Kesehatan

11 Juni 2021

Sakit Tulang Belakang, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit tulang belakang merupakan hal umum namun tentu hal ini menyiksa Moms dan Dads dalam aktivitas sehari-hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sakit tulang belakang adalah salah satu alasan yang menjadikan aktivitas Moms atau Dads bisa terhenti sehingga membutuhkan perawatan medis. Hal ini tentu membuat tidak nyaman.

Cedera, aktivitas, dan beberapa kondisi medis bisa terjadi oleh sakit tulang belakang. Sakit tulang belakang dapat menyerang orang dari segala usia karena alasan yang berbeda.

Journal of Scoliosis and Spinal Disorder mengungkap seiring bertambahnya usia, kemungkinan berkembangnya sakit tulang belakang pun meningkat, karena faktor-faktor seperi pekerjaan sebelumnya dan penyakit cakram degenerative

Penyebab Sakit Tulang Belakang

Penyebab sakit tulang belakang sering kali berkembang tanpa sebab yang dapat diidentifikasi oleh dokter melalui tes atau studi perencanaan. Kondisi yang umumnya terkait dengan sakit tulang belakang meliputi:

1. Diskus yang Tergelincir

Diskus yang tergelincir

Foto: Orami Photo Stock

Diskus yang mengalami hernia atau tergelincir menjadi salah satu penyebab sakit tulang belakang. Jika dokter Anda menyebutkan hal ini, jaringan lunak di cakram di antara persendian Anda telah keluar. Ini biasanya disebabkan oleh keausan. Diskus yang mengalami hernia dapat menyebabkan nyeri di punggung bawah atau pinggul karena saraf di sana tertekan.

2. Saraf Kejepit atau Disc Buldge

Saraf kejepit sebagai penyebab sakit tulang punggung

Foto: Orami Photo Stock

Diskus atau peredam kejut di antara tulang belakang Moms atau Dads, menyusut atau robek sehingga sebabkan tulang saling bergesekan dan memicu sakit tulang belakang. Hal ini terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Peradangan dan Kehausan Sendi Sakroiliaka

Peradangan tulang sebagai penyebab sakit tulang punggung

Foto: Orami Photo Stock

Sendi ini terletak di tempat tulang belakang dan panggul Moms serta Dads bersatu. Tidak banyak bergerak, tetapi penting karena memindahkan beban tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah. Pembengkakan dan pengikisan tulang rawan sendi dapat terjadi setelah cedera, karena radang sendi, infeksi, atau bahkan kehamilan sehingga kerap sebagai penyebab sakit tulang belakang.

Baca Juga: 8 Penyebab Tulang Rusuk Sakit Sebelah Kiri, Salah Satunya Tanda Gangguan Jantung!

4. Stenosis Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms atau Dads mengalami ini berarti sakit tulang belakang disebabkan saluran tulang belakang telah menyempit. Sehingga, menambah tekanan pada tulang belakang dan saraf. Akibatnya, kaki dan bahu Moms atau Dads mungkin terasa kaku. Ini terjadi pada banyak orang yang berusia di atas 60 tahun.

5. Sindrom piriformis

Sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Piriformis adalah otot kecil yang terletak jauh di pantat, di belakang gluteus maximus. Biasanya ini penyebab sakit tulang belakang namun lebih sering terjadi pada Moms.

Penyebab sakit tulang belakang ini berasal dari kejang pada otot piriformis, otot besar yang terletak jauh di pantat, disebut sindrom piriformis. Wanita lebih terpengaruh karena hormon dan perubahan terkait kehamilan di panggul.

Sindrom piriformis sering menyebabkan iritasi atau kompresi saraf skiatik, menyerupai nyeri linu panggul. Sindrom piriformis dapat nyeri kronis di area bokong dan pinggul yang diperparah dengan gerakan pinggul, sakit saat bangun dari tempat tidur, ketidakmampuan untuk duduk dalam waktu lama, nyeri yang menjalar di bagian belakang paha serta kaki, dan gejala sakit punggung belakang ini biasanya membaik saat Moms berbaring telentang.

6. Saraf yang Rusak

Saraf sakit

Foto: Orami Photo Stock

Setiap vertebrata di tulang belakang dilapisi oleh saraf. Jika cakram pecah, akan lebih banyak tekanan pada saraf, yang jadi penyebab sakit tulang belakang.

7. Tegang

Tegang otot penyebab tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Otot yang tegang seringkali menyebabkan sakit punggung. Ketegangan biasanya terjadi dengan salah mengangkat benda berat dan gerakan canggung yang tiba-tiba sehingga jadi penyebab sakit tulang belakang.

8. Artritis

Sakit punggung sebabkan sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Osteoartritis dapat menyebabkan masalah pada persendian di pinggul, punggung bawah, dan tempat lain. Dalam beberapa kasus, ruang di sekitar sumsum tulang belakang menyempit. Ini dikenal sebagai stenosis tulang belakang.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

9. Kelengkungan tulang belakang yang tidak normal

Skoliosis

Foto: Orami Photo Stock

Jika tulang belakang melengkung dengan cara yang tidak biasa, sakit tulang belakang dapat terjadi. Contohnya adalah skoliosis, di mana tulang belakang melengkung ke samping serta menjadi penyebab sakit tulang belakang.

10. Osteoporosis

Risiko osteoporosis

Foto: Orami Photo Stock

Tulang, termasuk tulang belakang, menjadi rapuh dan keropos, membuat fraktur kompresi lebih mungkin terjadi sebagia penyebab sakit tulang belakang.

11. Kecelakaan dan Cedera

Kecelakaan jadi penyebab sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Kecelakaan mobil, jatuh, keseleo otot, tegang, dan patah tulang juga menjadi penyebab sakit tulang belakang. Cedera dapat menyebabkan beberapa masalah fisik, tetapi beberapa dapat menyebabkan rasa sakit tulang belakang.

12. Patah Tulang Belakang

Ilustrasi patah tulang

Foto: Orami Photo Stock

Patah pada tulang belakang Moms dapat menjadi penyebab sakit tulang belakang, yang mana sebuah kondisi yang melemahkan tulang.

13. Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sakit tulang punggung juga dipicu oleh hal-hal yang Moms dan Dads lakukan dalam kehidupan sehari-hari atau gaya hidup seperti membungkuk di meja, mengangkat benda berat, kelebihan berat badan, tidak berolahraga, merokok, mengenakan sepatu hak tinggi, stress dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung, dan depresi serta kecemasan dapat membuat rasa sakit tulang belakang semakin parah.

14. Kehamilan

Kehamilan jadi penyebab sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sakit tulang belakang selanjutnya adalah kehamilan. Karena, saat Moms hamil maka ada kenaikan berat badan yang dapat membuat punggung menjadi tegang dan sakit tulang belakang.

15. Tumor

Tumor jadi penyebab sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Tumor juga menjadi penyebab sakit tulang belakang. Namun, dalam kasus yang terjadi, Moms atau Dads bisa mendapatkannya di punggung. Tumor biasanya disebarkan oleh kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh kalian.

16. Penyebab Sakit Tulang Punggung yang Kurang Umum

Lalu, penyebab sakit tulang belakang yang kurang umum lainnya meliputi batu ginjal, infeksi, endometriosis atau penumpukan jaringan rahim di luar rahim, dan fibromyalgia, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri otot yang meluas

Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang

Setelah mengetahui penyebab, berikut ini cara mengatasi sakit tulang belakang dilansir dari Mayo Clinic:

1. Olahraga

Ilustrasi olahraga sebagai cara mengantisipasi sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Aktivitas aerobic berdampak rendah sehingga bisa jadi salah satu alternative cara mengatasi sakit tulang belakang yang tegang atau tersentak, serta dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan di punggung dan memungkinkan otot berfungsi lebih baik. Berjalan dan berenang juga bagus untuk cara mengatasi sakit tulang belakang. Namun, bicarakan dengan dokter tentang kegiatan yang Moms atau Dads coba.

2. Latihan Kekuatan dan Kelenturan Otot

Sakit tulang belakang

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi sakit tulang belakang yaitu dengan melatih kekuatan dan kelenturan otot, yang memperkuat inti, membantu mengkondisikan otot-otot punggung agar bekerja sama seperti korset alami untuk punggung Moms dan Dads.

3. Pertahankan Berat Badan Ideal

Cara mengatasi sakit tulang belakang dengan mempertahankan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Moms dan Dads, tahukah dengan kelebihan berat badan membuat otot punggung tegang sehingga jadi penyebab sakit tulang belakang? Jika kalian kelebihan berat badan, mengurangi berat badan dapat mencegah serta sebagai cara mengatasi sakit tulang belakang.

4. Berhenti Merokok

Berhenti merokok

Foto: Orami Photo Stock

Apabila perokok, maka cara mengatasi sakit tulang belakang dengan mengurangi atau berhenti merokok. Risiko sakit tulang belakang meningkat dengan jumlah rokok yang dihisap per hari, jadi berhenti seharusnya menjadi cara mengatasi sakit tulang belakang.

Baca Juga: Donor Sumsum Tulang Belakang, Ini Penjelasannya

5. Berdiri Cerdas

Berdiri dengan benar

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi sakit tulang belakang adalah dengan memerhatikan posisi tubuh yaitu berdiri cerdas, tidak bungkuk. Pertahankan posisi panggul netral. Jika Moms atau Dads harus berdiri dalam waktu lama, letakkan satu kaki di atas bangku kaki yang rendah untuk mengambil sebagian beban dari punggung bawah. Postur tubuh yang baik bisa mengurangi stres pada otot punggung yang bisa jadi penyebab sakit tulang belakang.

6. Duduk Cerdas

Duduk secara benar

Foto: Orami Photo Stock

Pilih tempat duduk dengan penyangga punggung bawah yang baik, sandaran tangan dan alas putar. Menempatkan bantal atau handuk gulung di bagian bawah punggung dapat mempertahankan lekukan normalnya. Jaga agar lutut dan pinggul tetap rata. Ubah posisi sesering mungkin, setidaknya setiap setengah jam sebagai cara mengatasi sakit tulang belakang.

7. Angkat Cerdas

Ilustrasi angkat beban

Foto: Orami Photo Stock

Moms atau Dads baiknya hindari angkat berat, jika memungkinkan. Tetapi, jika kalian harus mengangkat sesuatu yang berat, biarkan kaki yang bekerja. Jaga agar punggung tetap lurus, tidak memutar, dan tekuk hanya di bagian lutut. Pegang beban di dekat tubuh, cari teman angkat jika benda itu berat.

Baca Juga: Tulang Rusuk Belakang Sakit, Jangan Dianggep Sepele!

Karena sakit tulang belakang sangat umum, banyak produk menjanjikan pencegahan atau bantuan. Tetapi tidak ada bukti pasti bahwa sepatu khusus, sisipan sepatu, penyangga punggung, furnitur yang dirancang khusus, atau program manajemen stres dapat membantu.

Selain itu, bila tidak ada perubahan setelah melakukan cara mengatasi sakit tulang belakang maka tak ada salahnya mendatangi dokter untuk mengetahui lebih lanjut penanganannya.

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/symptoms-causes/syc-20369906
  • https://www.spine-health.com/blog/7-back-pain-conditions-mainly-affect-women
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/172943#causes
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5395891/
  • https://www.webmd.com/back-pain/causes-back-pain
  • https://www.healthline.com/health/back-pain#causes
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait