Kesehatan Umum

18 Agustus 2021

Kaya Akan Antioksidan, Ini Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan

Meski bentuknya tidak terlihat menarik, namun sarang semut memiliki banyak manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebelum diperkenalkan dengan pengobatan modern seperti sekarang, masyarakat Indonesia sudah lama memanfaatkan tumbuh-tumbuhan di sekitar untuk dijadikan obat. Salah satu tumbuhan tersebut adalah sarang semut.

Namun, meski pengobatan modern sudah diperkenalkan, ini tidak lantas membuat pengobatan alternatif seperti penggunaan sarang semut dilupakan.

Bahkan para ahli di bidang medis kini berlomba-lomba untuk menemukan alasan mengapa pengobatan alternatif menggunakan bahan herbal seperti sarang semut bisa membawa manfaat.

Sarang semut, atau yang paling populer adalah sarang semut Papua adalah tumbuhan khas Papua yang memiliki nama Latin Myrmecodia pendans. Tanaman ini juga dikenal luas di luar negeri dengan sebutan ant nest.

Pasalnya, jika batang bonggolnya dibelah, maka akan tampak rongga-rongga tak beraturan pada bagian dalamnya. Ini karena tanaman ini memang merupakan sarang atau tempat tinggal koloni semut.

Jika Moms ingin tahu apa saja nutrisi yang ada di dalam sarang semut Papua dan manfaatnya untuk kesehatan, maka Moms harus menyimak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Benarkah Obat Kuat Herbal di Apotik Ampuh? Ini Penjelasannya!

Kandungan Nutrisi Sarang Semut Papua

sarang semut

Foto: lemonilo.com

Faktanya, sarang semut Papua termasuk langka, mereka umumnya bisa ditemukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi, seperti Jayawijaya, Tolikara, Puncak Jaya, Gunung Bintang dan Paniai.

Di Papua sendiri khususnya Wamena, penduduknya telah mengonsumsi tumbuhan herbal ini sejak 1950-an.

Umumnya tanaman herbal ini dikonsumsi dengan diolah sebagai campuran bubur. Ia juga bisa direbus dan air rebusannya diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun untungnya kini tanaman herbal ini semakin mudah ditemukan dalam bentuk kering.

Mengutip artikel dari My Cancer Place, Dr M. Ahkam Subroto, Peneliti Ahli LIPI mengungkapkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman herbal ini adalah flavonoid, tanin, dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Tak hanya itu, dalam sarang semut juga ditemukan kandungan yang bermanfaat, seperti tokoferol, magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, natrium, dan seng.

Baca Juga: Mengenal Fenugreek, Tanaman Herbal yang Mengesankan

Manfaat Sarang Semut

manfaat sarang semut

Foto: klikdokter.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat sarang semut yang perlu Moms ketahui:

1 . Mengatasi Darah Tinggi

Sarang semut Papua memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah, yang mana ini akan membantu menghindarkan Moms dari tekanan darah tinggi.

Darah tinggi ini bisa dengan mudah muncul saat terjadi penggumpalan darah.

Manfaat sarang semut di sini datang dari kemampuannya dalam menjaga darah agar tetap encer.

Tak hanya flavonoid, tanaman ini juga bisa mengandung senyawa tokoferol yang terbukti ampuh mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi bisa diatasi.

2. Mengobati Kanker

Salah satu manfaat sarang semut yang juga sering sudah sangat terkenal adalah mengobati kanker. Seperti yang Moms tahu, penyakit kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti dan bisa berakhir fatal jika tidak ditangani dengan benar.

Namun, pengobatan kanker yang mahal dan efek samping pengobatannya juga bisa menambah masalah.

Untuk itu, sarang semut masih terus diteliti khasiatnya dalam melawan berbagai penyakit kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker prostat, bahkan kanker darah. Ini karena kandungan flavonoid di dalamnya diyakini mampu memusnahkan tumor.

Mengutip Pharmacognosy Review, flavonoid tertentu seperti yang ada dalam sarangs emut dapat membantu menghentikan sel kanker berkembang biak.

Jadi memasukkan makanan dengan flavonoid dan menjaga pola makan yang sehat dapat menurunkan risiko terkena kanker tertentu.

3. Mengatasi Diabetes

Tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk mereka yang mengidap diabetes karena mereka akan bekerja dengan cara menurunkan insulin.

Tak hanya itu saja, kemampuan sarang semut untuk membantu pengobatan diabetes juga datang karena kemampuannya untuk memulihkan fungsi organ tubuh, khususnya organ pankreas.

Berkat khasiat ini, maka pankreas bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula darah bisa diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh sel-sel di dalam tubuh.

Baca Juga: Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak

4. Menyehatkan Jantung

Jantung adalah salah satu organ yang sangat penting karena ia bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Dari organ tersebut, banyak timbul penyakit yang bisa berbahaya, seperti hipertensi, stroke, dan jantung koroner.

Mengutip Journal of Translational Medicine, dengan konsumsi sarang semut yang kaya akan flavonoid, maka ini akan mengurangi risiko sakit jantung.

Selain itu, mineral, kalium, dan kalsium tinggi yang ada di dalamnya juga akan membantu menangani berbagai gejala penyakit jantung.

Moms hanya perlu mengonsumsi air dari rebusan sarang semut secara rutin, dua kali sehari dan Moms akan merasakan sendiri manfaatnya.

5. Mengatasi Rematik

Rematik adalah salah satu penyakit autoimun yang cukup sering menyerang orang dalam usia lanjut. Penyakit ini terjadi saat sistem kekebalan imun malah menyerang sel sehat di dalam tubuh.

Untungnya kandungan flavonoid yang ada dalam sarang semut bisa membantu menghambat enzim xanthine sehingga baik untuk mengobati penyakit rematik.

Selain itu, kandungan antioksidan dan tokoferol atau vitamin E dalam sarang semut juga bisa bekerja sangat baik untuk mengobati penyakit rematik.

6. Menambah Stamina

Aktivitas sehari-hari yang padat jelas akan sangat menguras energi. Oleh karena itu, Moms harus banyak mengonsumsi makanan yang tinggi energi supaya bisa menggantikan stamina yang hilang.

Moms bisa memanfaatkan sarang semut untuk mengembalikan stamina.

Manfaat sarang semut ini datang karena ia mampu memaksimalkan penyerapan kalsium dan mampu membentuk energi yang besar. Jadi, Moms tidak perlu lagi minum minuman energi yang banyak mengandung pemanis buatan.

Sekarang Moms bisa minum air rebusan sarang semut untuk menambah stamina saat hendak atau setelah melakukan aktivitas berat.

Baca Juga: Jangan Dilakukan Sembarangan, Ini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga!

Cara Mengolah Sarang Semut

cara mengolah sarang semut

Foto: deherba.com

Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms bisa mencoba cara mengolah sarang semut yang mudah saja.

Moms bisa mengambil sarang semut kira-kira 200 gram dan segera direbus dengan air 3 liter hingga mendidih kemudian disaring lalu diminum secara rutin selama satu bulan.

Sementara itu, cara meracik sarang semut yang masih dalam bentuk sarang (kering), yaitu potong kecil tanpa menggunakan alat bantu atau pakai tangan saja.

Setelah itu, masukan ke dalam blender dan haluskan. Setelah itu, Moms bisa masukan ke wadah bersih.

Saat mengonsumsi sarang semut, Moms juga dianjurkan banyak meminum air putih serta mengonsumsi makanan yang bergizi agar khasiatnya semakin maksimal.

Moms juga tetap perlu memerhatikan dosis untuk anak-anak usia di bawah 10 tahun. Umumnya Moms hanya perlu memberikannya setengah takaran dewasa saja.

Berikut ini dosis penggunaannya untuk orang dewasa:

  • Untuk Penyembuhan: minum air hasil rebusan tersebut secara teratur 2 hingga 3 kali sehari hingga sembuh dan setiap takaran obat hanya untuk satu kali pemakaian.
  • Untuk Pencegahan: Moms dapat meminumnya secara teratur 1 hingga 2 kali saja seminggu agar tetap sehat dan bugar.

Itulah beberapa manfaat sarang semut dan cara pengolahan sarang semut. Namun jika Moms hendak mengonsumsinya, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter mengenai keamanan dan dosis yang tepat.

Dokter mungkin punya saran khusus saat Moms mengonsumsi obat-obatan alternatif dan mereka yang lebih tahu cara tepat untuk mengatasi masalah kesehatan yang Moms alami.

  • http://www.mycancerplace.com/ant-nest-herbs.html
  • https://www.healthline.com/health/what-are-flavonoids-everything-you-need-to-know#health-benefits
  • https://translational-medicine.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12967-015-0573-2
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3210013/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait