Pernikahan & Seks

23 Juni 2021

Mengenal Sapiosexual: Orang yang Menganggap Kecerdasan Mengairahkan

Apa hal yang membuat Moms tertarik dari pasangan?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Moms, apakah sudah pernah mendengar istilah Sapiosexual? Ini adalah salah satu istilah orientasi seksual yang mulai dikenal, terutama saat bermunculan banyaknya faktor spesifik ketertarikan seseorang terhadap pasangannya.

Seksualitas berkaitan dengan cara seseorang mengidentifikasi, bagaimana mengalami ketertarikan seksual dan romantis (jika melakukannya), juga minat serta preferensi seputar hubungan yang berkaitan dengan perilaku seksual dan romantis.

Moms, membiasakan diri dengan bahasa yang menggambarkan berbagai jenis perasaan dan orientasi seksual, akan membantu Moms, pasangan, dan teman, memahami banyak cara orang mengalami dan mengidentifikasi seksualitas mereka.

Lalu apa itu Sapioseksual? Yuk Moms simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Demiseksual, Ketertarikan Seksual Berdasarkan Kedekatan Emosi

Apa Itu Sapiosexual?

Sapiosexual.jpg

Foto: pinterest.com

Dalam budaya populer, seorang yang menemukan tingkat kecerdasan yang tinggi sebagai faktor paling menarik secara seksual dalam diri orang lain dikenal sebagai Sapiosexual.

Artinya, mengutip melalui Healthline, Sapiosexual adalah sebuah terminologi yang digunakan untuk menggambarkan orientasi seksual seseorang yang mengalami ketertarikan berdasarkan kecerdasan, bukan jenis kelamin atau gender.

Masih banyak perdebatan mengenai ini, karena bisa jadi Sapiosexual hanya merupakan fetish, bukan orientasi seksual. Ada pula yang mengelempokannya sebagai "preferensi dalam berkencan."

Tapi, seorang Sapiosexual mengklaim bahwa mereka benar-benar meletakkan isi kepala seseorang sebagai faktor utama ketertarikan.

Sapiosexual dicirikan dengan memiliki ketertarikan fisik maupun emosional pada orang cerdas. Jadi, orang yang punya orientasi ini menjadikan kecerdasan sebagai faktor utama dalam mencari calon pasangan.

Istilah Sapiosexual berasal dari kata sapiens yang berarti bijak dan gabungan dengan kata seksual.

Seperti yang dilansir melalui Intellegence Journal, Sapiosexual mengacu pada penggambaran orientasi yang sangat eksklusif. Alhasil, istilah ini bisa digunakan untuk orientasi seksual lain. Artinya, seseorang dengan orientasi straight, gay, biseksual, maupun lainnya, tetap bisa menjadi seorang Sapiosexual.

Jurnal tersebut juga menjelaskan bahwa faktor kecerdasan yang membuat seorang Sapiosexual tertarik, sama sekali tidak terkait dengan kriteria umum seperti yang dimiliki orang kebanyakan.

Contohnya, seseorang tertarik dengan individu yang memiliki kecerdasan karena berarti pintar, bisa berpeluang bekerja dengan penghasilan yang baik, serta memiliki gen unggul untuk keturunan mereka.

Sedangkan Sapiosexual mengesampingkan hal tersebut (walau ada yang berangkat dari alasan tersebut), dan menjadikan kecerdasan benar-benar faktor utama ketertarikan seksual dengan individu lain.

Ini sama halnya ketika Moms menyukai pria yang tinggi dan berbadan atletis, atau pria yang perhatian dan mudah bergaul.

Baca Juga: Suami Ketahuan Punya Orientasi Seksual Berbeda Setelah Menikah, Harus Bagaimana?

Bagaimana Sapiosexual dalam Menjalin Sebuah Hubungan?

how-to-talk-to-girls-couple.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip WebMd, orang yang menganggap diri mereka Sapiosexual lebih sering menempatkan diri mereka dalam hubungan dengan orang-orang yang memiliki orientasi seksual yang sama.

Pasangan ini sering menikmati aktivitas intelektual sebagai bagian integral dari ikatan emosional dan bahkan pemanasan fisik.

Jika seorang Sapiosexual menjalin hubungan dengan pasangan yang tidak memiliki minat yang sama, penting bagi kedua orang tersebut bekerja sama untuk memastikan bahwa kebutuhan keduanya sama-sama terpenuhi.

Baca Juga: Mengenal Faktor-faktor Penyebab Kelainan Seksual

Ciri-ciri Sapiosexual

girl reading book.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apakah seseorang yang rajin membaca buku, selalu juara satu di kelas, dan suka dengan riset ilmiah adalah ciri Sapiosexual? Ternyata belum tentu ya, Moms.

Berikut ini adalah ciri-ciri seorang Sapiosexual melansir Intellegence Journal:

1. Isi kepala adalah yang utama dibanding fisik dan kepribadian

Untuk seorang Sapiosexual, orang yang memiliki wajah rupawan bukanlah kriteria utama dalam mencari pasangan.

Umumnya, para Moms mungkin menganggap seseorang atraktif secara fisik, tapi ketertarikan, rasa suka, hingga jatuh cinta, tidak bisa muncul sebelum mengetahui kecerdasan orang tersebut.

Sedangkan Sapiosexual akan langsung melihat seseorang lewat isi kepalanya.

Jika orang tersebut bisa membuktikan lewat obrolan atau diskusi bahwa isi kepalanya ternyata berbobot, barulah seorang Sapiosexual akan menjadikannya sebagai calon yang bisa dipertimbangkan sebagai pasangan, tanpa peduli faktor lainnya bahkan terkadang gender sekalipun.

Baca Juga: Agar Penuh Romansa, Cek Ramalan Percintaan Zodiak di Bulan Juni

2. Menganggap diskusi yang cerdas sama menggairahkannya dengan seks

Sosok sapiosexual tidak hanya suka dengan kecerdasan calon pasangannya. Bahkan, kecerdasan bisa membuat mereka benar-benar terangsang.

Jika Moms menenemukan bahwa diskusi panjang bersama seseorang seputar politik, astronomi, hingga hal-hal sederhana seperti pengetahuan trivial membuat lebih bergairah dan tertarik untuk berhubungan seks, maka Moms kemungkinan Sapiosexual.

Bahkan Sapiosexual lebih menyukai diskusi dan percakapan cerdas sebelum berhubungan seks, karena menurut mereka lebih menggairahkan dibanding foreplay fisik.

Ini dikarenakan Sapiosexual benar-benar menempatkan kecerdasan sebagai poin utama ketertarikan dan bukan sekadar rasa suka atau ketertarikan belaka.

3. Menurut mereka, otak adalah bagian tubuh paling seksi

Mengenal Sapioseksual Ketertarikan Seks terhadap Orang Cerdas 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Untuk orang sapiosexual, isi kepala adalah hal yang utama dan terpenting. Ini membuat otak sebagai pusat kecerdasan, dianggap sebagai organ tubuh yang paling seksi.

Jadi jika ada seseorang yang cantik atau tampan namun isi kepalanya tidak sesuai ekspektasi, maka orang dengan orientasi seksual ini tidak akan tertarik.

Walaupun demikian, ini bukan berarti Sapiosexual sama sekali tidak mempertimbangkan faktor lain selain kecerdasan dalam memilih pasangan. Hanya saja, faktor lainnya tidak dijadikan sebagai faktor utama.

Baca Juga: Mengenal Pillow Talk dan Manfaatnya dalam Hubungan

4. Mementingkan kecocokan intelektual

Sapiosexual kerap kali dianggap sama dengan demiseksual, yaitu orientasi yang dicirikan dengan ketertarikan seksual hanya jika keduanya memiliki kedekatan emosional.

Namun pada seorang diri Sapiosexual, kedekatan emosional bukanlah faktor utama untuk bisa tertarik dengan orang lain secara seksual. Tentu saja, kedekatan tingkat kecerdasan lah yang berperan dalam membangun rasa ketertarikan seksual.

Orang dengan orientasi Sapiosexual mungkin saja tidak memiliki kedekatan emosional dengan orang lain, meski tertarik secara seksual dengan orang tersebut karena kecerdasannya.

Baca Juga: Berapa Kali Frekuensi Ideal Hubungan Seksual?

5. Selalu bersemangat jika otaknya dibuat bekerja

5 Zodiak yang Paling Pintar, Kamu Termasuk?

Foto: Orami Photo Stock

Orang-orang dengan orientasi Sapiosexual akan lebih tertarik pada calon pasangan yang bisa membuat mereka berpikir atau memacu mereka untuk memecahkan sesuatu.

Misalnya, dibanding dengan diberitahu isi hati dan perasaan secara langsung, mereka lebih tertarik dengan orang lain yang justru hanya memberi petunjuk-petunjuk kecil dan berusaha membuat penasaran.

6. Menyukai tantangan

Karena sangat suka dan selalu merasa bersemangat jika mengerjakan sesuatu yang harus membuat otak bekerja, maka Sapiosexual juga menyukai tantangan apalagi yang tidak mudah diselesaikan.

Bagi para sapiosexual, berkencan dengan memecahkan teka-teki bersama bisa jadi kegiatan yang sangat-sangat menyenangkan dibanding dengan nonton film dan makan malam biasa.

Mereka menyukai tantangan yang rumit untuk bisa melihat dirinya dan pasangannya sama-sama mengeluarkan kecerdasan dan kemampuan terbaiknya.

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Penyakit Menular Seksual yang Harus Diketahui dan Dihindari!

Itu dia Moms seputar Sapiosexual dan apa saja ciri-cirinya. Semoga dapat mnemabah informasi ya!

  • https://www.healthline.com/health/different-types-of-sexuality#q-z
  • https://www.researchgate.net/publication/321640585_Some_people_are_attracted_sexually_to_intelligence_A_psychometric_evaluation_of_sapiosexuality
  • https://www.webmd.com/sex/sapiosexual-what-it-means
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/327506#sexual-identities
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait