Kesehatan

15 Mei 2021

Sariawan di Lidah, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak hanya di dalam mulut dan bibir, sariawan di lidah juga dapat terjadi. Bagaimana mengatasinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Kondisi sariawan di lidah memang umum terjadi dan dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, tapi memang membuat rasa tidak nyaman.

Sariawan di lidah juga dapat menyerang siapa saja, tetapi pada beberapa orang tertentu akan jauh lebih rentan untuk mengalaminya.

“Kami biasanya melihat sariawan pada anak-anak yang sistem kekebalannya masih berkembang atau pada orang dewasa yang lebih tua, dimana sistem kekebalan mereka mulai menurun. Orang yang memiliki kondisi yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh juga lebih rentan mengalami sariawan,” ungkap Tony Reisman, dokter spesialis THT dari Cleveland Clinic.

Rasa nyeri akibat sariawan di bagian lidah tentu membuat rasa tidak nyaman, terutama saat sedang makan. Sebenarnya apa saja penyebab sariawan di lidah dan bagaimana cara cepat mengatasinya?

Baca Juga: Yuk Kenali 7 Penyebab Sariawan

Kenali Penyebab Sariawan di Lidah

Moms, ada beberapa penyebab sariawan di lidah yang dapat membuat rasa tidak nyaman. Tidak semua penyebab sariawan juga dapat dicegah.

Untuk itu, dilansir dari Better Health Channel, simak penyebab sariawan di lidah, yaitu:

1. Alami Infeksi Virus dan Bakteri

Alami Infeksi Virus dan Bakteri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu penyebab sariawan di lidah yang sering terjadi, yaitu karena infeksi virus dan bakteri. Biasanya, bakteri yang berperan yaitu Helicobacter pylori.

Bakteri ini paling sering menyebabkan sariawan di daerah mulut dan lidah. Perlu Moms pahami, bakteri ini juga yang menjadi penyebab herpes.

2. Luka di Lidah

Luka di Lidah.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Pernahkah Moms secara tidak sengaja menggigit lidah ketika sedang makan? Nah, ini juga bisa menjadi sariawan di lidah, lho. Mengapa demikian?

Akibat gigitan yang tidak sengaja ini bisa menimbulkan luka ringan, yang pada akhirnya akan berkembang menjadi sariawan.

Tidak hanya karena akibat gigitan tidak sengaja, luka di lidah bisa terjadi ketika Moms menyikat gigi terlalu keras hingga menyebabkan luka dan sariawan. Seseorang yang memakai kawat gigi juga rentan mengalami sariawan di lidah yang disebabkan saat menyikat gigi terlalu keras.

Perlu Moms pahami, penggunaan obat kumur dengan bahan antiseptik yang kuat juga dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Nah, pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan sariawan di lidah yang cukup mengganggu.

Baca Juga: Cari Tahu Gejala dan Penanganan Sariawan Pada Bayi

3. Adanya Jamur Berlebih di Mulut

Adanya Jamur Berlebih di Mulut.jpg

Foto: nhs.uk

Salah satu penyebab sariawan di mulut, termasuk pada bagian lidah yang umum terjadi, yaitu karena pertumbuhan jamur Candida albians yang berlebihan.

Sebenarnya jika jumlahnya kecil, keberadaan jamur tersebut yang hidup di dalam mulut bukan masalah, karena umumnya tidak berbahaya.

Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, bakteri menguntungkan yang aa di dalam tubuh akan membantu menjaga jamur Candida albicans terkendali.

Namun, ketika sistem kekebalan tubuh seseorang sedang terganggu atau keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh terganggu, jamur tersebut bisa berkembang di luar kendali. Hal ini yang akhirnya menyebabkan orang sedang sakit pun juga rentan terkena sariawan di lidah.

4. Faktor Makanan Tertentu

Faktor Makanan Tertentu

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, ada hubungannya antara makanan yang dikonsumsi dan penyebab sariawan di lidah. Lidah bisa mengalami iritasi ketika Moms mengonsumsi makanan tertentu yang ternyata membuat lidah sensitif.

Contohnya, yaitu makanan pedas dan asam adalah salah satu contohnya. Selain itu, makanan atau minuman yang terlalu panas juga bisa membuat lidah iritasi hingga berakibat pada sariawan.

Untuk itu, sebaiknya Moms berhati-hati saat sedang mengonsumsi jenis makanan tertentu dan pastikan tidak mengonsumsi makanan yang terlalu panas, ya!

5. Bahan Kimia pada Pasta Gigi atau Obat Kumur

Bahan Kimia pada Pasta Gigi atau Obat Kumur

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sariawan di lidah berikutnya, yaitu karena adanya bahan kimia pada pasta gigi atau obat kumur yang Moms gunakan. Bahan kimia seperti SLS atau Sodium Lauryl Sulfate yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur juga bisa, lho, Moms menyebabkan sariawan.

Pada beberapa orang tertentu, bahan kimia SLS dapat membuat sensitif bagian lidah dan membuat luka iritasi. Karena itulah sebelum memakai produk pabrikan, kenali dulu bahan-bahannya apakah termasuk aman untuk digunakan oleh Moms.

Baca Juga: Bahaya Kandungan Albothyl untuk Sariawan, Dapat Menyebabkan Kanker

6. Sedang Melakukan Pengobatan Tertentu

Sedang Melakukan Pengobatan Tertentu

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sariawan di lidah berikutnya, yaitu rentan menyerang mereka yang sedang melakukan pengobatan tertentu.

Pada pasien yang sedang melakukan perawatan kanker, termasuk kemoterapi dan terapi radiasi, juga termasuk orang yang rentan terhadap sariawan dan infeksi lainnya.

Hal ini terjadi karena proses pengobatan tersebut dapat merusak atau membunuh sel-sel sehat. Kondisi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti leukemia dan HIV, juga meningkatkan risiko sariawan, termasuk sariawan di lidah.

7. Perubahan Hormonal

Perubahan Hormonal.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bagi wanita, beberapa kondisi yang berkaitan dengan perubahan hormon ternyata dapat menyebabkan sariawan di lidah. Misalnya, menjelang menstruasi atau terjadi pada masa kehamilan. Apa yang menjadi penyebabnya?

Dipercaya bahwa kadar progesteron yang tinggi membuat jaringan mukosa mulut membengkak, sehingga memicu pertumbuhan bakteri berbahaya dan memengaruhi fungsi kekebalan tubuh.

Produksi kolagen juga terhambat yang mengurangi kemampuan jaringan untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Nah, ketika sistem kekebalan tubuh melemah dan terjadi pertumbuhan bakteri pada mulut, maka Moms rentan untuk mengalami sariawan di lidah.

8. Mengalami Penyakit Tertentu

Mengalami Penyakit Tertentu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pada beberapa kondisi, ternyata sariawan di lidah dapat menjadi gejala dari penyakit tertentu. Kondisi ini terjadi apabila sariawan di lidah yang dialami tidak kunjung sembuh, atau justru bertambah banyak dari hari ke hari, ya, Moms.

Dilansir dari National Health Service (NHS-UK), berikut ini beberapa penyakit yang dapat ditandai dengan sariawan di lidah, yaitu:

  • Flu Singapura. Kondisi ini dapat dialami oleh Si Kecil yang masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain sariawan di lidah, flu Singapura dapat menyebabkan ruam pada tangan dan kaki.
  • Lichen Planus Oral. Penyakti ini dapat menyebabkan pola putih berenda di dalam pipi.
  • Penyakit Crohn, Celiac, atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Beberapa penyakit ini sama-sama memengaruhi sistem pencernaan tubuh.
  • Sistem kekebalan yang melemah, terjadi mereka yang mengidap HIV atau lupus.

Selain itu, sariawan di lidah juga dapat terjadi bagi mereka yang kekurangan vitamin zat besi atau vitamin B12. Sariawan di lidah juga dapat terjadi pada mereka yang sedang mengalami tingkat stres yang tinggi.

Sudah cukup jelas, kan Moms tentang penyebab-penyebab sariawan yang ada di lidah? Penyebabnya sudah, lantas bagaimana cara mengatasi sariawan di lidah? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Baca Juga: Lidah Bayi Putih, Akibat Susu Atau Sariawan?

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi sariawan pada lidah sebenarnya cukup mudah. Jadi, Moms tidak perlu khawatir jika mengalami sariawan di lidah. Jika sariawan termasuk yang ringan, sariawan tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Maka dari itu, Moms tidak memerlukan obat untuk menghilangkannya.

“Anda bahkan mungkin tidak memerlukan diagnosis karena sariawan sering hilang dengan sendirinya begitu Anda menghentikan apa pun yang menyebabkan masalahnya,” jelas dr. Tony Reisman.

Beliau juga merekomendasikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dengan baik selama sariawan masih ada di lidah dan tunggulah selama tiga hingga empat minggu untuk melihat apakah sariawan di lidah dapat sembuh dengan sendirinya.

Kapan Moms sebaiknya harus khawatir dengan kondisi sariawan di lidah?

Hal ini terjadi ketika sariawan di lidah disertai dengan infeksi, ada baiknya Moms segera berkonsultasi dengan dokter secepatnya. Biasanya dokter akan memberikan resep obat berupa antibiotik atau anti peradangan untuk mengatasi sariawan di lidah tersebut.

Baca Juga: Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan 5 Bahan Alami

Bagaimana Cara Mencegah Sariawan di Lidah?

Bagaimana Cara Mencegah Sariawan di Lidah?

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang diungkapkan di atas, sebagian penyebab sariawan di lidah umumnya tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mengurangi risiko mengalami sariawan di lidah, yaitu:

  • Menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan tidak terburu-buru untuk mengurangi risiko munculnya luka di lidah.
  • Jaga tubuh terhidrasi dengan baik, yaitu minum air putih yang cukup setiap harinya sesuai kebutuhan. Tambahkan asupan cairan apabila melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat berlebih.
  • Terapkan pola makan yang seimbang dan bergizi. Jika perlu, Moms juga dapat mengonsumsi suplemen tambahan.
  • Selalu pastikan bahwa Moms memiliki kondisi medis yang terkontrol dengan baik.

Itulah penjelasan yang dapat Moms pahami tentang sariawan di lidah. Jadi, tidak perlu bingung dan khawatir lagi, ya!

  • https://www.nhs.uk/conditions/mouth-ulcers/
  • https://www.sofy.in/blog/period-guide/pre-menstrual-syndrome/why-do-girls-get-mouth-ulcers-during-periods/
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/mouth-ulcers#symptoms-of-mouth-ulcers
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait