Kesehatan

26 April 2021

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Moms Waspadai

Ada beberapa hal yang menyebabkan perut sebelah kiri sakit. Simak yuk artikelnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak orang yang mengalami sakit perut sebelah kiri. Bagi perempuan, hal ini biasa terjadi ketika sedang menuju waktu menstruasi, atau mungkin menstruasi di hari pertama.

Meski hal ini biasa dirasakan ketika menstruasi, ternyata rasa sakit di sebelah kiri bisa menjadi berbahaya juga bagi organ reproduksi perempuan. Apa yang membuat perempuan mengalami sakit perut sebelah kiri saat menstruasi? Ini dia!

Sakit Perut Sebelah Kiri Akibat Dismenore

sakit perut sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disebutkan. Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri adalah dismenore.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Dysmenorrhea and Related Disorders, Dismenore adalah kram rahim yang menyakitkan dan terjadi selama menstruasi.

Kondisi ini pun menjadi salah satu penyebab paling umum dari nyeri panggul dan juga gangguan mestruasi.

Dismenore sendiri dibagi menjadi dua yakni dismenore primer dan dismenore sekunder. Apa itu dismenore primer dan sekunder? Ini dia!

1. Dismenore Primer

Dismenore primer adalah sakit atau nyeri menstruasi yang biasanya terjadi karena kontraksi otot rahim yang sangat kuat.

Rasa sakit perut sebelah kiri pun bisa disebabkan oleh kondisi ini dan terkadang menyebar hingga punggung bawah dan juga paha.

Sakit perut bagian kiri ini biasanya datang pada 1 hingga 2 hari sebelum menstruasi tiba. Tak hanya itu, sakit perut bagian kiri ini juga bisa muncul selama Moms mengalami menstruasi.

Dismenore primer pun hadir dengan gejala lain seperti lemah, lesu, mual, muntah, hingga diare.

2. Dismenore Sekunder

Dismenore sekunder adalah sakit perut sebelah kiri yang terjadi karena masalah medis pada organ reproduksi perempuan.

Berbeda dengan dismenore primer, sakit perut sebelah kiri ini biasanya tak disertai mual, muntah, lemas dan juga diare. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini pun biasanya berkurang seiring bertumbuhnya usia.

Baca Juga: Apakah Sakit Perut Hebat Saat Menstruasi Bisa Mengganggu Program Hamil?

Nah selain dismenore, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Sakit perut sebelah kiri pun ternyata bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan. Terlebih ada beberapa penyakit serius yang memiliki gejala sakit perut sebelah kiri.

“Nyeri perut adalah gejala umum yang mengarah ke jutaan kunjungan rawat jalan, dan pada kenyataannya, adalah salah satu alasan paling umum bagi orang untuk mengunjungi dokter,” kata Rosario Ligresti, MD, Kepala, Divisi Gastroenterologi di Hackensack University Medical Centre, New Jersey, AS.

"Jika sakit perut sebelah kiri tiba-tiba datang dan pasien sampai harus dibawa ke unit gawat darurat," kata dr. Ligresti, "maka dokter mungkin akan melakukan tes X-ray diagnostik khusus, termasuk CT scan."

Sementara itu, jika penyebabnya adalah kondisi serius seperti ruptur aneurisma aorta (robekan pembuluh aorta), perforasi (pembolongan) atau pembengkokan usus, dan aliran darah yang rendah ke usus (iskemia) kemungkinan akan dilakukan pembedahan darurat. Selain ini ada banyak kondisi lain yang perlu dievaluasi di dokter.

Baca juga: Waspadai Radang Usus Buntu! Kenali Penyebab dan Gejalanya

Pastikan Lokasi Sakitnya

Ini Dia, Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit 2 freepik.jpg

Foto: freepik.com

“Saat menentukan penyebab perut sebelah kiri sakit, dokter akan terlebih dahulu menemukan lokasi yang tepat,” jelas dr. Ligresti.

“Jika rasa sakit sebagian besar di perut kiri atas, itu bisa menjadi penyebab lambung atau ginjal seperti gangguan pencernaan, gas, refluks, gastritis, borok, dan batu ginjal," lanjutnya.

Jika berada di perut kiri bawah, dokter cenderung memikirkan kondisi usus besar (divertikulitis dan kolitis), penyebab ginekologis (kista ovarium atau endometriosis), atau kondisi testis.

Selain rasa sakit, dokter akan menanyakan adakah gejala demam, tinja berdarah, mual dan muntah yang persisten, penurunan berat badan, atau perubahan buang air kecil.

"Kami juga ingin tahu apakah rasa sakit itu terkait dengan mati rasa, terbakar, kesemutan atau gatal-gatal pada kulit, atau apakah ada ruam kulit di daerah tersebut," kata dr. Ligresti. Berikut beberapa penyebab perut sebelah kiri sakit.

Baca Juga: Moms, Mari Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit di Sini

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Lainnya

Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri lainnya. Penyebab-penyebab ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius.

1. Divertikulitis

Ini Dia, Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit 3 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Sakit perut sebelah kiri bisa jadi disebabkan oleh diverkulitis. Jika Moms mengalami kondisi ini, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa ditangani dengan tepat.

The American Gastroenterological Society mendefinisikan divertikulitis sebagai peradangan kantong (divertikula) di dinding usus besar.

“Divertikulitis adalah salah satu sumber paling umum dari nyeri perut bagian bawah kiri dan secara klasik timbul bersama demam, perubahan kebiasaan buang air besar, kadang-kadang tinja berdarah, kedinginan, dan gejala yang cukup terlokalisasi,” kata dr. Ligresti.

Pada kasus yang serius, divertikulitis dapat menyebabkan perdarahan, robekan, atau penyumbatan. Mendiagnosis kondisi tersebut memerlukan pemeriksaan fisik dan tes pencitraan.

“Ini adalah diagnosis yang penting untuk dibuat karena memerlukan perawatan dengan antibiotik segera,” kata dr. Ligresti.

Baca juga: Nyeri Perut Di Bagian Kanan Bawah, Hati-Hati Terkena Penyakit Ini!

2. Radang Usus Besar

Jika sakit perut yang terkait dengan divertikulitis sering terjadi secara tiba-tiba, sebaliknya gejala kolitis (radang usus besar) muncul lebih bertahap.

“Selain itu, kolitis cenderung muncul dengan perubahan fungsi usus (diare atau berdarah) dan divertikulitis biasanya tidak,” kata dr. Ligresti.

Kolitis sering disebabkan oleh infeksi (seperti keracunan makanan), suplai darah yang buruk, dan reaksi autoimun. Ada juga berbagai jenis kondisi, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, sejenis penyakit radang usus.

3. Radang Perut

Ini Dia, Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit 4 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Ini adalah istilah untuk kondisi yang melibatkan peradangan pada lapisan perut. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi, penggunaan obat penghilang rasa sakit, atau minum terlalu banyak alkohol.

“Gejala gastritis dapat terjadi secara tiba-tiba (gastritis akut) atau terjadi secara perlahan (gastritis kronis), dan dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan bisul. Ulkus dan gastritis adalah beberapa penyebab paling umum dari nyeri perut kiri atas dan biasanya hadir dengan rasa sakit perut kiri yang menggerogoti sisi dalam yang mungkin memburuk pada malam hari dan kemudian membaik setelah makan,” jelas dr. Ligresti.

Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan mual dan muntah, penurunan berat badan, dan feses berwarna gelap. "Ini adalah diagnosis penting yang harus dibuat karena pengobatan sangat efektif jika dimulai sejak dini," katanya.

Baca juga: Sakit Perut Bagian Bawah, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

4. Pankreatitis Akut

Kemungkinan Moms mengalami sakit perut sebelah kiri adalah karena pankreatitis akut.

Biasanya lokasi yang paling sering mengalami rasa sakit karena kondisi ini adalah perut kiri bagian atas atau perut bagian tengah.

Dilansir dari U.S National Library of Medicine, rasa sakit biasanya akan muncul beberapa menit setelah makan atau minum. Terlebih jika makanan tersebut mengandung banyak lemak.

Pankreatitis akut sendiri banyak diidap oleh laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Kondisi tertentu, operasi dan juga gaya hidup bisa menjadi sumber dari seseorang mengidap kondisi ini.

Di Amerika, alkohol biasanya menjadi 70% penyebab seseorang mengidap penyakit ini. Jika mengonsumsi alkohol 5-8 gelas per hari selama lima tahun, hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan pankreas.

Baca Juga: 3 Resep Sorbet Tanpa Susu untuk Balita dengan Intoleransi Laktosa

5. Intoleransi Laktosa

sakut perut sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Medical News Today, intoleransi laktosa juga bisa menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri.

Seseorang dengan kondisi intoleransi laktosa biasanya memiliki masalah untuk mencerna susu juga produk dengan olahan susu seperti keju serta yogurt.

Orang yang mengalami intoleransi laktosa biasanya dikarenakan tubuhnya kesulitan untuk memproduksi enzim yang bernama laktase.

Laktase sendiri bertugas untuk menghancurkan laktosa pada susu. Nah, ketika seseorang yang memiliki kondisi ini punya banyak laktosa di peredaran darahnya, ia biasanya akan merasakan berbagai macam gejala, seperti;

  • Kesulitan menahan buang air besar atau diare
  • Sakit perut di sebelah kiri
  • Kembung
  • Mual
  • Perut yang terus-terusan bersuara

Baca Juga: 21+ Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Jangan Dianggap Sepele ya!

Nah, itu adalah berbagai penyebab sakit perut di sebelah kiri yang biasa terjadi. Jika Moms mengalami kondisi ini saat sedang tidak menstruasi, segeralah periksakan diri ke dokter ya! Jangan sampai kondisi menjadi semakin parah dan memengaruhi kesehatan!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5585876/
  • https://www.gastrojournal.org/article/S0016-5085(15)01432-8/pdf
  • https://medlineplus.gov/ency/article/000287.htm#:~:text=The%20main%20symptom%20of%20pancreatitis,severe%2C%20lasting%20for%20several%20days
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320069#treatment
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait