Kesehatan

19 April 2021

5 Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Ampuh

Apa yang baik dikonsumsi saat pagi hari supaya berat badan ideal?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Sarapan pagi untuk diet sering kali diabaikan dan disalahartikan. Banyak yang menganggap bahwa dengan tidak mengonsumsi sarapan pagi, maka diet akan lebih mudah untuk dilakukan.

Hal tersebut ternyata salah, Moms. Jika Moms berpikir lebih mudah untuk tidak mengonsumsi sarapan pagi karena bisa memotong kalori, Moms perlu berubah pikiran.

Sarapan pagi untuk diet adalah kunci dari keberhasilan program penurunan berat badan itu sendiri. Karena dengan sarapan, Moms akan mendapatkan sejumlah energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Mengonsumsi sarapan pagi untuk diet sendiri bisa membuat keinginan untuk ngemil jadi lebih terkontrol. Karenanya, diet untuk sarapan pagi bisa dijadikan kunci kesuksesan.

Baca Juga: 5 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil yang dan Mudah Dibuat

Sarapan Pagi untuk Diet yang Sukses

sarapan pagi untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Namun sayangnya, masih ada sebagian orang yang menganggap bahwa untuk mengurangi berat badan harus melewatkan sarapan.

Padahal seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, sarapan pagi untuk diet yang sukses sangat diperlukan dan bisa dijadikan trik agar bobot turun lebih stabil.

The Association of UK Dietitians menuliskan tentang mulailah hari dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Orang-orang yang mengonsumsi sarapan pagi secara rutin lebih mudah untuk mengontrol berat badannya dan lebih langsing dari mereka yang tidak atau selalu melewati sarapan.

Moms juga perlu makan 3 kali dalam sehari seperti orang pada umumnya. Meski demikian, Moms perlu memerhatikan asupan yang dikonsumsi tubuh ya.

Cobalah untuk menyantap makanan dengan gizi seimbang dan juga hanya mengonsumsi makanan di waktu yang sudah ditentukan.

Jika Moms merasakan lapar yang tak tertahankan, mengonsumsi snack pun diperlukan. Snack seperti buah-buahan dengan serat tinggi bisa membantu dalam program diet yang sedang dijalani.

Baca Juga: Resep Gyeran Jjim, Telur Kukus Ala Korea yang Bisa Jadi Sarapan Sehat Anak

Perlu diingat, diet bukan berarti Moms harus membuat perut lapar secara konstan ya! Yang paling penting adalah mengganti nutrisi makanan menjadi lebih seimbang dan mengimbanginya dengan olahraga.

Tak sampai sana, Moms! Selain sarapan untuk diet juga baik, menyantap makanan bergizi di pagi hari pun diyakini bisa membantu menurunkan risiko berbagai macam penyakit mulai dari diabetes, kardiovaskular, serta kemungkinan kegemukan atau obesitas.

Lalu, kenapa sarapan untuk diet sangat penting?

Seperti yang sudah disebutkan, ketika Moms sarapan, tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Jadi, keinginan untuk ngemil pun bisa berkurang dengan drastis.

Hal tersebut terjadi karena tubuh sudah mendapatkan asupan yang cukup dari kegiatan sarapan pagi untuk diet tadi. Kalori, protein, dan serat yang sudah dikonsumsi menekan nafsu makan hingga waktu makan selanjutnya.

Nah, bagi yang tidak sarapan pagi, biasanya malah akan merasa lebih cepat lapan padahal belum waktunya makan siang.

Hal tersebut wajar terjadi karena tubuh belum mendapatkan asupan apapun. Nah, sekarang Moms sudah paham pentingnya sarapan pagi untuk diet bukan?

Baca Juga: Coba 4 Menu Sarapan Sehat untuk Anak Ini Yuk Moms!

sarapan pagi untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Usai mengetahui pentingnya sarapan pagi untuk diet, kini Moms perlu mengetahui Bagaimana caranya? Yuk intip menu sarapan sehat untuk menurunkan berat badan dengan alami!

1. Raspberry

Raspberry ternyata bisa menjadi menu sarapan pagi untuk diet yang sehat lho, Moms! Diketahui secangkir raspberry memiliki delapan gram serat di dalamnya. Jumlah ini dua kali lebih besar dari serat yang ada dalam stroberi dan kacang-kacangan.

Penelitian terbaru dari Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi serat dalam jumlah tinggi akan mencegah kenaikan berat badan dan mendorong penurunannya hingga 2 kg per bulan.

Oleh karena itu, konsumsilah 100 gram raspberry murni dalam bentuk smoothie. Nikmati segelas smoothie raspberry saat ngemil di pagi hari pukul 10 dan sore hari pukul 4.

Moms juga bisa menambahkan yogurt untuk rapsberry sebagai menu sarapan pagi untuk diet. Namun jangan memakai yogurt yang memiliki rasa ya sebagai menu sarapan pagi untuk diet. Karena yogurt tersebut mengandung gula yang malah bisa membuat tubuh semakin gemuk.

Selain raspberry, Moms juga bisa mengonsumsi variasi buah berries yang lain seperti blueberry dan juga blackberry. Buah-buahan di atas rendah kalori dan mengandung nutrisi penting sebagai pendukung sarapan pagi untuk diet.

Dalam sebuah penelitian ditemukan 12 perempuan yang mengganti camilan sore tinggi gula dengan 1 porsi buah berry bisa mengurangi asupan kalori di kemudian hari dengan rata-rata 133 kalori.

Wah bayangkan jika ini dilakukan dengan konstan? Moms bisa memotong kalori lebih banyak sehingga tubuh impian akan bisa dimiliki dalam waktu yang relatif leih cepat.

Baca Juga:9 Cara Mengonsumsi Buah Bit untuk Menu Makanan yang Enak

2. Oatmeal

sarapan

Foto: Orami Photo Stock

Makanan sehat ini akan membantu menurunkan berat badan dengan dua cara. Pertama, sarapan oatmeal setiap pagi akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga Moms tidak akan tergoda ngemil makanan lainnya.

Kedua, menurut penelitian dari jurnal yang berjudul Oatmeal-Containing Breakfast is Associated with Better Diet Quality and Higher Intake of Key Food Groups and Nutrients menuliskan sarapan oatmeal tiga jam sebelum olahraga akan membantu membakar kalori lebih banyak sehingga lemak dalam tubuh juga ikut berkurang.

Kalau tidak suka dengan oatmeal biasa, Anda bisa menambahkan potongan buah segar seperti kiwi, stroberi, atau apel untuk membuatnya semakin lezat. Mengonsumsi 30 gram oatmeal saat sarapan dapat membantu menyuplai kebutuhan energi di pagi hari.

Yup, seperti yang sudah dibahas bahwa oatmeal memang baik untuk tubuh. Oatmeal adalah asupan rendah kalori yang cocok dijadikan menu sarapan pagi diet.

Menu sarapan pagi diet ini bisa dijadikan sumber beta glukan yang sangat baik. Beta glukan adalah sejenis serat yang terbukti bisa memengaruhi berbagai macam fungsi tubuh mulai dari fungsi kekebalan hingga kesehatan jantung

Baca Juga: Ketahui Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Ampuh Atasi Jerawat!

3. Yoghurt

Sudah bukan rahasia lagi kalau yoghurt memang berperan penting dalam mengontrol berat badan. Bahkan New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makanan ini termasuk dalam ‘Top 5 Food for Weight Loss’.

Namun, saat belanja yoghurt, pilih plain yoghurt saja, ya, karena bebas gula dan kalorinya tidak akan mengganggu berat badan. Tambahkan buah segar agar rasanya lebih nikmat. Anda dapat mencampur yoghurt ke dalam smoothie maupun disantap langsung sebagai cocolan dengan buah-buahan segar.

Sama seperti makanan sarapan pagi untuk diet sebelumnya, yogurt pun dinilai memiliki nilai protein yang tinggi yang sangat penting dalam program penurunan berat badan.

Yogurt pun memiliki fungsi untuk membuat tubuh Moms merasa cepat kenyang. Tak hanya itu, rasa kenyang yang diciptakan oleh yogurt pun bisa bertahan lebih lama.

Yogurt mampu mempercepat metabolisme tubuh serta membantu meningkatkan massa otot.

4. Telur

sarapan pagi untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Telur merupakan sumber protein yang sangat bagus bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, sarapan telur di pagi hari akan membuat perut kenyang lebih lama. Telur rebus mengandung 77 kalori.

Sajikan 3 butir telur dengan salad segar di pagi hari. Hal ini tentu saja mengakibatkan berat badan stabil atau bahkan menurun karena Anda tidak makan berlebihan.

5. Grapefruits

Jenis buah ini adalah salah satu menu sarapan untuk diet yang juga ampuh membantu penurunan berat badan lebih cepat nih, Moms!

Grapefruits sendiri terkenal dengan kalorinya yang rendah. Si buah jeruk bali merah ini pun memiliki kandungan serat serta air yang tinggi. Keduanya diketahui bisa sangat memberikan manfaat bagi program penurunan berat badan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu, partisipan yang mengonsumsi jeruk bali merah ini mengalami penurunan berat badan kira-kira sebanyak 1,6 kg. Penurunan tersebut 5 kali lebih banyak daripada kelompok partisipan yang tak melakukannya.

Jadi, menambahkan irisan jeruk bali merah dan ditambahkan oatmeal beserta buah berries dalam menu sarapan pagi untuk diet adalah ide yang cemerlang kan, Moms!

Namun jika Moms sedang dalam pengobatan, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi jeruk bali merah.

Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis obat bisa memberikan efek samping ketika dikonsumsi bersamaan dengan buah ini.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait