Kesehatan Umum

1 Desember 2021

Mengenal Sandalwood Alias Kayu Cendana yang Bisa Mengatasi Rambut Rontok

Sandalwood juga memiliki manfaat kesehatan lain, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahukah Moms jika aroma sandalwood atau kayu cendana tak hanya buat rambut berbau sedap, tapi juga dapat mengatasi rambut rontok?

Selain itu, ekstrak minyak kayu cendana dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, lho.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengekspos sel-sel kulit manusia ke cendana di laboratorium menyebabkan protein keratin berlipat ganda, yang mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat Sandalwood Bagi Kesehatan

Dikutip dari Healthline, minyak esensial sandalwood berasal dari kayu dan akar album Santalum, atau pohon cendana India Timur. Ini adalah salah satu pohon paling berharga di dunia.

Banyak produk di seluruh dunia yang terbuat dari minyak kayu cendana. Terutama, digunakan dalam bidang pengobatan alternatif karena dapat membantu mengobati masalah kesehatan tertentu.

Lebih lanjut, berikut manfaat sandalwood atau ekstrak minyak kayu cendana bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

shutterstock 557050852

Foto: Orami Photo Stock

Para peneliti dari Laboratorium Monasterium, Münster, Jerman, sebagaimana dikutip dari dailymail.co.uk, mengekspos jaringan kulit kepala manusia dengan bau seperti cendana buatan Sandalore.

Sandalore sering ditambahkan ke wewangian dan pelembap untuk memberikan aroma cendana, dan sebelumnya telah digunakan dalam percobaan sebelumnya yang menyelidiki efeknya pada keratin.

Menurut penelitian, beberapa hari setelah jaringan kulit kepala terpapar Sandalore, kadar keratinnya mulai meningkat.

Hal ini diduga disebabkan oleh minyak yang menghalangi gen yang menyebabkan sel keratin ‘bunuh diri’.

Hasilnya juga menunjukkan bahwa minyak aromatik merangsang faktor pertumbuhan, dan ini termasuk vitamin atau hormon yang diperlukan sel untuk berkembang.

Mungkin kedengarannya sedikit aneh bahwa ada reseptor pendeteksi bau dalam folikel rambut kita, tapi ternyata reseptor ini sebenarnya merupakan sistem pensinyalan kimiawi purba yang berevolusi sebelum manusia mengembangkan indera penciuman.

Baca Juga: 12 Khasiat Minyak Peppermint, Salah Satunya Dapat Menghilangkan Jerawat

2. Menyembuhkan Luka

shutterstock 723256570

Foto: Orami Photo Stock

Dengan temuan tersebut, kayu cendana bisa jadi solusi tepat untuk merawat kebotakan. Para peneliti menuliskan dalam sebuah laporan, bahwa “Ada hubungan dekat antara pertumbuhan rambut dengan penyembuhan luka.”

Penelitian mengenai aroma kayu cendana dengan pertumbuhan rambut ini dilakukan dengan mengambil kulit kepala dari orang yang melakukan facelift.

Serpihan kulit tersebut diteliti di dalam laboratorium selama 6 hari, jika dibandingkan dengan jaringan yang tidak dirawat, folikel rambut tak hanya mati lebih lambat tapi juga mencegah rambut rontok serta menghasilkan lebih banyak faktor pertumbuhan.

Selain itu, para peneliti dari Ruhr-Universität Bochum di Jerman menemukan bahwa sel-sel kulit mengandung reseptor penciuman untuk kayu cendana. Ketika mereka mengaktifkan reseptor tersebut, hal ini tampaknya mendorong pertumbuhan sel kulit.

Namun, rekan penulis penelitian Ralf Paus, dari University of Manchester mengungkap saat ini sedang dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai teori kayu cendana yang dapat mendorong pertumbuhan rambut.

3. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

sandalwood

Foto: Orami Photo Stock

Minyak sandalwood yang memiliki aroma harum dan menenangkan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan ringan seperti gigitan serangga, iritasi kontak, atau kondisi kulit lainnya.

Menurut Phytotherapy Research pada tahun 2014 ditemukan bahwa senyawa aktif dalam cendana dapat menurunkan penanda peradangan dalam tubuh yang disebut sitokin.

Diyakini bahwa senyawa aktif (santalols) ini bekerja dengan cara sama seperti obat NSAID yang dikurangi potensi efek samping negatifnya.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Minyak Wortel, Bagus untuk Kulit Wajah

4. Meredakan Kecemasan

essential oil untuk redakan cemas

Foto: Orami Photo Stock

Minyak esensial dari kayu cendana juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental, Moms.

Hal ini ditunjukkan dalam sebuah studi U.S National Library of Medicine dengan melibatkan 87 wanita yang menjalani biopsi payudara. Ditemukan bahwa aromaterapi lavender, cendana, dan jeruk-pepermin dapat membantu mengurangi kecemasan mereka.

Tingkat kecemasan awal mereka dilaporkan sendiri, begitu pula dengan tingkat kecemasan mereka setelah menggunakan aromaterapi.

Studi lainnya, yakni dalam jurnal Natural Product Communications yang dilakukan terhadap 32 orang di Wina, Austria juga meminta peserta menghirup minyak lavender dan cendana.

Studi ini menemukan bahwa tingkat tekanan darah peserta lebih rendah dan tingkat kortisol dalam air liur mereka lebih rendah setelah menggunakan aromaterapi lavender dan sandalwood.

Tak hanya dapat meredakan kecemasan, sandalwood juga mampu mengatasi stres dan depresi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Complementary Therapies in Clinical Practice menemukan bahwa pasien yang menerima perawatan paliatif merasa jauh lebih santai dan kurang cemas ketika mereka menerima aromaterapi kayu cendana sebelum menerima perawatan, dibandingkan dengan pasien yang tidak menerima aromaterapi cendana.

5. Melawan Kanker Kulit

Kanker Kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka bahwa minyak esensial dari kayu cendana ini dapat melawan kanker.

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Arsip Biokimia dan Biofisika menunjukkan senyawa yang ditemukan dalam minyak cendana dapat membantu melawan kanker kulit. Senyawa itu disebut -santalol.

Beberapa penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa komponen ini dapat membantu mempromosikan kematian sel-sel kanker.

Dikutip dari laman Dr Axe, studi yang menggunakan model hewan menunjukkan bahwa minyak cendana dan komponen aktifnya, alpha-santalol, bertindak sebagai agen kemopreventif.

Aplikasi topikal yang mengandung 5 persen minyak cendana menunjukkan efek kemopreventif pada kanker kulit yang diinduksi secara kimia pada subjek hewan.

Sementara itu, penelitian laboratorium yang dilakukan Anticancer Research menunjukkan bahwa alpha-santalol mengurangi insiden dan multiplisitas tumor dengan cara yang bergantung pada waktu dan konsentrasi.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Kelapa, Bisa Mengatasi Kutu Rambut!

Itu dia Moms, manfaat sandalwood bagi kesehatan. Semoga informasinya bisa bermanfaat, ya.

  • https://www.dailymail.co.uk/health/article-6180605/Going-bald-Rubbing-sandalwood-oil-scalp-stimulate-hair-growth.html
  • https://www.healthline.com/health/what-is-sandalwood
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28395396/
  • https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/1934578X1601101034
  • http://www.eurekalert.org/pub_releases/2014-07/rb-ssf070814.php
  • https://draxe.com/essential-oils/sandalwood-essential-oil/
  • http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0003986114002239
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1744388105001246
  • https://ar.iiarjournals.org/content/35/6/3137.long
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24318647/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait