigi yang tidak akan memengaruhi kesehatan Moms atau bayi dalam kandungan. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bumbu umum di dapur Moms. Cara menggunakannya, Moms bisa menyimpan seluruh cengkeh di antara gigi atau oleskan minyak cengkeh pada kapas dan tahan di daerah gigi yang sedang sakit.

Moms juga bisa menggunakan minyak cengkeh menjadi obat kumur dengan menambahkan dua atau tiga tetes minyak cengkeh ke dalam air.

Dikutip dari Medline Plus, jel cengkeh umum digunakan pada gigi dan gusi untuk mengurangi rasa sakit saat penyuntikan oleh dokter gigi. Ini menjadi cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang alami.

“Minyak cengkeh masih digunakan dalam kedokteran gigi saat ini karena mengandung sesuatu yang disebut eugenol dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai anestesi alami dan larutan antibakteri,” kata Rhonda Kalasho, DMD, seorang dokter gigi di GLO Modern Dentistry di Los Angeles, California.

2. Larutan Garam

Air Garam untuk Atasi Sakit Gigi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Larutan garam dapat menjadi cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang alami selanjutnya. Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah dengan ini, Moms.

“Metode ini berguna sebagai antiseptik untuk infeksi gusi dan abses karena air garam menarik semua hal buruk ke dirinya sendiri,” ujar dokter di New York City’s Dental House, Dr. Irinia Sinensky, DDS.

Perlu diketahui solusi ini tidak hanya melawan bakteri dan mengusir partikel makanan yang tersangkut, tetapi juga memiliki efek menenangkan.

3. Kompres Panas atau Dingin

Menerapkan kompres dingin atau panas diyakini mampu menenangkan saraf dan memberikan bantuan sementara dari rasa sakit. Ini juga bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang alami.

Cukup bungkus beberapa es batu dengan kain lembut atau sapu tangan dan kompres di daerah yang sakit

"Kompres dingin efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan peradangan dan pembengkakan gusi,” kata Dr. Sinensky.

Baca Juga: Bolehkah Veneer Gigi Saat Hamil?

4. Bawang Putih

bawang putih untuk mengatasi sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Suresh Babu, penulis A Treatise on Home Remedies, mengatakan bahwa bawang putih bisa mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Moms, bawang putih mengandung alicin atau zat yang memiliki sifat antibakteri dan efek menenangkan instan.

Tapi, bukan berarti Moms langsung menempatkan bawang putih mentah langsung ke gigi yang sakit karena dapat memperburuk kondisi sakitnya.

Sebaiknya, terlebih dahulu hancurkan bawang putih, membungkusnya dengan kapas, dan memegangnya kuat di antara gigi. Saat jus dilepaskan secara perlahan baru akan memberikan efek mengobati untuk gigi yang sakit.

"Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter," jelas dia seperti dikutip dari Live Strong.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Karies Gigi pada Anak!

5. Air Teh

Gunakan teh hitam karena mengandung tanin yang berfungsi mengurangi peradangan dan mengurangi pembengkakan, yang bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang alami.

Cara membuatnya, rebus teh dalam air, biarkan hingga dingin, dan bilas. Atau celupkan kantong teh dalam air hangat kemudian berkumur dengannya.

6. Peppermint

teh peppermint

Foto: Orami Photo Stock

Daun peppermint yang sering ditanam di dalam pot, ternyata memiliki sifat menghilangkan rasa sakit yang luar biasa.

Moms cukup merebus beberapa daun mint, dan meminumnya seperti teh peppermint seperti teh, berkumur dengannya atau cukup mengunyahnya sebagai cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang alami.

7. Daun Bayam

Moms, pasti tahu makanan favorit tokoh kartum Popeye yaitu bayam. Menurut para ahli, bayam memiliki sifat pereda nyeri. Caranya, cuci beberapa daun bayam dan mengunyahnya mentah-mentah di antara gigi yang sakit.

Baca Juga: Sakit Perut saat Hamil, Ini 10+ Penyebab dan Cara Mengatasinya

8. Jahe

jahe.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan jahe.

"Jahe dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya dan dapat digunakan untuk membuat pasta khusus untuk dioleskan ke gigi dengan kapas atau Q-tip," kata Joseph Salim, DMD, seorang dokter gigi di Sutton Place Dental Associates di New York City.

Untuk membuat pasta, kupas dan potong jahe lalu haluskan dalam blender atau food processor dengan sedikit minyak zaitun sampai halus.

Percobaan klinis acak kecil Januari-Maret 2021 di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kapsul bubuk jahe kering sama efektifnya dengan ibuprofen dalam meredakan sakit gigi setelah operasi mulut, sehingga bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengobati sakit gigi.

9. Delima

Delima dikenal sebagai buah yang memiliki sifat antibakteri kuat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mulut yang baik dan melawan plak gigi dengan baik.

Moms dapat mengambil 30 ml jus delima dalam cangkir dan berkumur setiap hari untuk mengurangi bakteri pembentuk plak gigi sebesar 32%. Ini juga mengurangi infeksi bakteri yang dapat menimbulkan sakit gigi pada tahap selanjutnya.

Namun pastikan jusnya segar, dan jangan tambahkan gula ke dalamnya. Ini dapat membantu mengurangi penumpukan plak selama kehamilan.

Baca Juga: Abses Gigi pada Ibu Hamil, Simak Penjelasannya

10. Kunyit

kunyit untuk sakit gigi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit merupakan bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Pasalnya, kunyit hadir dengan banyak sifat terapeutiknuntuk mengobati masalah gigi.

Kunyit mengandung kurkumin yang sangat efektif melawan infeksi dan peradangan. Moms dapat mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dan sendok teh masing-masing minyak mustard dan garam untuk membentuk pasta.

Gunakan pasta ini untuk memijat gusi dengan lembut setidaknya dua kali sehari untuk hasil terbaik. Kunyit juga efektif dalam mengurangi pertumbuhan kanker di mulut karena adanya kurkumin.

Cara Mencegah Sakit Gigi pada Ibu Hamil

pencegahan sakit gigi pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip National Health Service, saat Moms pergi ke dokter gigi, pastikan dokter tahu bahwa Moms sedang hamil.

Jika Moms memerlukan rontgen gigi, dokter gigi biasanya akan menunggu sampai Moms melahirkan, meskipun sebagian besar rontgen gigi tidak memengaruhi area perut (perut) atau panggul.

Dengan semua yang Moms alami selama kehamilan, secara fisik, Moms pasti ingin meminimalkan kemungkinan sakit gigi pada ibu hamil. Caranya bisa dimulai dengan kebiasaan kebersihan mulut yang sangat baik.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan sakit gigi pada ibu hamil.

1. Jangan Melewatkan Perawatan Gigi

Moms akan lebih lelah dan pegal, jadi mungkin mudah untuk pergi tidur tanpa menyikat gigi. Tetapi, jangan dibiasakan ya, Moms. Tetap patuhi rutinitas yang baik sebagai cara mencegah sakit gigi pada ibu hamil.

Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang floss sekali sehari. Selain itu, gunakan pasta gigi berfluorida dan obat kumur untuk mencegah gigi berlubang dan memperkuat gigi.

"Ada baiknya ibu hamil juga melakukan pemeriksaan gigi berkala pada trimester dua (ketika gejala mual dan muntah sudah berangsur menghilang) untuk mengecek adakah risiko kesehatan gigi yang dapat mempengaruhi kondisi kehamilan, karena, perubahan hormonal saat hamil dapat membuat masalah gusi lebih cenderung meningkat," ujar drg. Dessy Amanda, Dokter Gigi Umum RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

2. Bilas Mulut dengan Air Bila Muntah

bilas dengan air putih

Foto: Orami Photo Stock

Minumlah air atau bilas mulut setelah muntah, jika Moms mengalami mual di pagi hari. Ini membantu menghilangkan asam lambung dari gigi dan mencegah sakit gigi pada ibu hamil.

Namun, jangan langsung menyikat gigi. Ini mungkin tampak aneh, tetapi tingkat keasaman di mulut meningkat setelah muntah. Menyikat gigi lebih berbahaya daripada manfaatnya, jadi tunggulah setidaknya satu jam setelah muntah sebelum menyikat gigi.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Hyperemesis Gravidarum, Mual dan Muntah Ekstrem pada Ibu Hamil

3. Batasi Konsumsi Karbohidrat dan Makanan Manis

Bahkan jika tidak hamil, mengonsumsi makanan manis memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi. Penting untuk membatasi makanan manis dan karbohidrat.

Sebaiknya, pilih camilan makanan yang lebih sehat seperti sayuran mentah, kerupuk gandum, dan buah, sebagai cara mencegah sakit gigi pada ibu hamil.

Itu dia Moms, informasi mengenai sakit gigi pada ibu hamil yang bisa diketahui.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4590084/
  • https://medlineplus.gov/druginfo/natural/251.html
  • https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/teeth-and-gums-pregnant/
  • https://www.livestrong.com/article/13765303-toothache-remedies/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0975947618311136
  • https://parenting.firstcry.com/articles/10-home-remedies-for-tooth-pain-and-bleeding-gums-during-pregnancy/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait