Kesehatan

14 Mei 2021

7 Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah dan Cara Mengatasinya, Catat!

Segera ke dokter jika sakit tak kunjung mereda ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sakit perut bisa bervariasi, mulai dari bagian bawah, atas hingga sakit perut bagian tengah. Tentu penyebab sakit perut bagian tengah juga banyak pemicunya. Salah satunya karena gangguan pencernaan.

Nyeri perut seringkali membuat aktivitas kita terganggu dan mengharuskan untuk istirahat seharian. Untuk itu, mari cari tahu penyebab sakit perut bagian tengah agar Moms bisa mengatasinya di rumah.

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Sakit perut bagian tengah atas seringkali dapat dikaitkan dengan masalah sementara seperti gangguan pencernaan atau gas. Nyeri perut bagian tengah atas yang ringan atau parah mungkin terkait dengan kondisi saluran pencernaan lainnya atau kondisi dinding tubuh, pembuluh darah, ginjal, jantung, atau paru-paru.

Meski hanya mengira-ngira, Moms perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter untuk mencari tahu penyebab sakit perut bagian tengah.

Beberapa penyebabnya mungkin salah satu seperti di bawah ini:

1. Penyakit Gastrosophageal Reflux (GERD)

Penjelasan GERD dan Sakit Perut Bagian Tengah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Penyebab sakit perut bagian tengah yang pertama adalah karena adanya gas yang bergerak menuju ke atas lambung. Mengutip Mayo Clinic, gas ini berasal dari lambung atau kerongkongan sering kali dirasakan di perut bagian tengah atas.

Ini dapat terjadi karena berbagai alasan yang menyebabkan tekanan intra-abdominal meningkat secara tidak normal.

Misalnya kelebihan berat badan atau obesitas, berbaring terlalu cepat setelah makan, batuk kronis, ataupun punya riwayat asam lambung sebelumnya.

GERD dapat menyebabkan rasa terbakar yang tidak nyaman di dada yang bisa menjalar ke leher. Gejala ini disebut dengan heartburn. Sakit perut bagian tengah atas juga bisa menjadi gejala yang dirasakan.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman Untuk Anak Alergi atau Asma

2. Sidrom Iritasi Usus Besar (IBS)

Mengutip Cleveland Clinic, sakit perut bagian tengah bawah disebabkan gangguan pencernaan atau sindrom iritasi usus besar.

Terkadang sakitnya bisa seluruh perut, atau sakit perut tengah bagian bawah. Gejala yang dirasakan berkaitan dengan sembelit, diare, kembung ataupun kram.

Sakit perut bagian tengah bawah sering memburuk setelah makan.

Adanya kontraksi pada otot dinding usus yang lebih kuat dari biasanya dapat menyebabkan penumpukan gas, kembung, dan gangguan pencernaan. Sedangkan kontraksi yang ringan dapat menyebabkan makanan menjadi sulit dicerna sehingga terjadinya sembelit.

3. Sembelit

Sembelit dan Sakit Perut Bagian Tengah Bawah

Foto: Orami Photo Stocks

Sembelit terjadi ketika buang air besar menjadi lebih jarang dan tinja menjadi sulit untuk dikeluarkan. Ini paling sering terjadi karena perubahan pola makan atau rutinitas, dan karena asupan serat yang tidak tercukupi.

Studi dalam Medicine menjelaskan, gejala yang dirasakan yakni sakit perut bagian tengah dan Moms memerlukan tenaga lebih untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh.

Jika sedang mengalami sembelit, makanan mungkin bergerak lambat melalui saluran pencernaan. Sehingga feses menjadi kering, keras, dan sulit untuk dikeluarkan.

Moms harus segera ke dokter jika mengalami sakit perut bagian tengah menjadi parah, darah di tinja, atau atau sembelit yang berlangsung lebih dari tiga minggu.

Baca Juga: Mengenal Gastroenteritis pada Anak, Penyakit Diare Akut yang Berbahaya

4. Divertikulitis

Divertikulitis adalah infeksi atau pembengkakan kantong yang terjadi di usus, kantong ini disebut divertikula.

Biasanya, penyakit ini tak berbahaya namun gejala yang dirasakan yakni sakit perut bagian tengah atau bisa terjadi di mana saja.

Selain itu, gejalanya juga bisa dirasakan seperti keluarnya darah saat buang air besar.

Mengutip National Health Services, sakit perut bagian tengah ini bisa dilihat dengan prosedur kolonskopi. Ini adalah teknik memasukkan kamera ke dalam usus untuk dokter melihat tanda-tanda divertikulitis

Sebelumnya, Moms akan diberi obat pencahar untuk membersihkan usus dari kotoran.

5. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

5 Jenis Obat Alami untuk Sakit Perut Bagian Tengah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Penyebab lainnya sakit perut bagian tengah adalah terjadi infeksi saluran kemih (ISK). Selain sakit perut bagian tengah, nyeri meliputi uretra, ginjal dan kandung kemih.

Kandung kemih letaknya tepat di tengah bawah bagian perut. Gejala yang dirasakan yakni sakit saat buang air kecil, kram di sekitar panggul, serta perubahan warna dan bau urin.

Mengutip National Institutes of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, infeksi saluran kemih 50 persen berisiko pada wanita dibandingkan laki-laki.

Wanita hamil lebih berisiko karena adanya perubahan tubuh saat hamil yang mempengaruhi saluran kemih.

Karena ISK dalam kehamilan terbukti berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi, sebagian besar wanita hamil dites untuk mengetahui keberadaan bakteri dalam urin mereka, bahkan jika tidak ada gejala, dan diobati dengan antibiotik untuk mencegah penyebaran.

6. Hernia

Penyebab sakit perut bagian tengah lainnya adalah hernia inguinalis. Ini dikenal sebagai hernia selangkangan, terjadi ketika sedikit jaringan menonjol sekitar otot antara paha atas dan perut tengah bagian bawah.

Dalam Michigan Medicine menjelaskan, hernia inguinalis biasanya disebabkan oleh bukaan di dinding otot yang seharusnya tertutup sebelum lahir, tetapi tetap terbuka. Karena kelainan itu, ada titik lemah di perut.

Saat jaringan mendorong pada titik itu, terbentuknya tonjolan dan menyebabkan sakit perut bagian tengah bawah.

Gejala utama hernia inguinalis adalah adanya benjolan atau tonjolan di area selangkangan. Tonjolan itu bisa muncul secara tiba-tiba atau bisa berkembang selama beberapa minggu.

Rasa tidak nyaman di selangkangan dan sakit perut bagian tengah menjadi gejala yang sering dirasakan.

7. Tumor

Sakit Perut Bagian Tengah, Ini Penyebabnya!

Foto: Orami Photo Stocks

Meski jarang terjadi, orang yang memiliki tumor di usus besar mungkin mengalami sakit perut bagian tengah dan perubahan pola usus, terutama jika tumor itu menghalangi sesuatu.

Seseorang dengan benjolan di perut mungkin melihat area pembengkakan atau tonjolan yang menonjol dari area perut.

Kemungkinan penyebabnya termasuk lipoma, hematoma, dan lain-lain. Tidak semua benjolan di perut memerlukan perawatan, tetapi beberapa mungkin perlu dioperasi.

Jadi jika Moms mengalami sakit perut bagian tengah dan terlihat ada benjolan segera ke dokter untuk ditindak lebih lanjut, ya.

Baca Juga: Kista Ganglion, Tumor Jinak di Tangan yang Perlu Moms Ketahui

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Tengah

Sakit Perut Bagian Tengah, Inilah Tanda Pencernaan Bermasalah!.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sakit perut bagian tengah dapat diatasi dengan mengetahui penyebab asalnya. Meski begitu, ada beberapa cara alami rumahan untuk meredakan nyeri perut.

Cara ini bisa dicoba untuk mengatasi sakit perut bagian tengah, antara lain:

1. Perbanyak Minum Air

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang dapat memicu sembelit serta sakit perut bagian tengah.

Health and Medicine Division (HMD) merekomendasikan untuk minum putih sehari dengan takaran:

  • wanita harus minum sekitar 2,7 liter air sehari
  • pria harus minum sekitar 3,7 liter air sehari

Bagi kebanyakan orang, minum air yang ideal untuk setiap harinya adalah sekitar 8 gelas

Bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi dengan sangat cepat sehingga Moms harus selalu minum air.

2. Konsumsi jahe

wedang jahe untuk sakit perut bagian tengah

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti kita tahu, rempah alami satu ini yakni jahe adalah obat herbal yang umum untuk sakit perut bagian atas dan gangguan pencernaan.

Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaols yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut. Ini dapat mencerna makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat.

Jahe juga dapat membantu mengurangi gejala mual, muntah, dan diare. Buatlah ramuan teh jahe panas untuk meredakan sakit perut bagian atas.

3. Diet BRAT

Biasanya, dokter merekomendasikan diet BRAT untuk penderita diare atau yang mengalami sakit perut bagian tengah.

BRAT adalah singkatan dari Bananas, Rice, Applesauce, and Toast. Jenis makanan ini dapat melancarkan pencernaan dan membuat tekstur feses lebih padat.

Karena makanan ini terbilang hambar, ia tidak mengandung zat yang mengiritasi lambung, tenggorokan, atau usus. Karenanya, diet BRAT ini bisa meredakan iritasi pada dinding usus.

Sumber makanan dalam diet BRAT juga tinggi nutrisi seperti kalium dan magnesium dan yang menggantikan makanan yang hilang karena diare dan muntah.

Baca Juga: 13 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Nah setelah mengetahui penyebab sakit perut bagian tengah atas dan bawah jadi lebih tenang ya Moms. Jangan ragu untuk ke dokter agar dapat diagnosa yang tepat ya!

  • https://health.clevelandclinic.org/whats-causing-your-lower-abdominal-pain/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5976340/
  • https://www.nhs.uk/conditions/diverticular-disease-and-diverticulitis/
  • https://www.niddk.nih.gov/health-information/urologic-diseases/bladder-infection-uti-in-adults?dkrd=hiscr0045
  • https://www.uofmhealth.org/conditions-treatments/surgery/groin-hernias#:~:text=Inguinal%20Hernias,birth%20but%20instead%20remained%20open.
  • https://www.nap.edu/catalog/10925/dietary-reference-intakes-for-water-potassium-sodium-chloride-and-sulfate
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait