Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Balita | Jan 9, 2018

Sebelum Balita Melakukan 4 Hal Berbahaya Ini, Ajarkan Terlebih Dahulu Cara yang Aman

Bagikan


Walau sudah sering mengajak balita ke tempat permainan, tetap saja terselip rasa khawatir terjadi kecelakaan yang bisa melukai si kecil. Demi menjamin keselamatan, orang tua biasanya jadi memilih melarang bermain atau sengaja menjauhkan anak dari berbagai hal berbahaya untuk balita lainnya.

Langkah tersebut memang sudah baik, tapi mengajarkan balita tentang berbagai jenis resiko dan bahaya serta antisipasinya juga tak kalah penting, agar balita bisa bertindak dan bereaksi dengan cepat saat menghadapi bahaya. Mau tahu apa saja hal berbahaya untuk balita yang harus Moms ajarkan pada buah hati?

1. Memanjat Pohon

anak memanjat pohon, pentingnya memberitahu balita hal berbahaya

squarespace.com

Bagi balita yang memiliki rasa penasaran sangat besar, pohon di halaman depan rumah pun bisa terlihat seperti arena petualangan yang menakjubkan. Jangan kaget kalau balita akan mencoba memanjat pohon hingga ke puncak tanpa menyadari adanya resiko ia akan terjatuh dari ketinggian.

Meski begitu, jangan larang balita saat ingin memanjat pohon ya, Moms. Lebih baik ajari cara memanjat pohon dengan aman sambil menggunakan alat pengaman tambahan seperti helm dan sepatu.

Meski terlihat sebagai hal berbahaya untuk balita, bila didampingi dan dilakukan dengan benar, aktivitas ini bisa menjadi cara untuk menumbuhkan semangat pantang menyerah dalam diri balita.

2. Bermain Kembang Api

100waystochangetheworld.com

Bermain kembang api tentu sangat berisiko bukan? Sedikit saja melakukan kesalahan, balita bisa terkena luka bakar atau kulit melepuh. Tapi dibalik semua resiko bermain kembang api tadi ternyata ada manfaat yang dapat membantu balita tumbuh lebih kuat dan pintar lho, Moms.

Dengan mengajarkan balita cara bermain kembang api dengan benar, secara tidak langsung Moms juga membekalinya dengan pengetahuan mengenai bahaya api dan panas.

Selain akan membantunya belajar menggunakan barang secara benar serta sesuai dengan peruntukannya, balita juga jadi mengerti pentingnya berhati-hati serta bertanggung jawab terhadap keselamatannya sendiri.

Baca Juga : Bahaya! Jauhkan 5 Benda Ini dari Si Kecil

3. Menggunakan Gunting & Pisau

anak menggunakan gunting dan pisau, hal berbahaya untuk anak

ilslearningcorner.com

Moms pasti sudah berulang kali mengingatkan kalau gunting dan pisau bukanlah mainan, karena dapat melukai bila tidak digunakan dengan benar. Tapi apa Moms sudah pernah mengajarkan buah hati cara menggunakan gunting dan pisau dengan benar?

Manfaatkan gunting dan pisau mainan untuk mengajarkan balita tentang bahaya yang mungkin terjadi bila ia sembarangan menggunakannya. Jangan lupa ingatkan buah hati bahwa ia harus selalu didampingi oleh orang dewasa saat akan menggunakan gunting serta pisau.

4. Bertelanjang Kaki

anak bertelanjang kaki

wallstreetjournal.com

Melihat balita bermain di luar rumah tanpa alas kaki, pasti Moms merasa khawatir si kecil tertusuk benda tajam atau terluka karena benda berbahaya lainnya, kan? Eits, tapi jangan buru-buru melarang balita bermain dengan bertelanjang kaki ya, Moms.

Ternyata, bertelanjang kaki dapat membuat otot dan kaki balita menjadi lebih kuat, sehingga postur tubuhnya juga akan menjadi semakin baik. Selain itu, jangan lupa mengajarkan balita untuk tetap fokus saat melangkah dengan melihat apa yang ada di jalannya.

Nah, untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, tentu saja beraktivitas dengan bertelanjang kaki tak boleh dilakukan di sembarang tempat. Jadi lebih baik pilih tempat yang aman seperti taman atau halaman depan rumah.

Mengajarkan hal berbahaya pada balita memang memiliki resiko yang tinggi, tapi dengan tetap mengutamakan keamanan, resiko bisa dikurangi dan balita jadi mendapat pelajaran yang sangat berarti. Apa Moms sudah pernh mengajarkan hal berbahaya seperti di atas pada si kecil?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.