Kesehatan

5 April 2021

Sakit Leher Sebelah Kanan, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bagaimana cara mengatasinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pernahkah Moms mengalami sakit leher sebelah kanan? Hal ini bisa juga terjadi di sebelah kiri, dan dapat terjadi pada siapa saja.

Dilansir dari laman healthline.com, seringkali kondisi sakit leher sebelah kanan terjadi akibat suatu hal yang tidak terlalu serius.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab, seperti salah posisi tidur hingga postur tubuh yang tidak baik. Masalah ini biasa terjadi selama beberapa hari.

Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan

Mengenal Parental Burnout, Lelah dan Stres Jangka Panjang pada Orang Tua

Photo: Orami Photo Stock

Tak hanya itu saja, Moms! Masalah sakit leher sebelah kanan juga dapat terjadi karena beberapa hal ini:

1. Otot Tegang

Kebanyakan, nyeri otot merupakan salah satu penyebab utama masalah sakit leher.

Menurut dr.Jobyna Whiting, M.D, seorang Neurosurgeon dari Baptist Health Neoroscience Center, nyeri otot ini terjadi akibat kebiasaan buruk seseorang. Sebut saja terlalu sering berada pada posisi yang sama saat menatap laptop dan ponsel, dan sebagainya.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kaki Sering Sakit dan Pegal, dan Cara Mengobatinya

2. Posisi Tidur Salah

Penyebab sakit leher sebelah kanan selanjutnya adalah karena posisi tidur yang salah.

Salahkan kepada penggunaan bantal kepala yang berlapis-lapis yang menyebabkan posisi leher seseorang tidak selaras dengan bagian tubuh lainnya. Apalagi jika Moms dan Dads terbiasa untuk tidur terlentang dengan bantal tinggi.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika Moms dan Dads memiliki kebiasaan tidur miring ke kanan, namun menggunakan bantal tipis. Dengan kondisi ini kepala tentu akan cenderung patah ke salah satu sisi dalam waktu lama. Inilah yang membuat sakit leher sebelah kanan terjadi.

Tidak hanya itu, Moms dan Dads pun juga perlu memerhatikan penggunaan kasur. Kasur yang empuk memang sangat nyaman. Namun, kasur yang terlalu empuk akan menyebabkan leher bermasalah dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya.

3. Stres dan Rasa Cemas yang Tinggi

Penyebab sakit leher sebelah kanan juga bisa terjadi karena tingkat stres dan rasa cemas yang tinggi. Tanpa disadari, cemas atau stress bisa menyebabkan otot area bahu dan leher sebelah kanan ikut tegang.

Untuk itu, cobalah untuk lebih tenang dalam menghadapi sesuatu. Redam suasana hati dengan bermeditasi dan menghirup aromatherapy dapat membantu Moms dan Dads menjadi lebih tenang. Dengan sendirinya, ketegangan otot area leher akan berangsur menghilang.

4. Hentakan Tiba-Tiba pada Area Leher

Kondisi ini disebut juga dengan whiplash. Gerakan secara tiba-tiba ini juga bisa menjadi penyebab sakit leher sebelah kanan terjadi. Whiplash atau gerakan tiba-tiba ini merupakan bentuk cedera leher saat kepala tersentak maju, lantas kembali lagi dengan gerakan yang sangat cepat.

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa whiplash diakibatkan oleh rem mendadak saat menyetir atau kecelakaan mendadak.

Padahal, whiplash juga bisa diakibatkan oleh kegiatan olahraga atau reaksi sederhana seperti bersin. Biasanya jika Moms bersin dan mengalami whiplash, kondisi ini bisa juga menjadi indikasi bahwa tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Baca juga: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat

5. Cedera Plexus Brachial

Dilansir dari mayoclinic.org, plexus brachial merupakan barisan kerja saraf yang mengirimkan sinyal mulai dari sum-sum tulang belakang ke pundak, lengan, dan tangan.

Cedera plexus brachial ini dapat terjadi ketika saraf ini tak sengaja tertarik atau pada kasus yang serius pecah atau sobek dari saraf sum-sum tulang belakang.

Biasanya, hal ini disebabkan karena kecelakaan atau cedera olahraga yang menyebabkan trauma hebat pada tubuh. Cedera pada area ini bisa menyebabkan sakit leher sebelah kanan.

6. Masalah Degeneratif

Ada beberapa masalah degeneratif akibat penuaan atau masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan sendi, tulang belakang, otot, dan bagian lain dari leher yang bisa memicu rasa nyeri. Terkadang, rasa sakitnya bisa menjalar ke area tangan. Ouch!

Beberapa masalah itu biasanya adalah radang sendi, radang saraf atau sendi, saraf kejepit, dan fraktur servikal.

Fraktur servikal adalah kondisi ortopedis ketika serviks tulang belakang patah atau bergeser karena trauma seperti kecelakaan motor atau cedera olahraga berdampak tinggi.

7. Begini Cara Meringankan Sakit Leher Sebelah Kanan

Sakit leher sebelah kanan memang sangat menyebalkan dan terasa tidak nyaman. Mengutip dari healthline.com, jika saat ini Moms dan Dads sedang mengalami kondisi ini, cobalah melakukan beberapa cara ini:

  • Kompres Dingin dan Hangat

Saat baru saja terjadi sakit leher sebelah kanan, berikan kompres dingin pada leher untuk meredakan inflamasi pada area ini. Bungkuslah es batu dengan handuk bersih, letakkan sambil sedikit memberi penekanan pada area leher yang sakit. Lakukan selama kurang lebih 20 menit.

Esok harinya, berikan kompres dingin dan hangat secara bergantian dengan handuk bersih. Lakukan selama kurang lebih 20 menit, sehari tiga kali.

Pada saat mandi, Moms dan Dads pun juga bisa melakukan mandi berendam atau siramlah area tubuh yang sakit dengan air hangat lebih lama.
Baca juga: 9+ Obat Gatal pada Kulit Anak yang Paling Efektif, Bisa Pakai Kompres Dingin!

  • Minum Obat-Obatan

Sakit leher sebelah kanan juga bisa diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas mengandung ibuproven, naproxen sodium, dan acetaminophen.

  • Lakukan Latihan Peregangan

Peregangan otot juga bisa membantu mengatasi nyeri, pegal, dan kaku di area leher. Tak ada salahnya juga Moms dan Dads melakukan gerakan ringan peregangan otot setiap hari untuk menghindari sakit leher sebelah kanan dan sakit leher sebelah kiri.

Hindari melakukan gerakan peregangan secara tiba-tiba. Hal ini akan semakin membuat inflamasi dan kondisi yang makin parah.

Bagaimana cara melakukan peregangan yang benar untuk menghindari sakit leher sebelah kanan dan sakit leher sebelah kiri?

8. Pijatan

Pemijatan pada leher bisa dilakukan untuk membantu mengurangi ketegangan otot. Meski demikian, pastikan terapis pijat yang menangani Moms dan Dads adalah terapis terlatih.

Selain itu, Moms dan Dads juga bisa melakukan terapi akupuntur, chiropractic (pastikan chiropractor sudah berpengalaman dan memilki izin praktik), atau fisioterapi di Rumah Sakit terpercaya.

Baca juga: Ketahui Manfaat Pijatan untuk Ringankan Neuropati

Mencegah Sakit atau Nyeri Otot Leher

Penyebab-Sakit-Leher-Sebelah-Kiri-yang-Patut-Diwaspadai.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Selain rutin melakukan peregangan leher seperti poin 3 pada sub judul “Begini Cara , Meringankan Sakit Leher Sebelah Kanan” ada beberapa rutinitas dan cara lain yang dilansir dari Strength and Conditioning Journal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah leher yang sakit dan kaku, yaitu:

  • Jaga postur tubuh tetap stabil. Saat berdiri atau duduk, posisikan bahu tegak lurus dengan pinggul. Jangan membungkuk.
  • Rutin melakukan peregangan, khususnya saat Moms dan Dads sedang melakukan perjalanan jarak jauh atau sering bekerja di depan laptop.
  • Agar leher tidak menunduk dan tubuh tidak membungkuk saat bekerja di depan laptop, sesuaikan tinggi meja dan kursi agar layar komputer sejajar dengan mata. Pastikan juga lutut berada pada posisi lebih rendah dari pinggul. Jejakkan kaki sempuran di lantai. Tidak bertumpu pada kaki yang lain.
  • Batasi waktu menggunakan smart phone agar Moms dan Dads tidak selalu menunduk. Selain itu, saat menerima panggilan telephone, jangan menjepit telepon atau handphone di antara bahu dan telinga. Lebih baik gunakan headset atau nyalakan speaker-nya.
  • Jangan merokok, karena kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko munculnya nyeri leher.
  • Tidurlah dalam posisi telentang dengan mengganjal paha dengan bantal kepala. Tujuannya untuk membantu tulang belakang lebih relaks dan lurus.
  • Gunakan bantal kepala yang tidak terlalu tinggi atau terlalu keras.
  • Saat tidur, pastikan Moms dan Dads tidak menggunakan kasur atau matras yang terlalu empuk. Meskipun sangat nyaman, namun kasur atau matras yang terlalu empuk tidak memberi kontribusi baik bagi kesehatan tulang belakang dan leher.
  • Hindari menggunakan tas selempang atau tas yang digendong di salah satu pundak terlalu sering. Beban yang terlalu berat di salah satu sisi tubuh akan memicu terjadinya sakit leher sebelah kanan atau sakit leher sebelah kiri. Lebih baik, gunakan tas ransel.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kaki Sering Sakit dan Pegal, dan Cara Mengobatinya

Penyebab Lain Sakit Leher Sebelah Kanan?

Sakit pinggang sebelah kanan

Photo: Orami Photo Stock

Selain beberapa penyebab umum di atas, sakit leher sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi langka. Seperti kanker, penyakit yang menyerang tulang, arthritis rheumatoid, infeksi, hingga kerusakan saraf, tulang belakang, dan sum-sum tulang belakang.

Untuk itulah, jika Moms dan Dads merasakan sakit leher sebelah kanan yang berkelanjutan, kunjungi dokter langganan keluarga untuk mengetaui penanganan lebih lanjut perihal masalah tersebut.

Kapan Harus ke Dokter?

Konsultasi Lanjutan dengan Dokter patah tulang pada balita.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Sakit leher sebelah kanan atau sakit leher sebelah kiri perlu segera dikonsultasikan ke dokter jika rasa sakit tidak membaik atau malah lebih parah meski sudah minum obat pereda nyeri.

Tak hanya itu saja. Waspadai tanda-tanda seperti mual dan muntah, sesak napas, lengan menjadi lemas, hingga muncul benjolan di leher. Jika salah satu dari hal ini terjadi, Moms dan Dads wajib berkonsultasi ke dokter.

  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-a-stiff-neck#prevention
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/brachial-plexus-injury/symptoms-causes/syc-20350235#:~:text=The%20brachial%20plexus%20is%20the,away%20from%20the%20spinal%20cord.
  • https://www.healthline.com/health/pain-in-right-side-of-neck#bottom-line
  • https://journals.lww.com/nsca-scj/Fulltext/2011/06000/Neck_Pain__Exercise_and_Training_Considerations.10.aspx
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait