Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | May 23, 2018

Seberapa Banyak Susu Formula yang Dibutuhkan Bayi?

Bagikan


Bukan hanya soal merawat bayi, memberikan susu formula kepada bayi pun membutuhkan perhatian ekstra dari para orang tua.

Menentukan takaran susu formula yang perlu diberikan kepada bayi perlu perhitungan yang matang. Mengingat lambung bayi masih sangat kecil, jumlah susu formula yang perlu dikonsumsi pun pasti juga terbatas.

Tanda Bayi Lapar 

susu formula untuk anak, memberikan susu formula untuk anak

Saat bayi merasa lapar atau haus, umumnya mereka akan menunjukkan gerakan-gerakan berikut ini :

1. Menggerakkan bibirnya menuju benda yang menempel di pipinya

2. Menghisap jari, selimut, baju dan segala sesuatu yang ada di sekitarnya

3. Membuka mulut sambil menggeleng-gelengkan kepala seperti mencari sesuatu

4. Menangis (ada banyak macam tangisan bayi, Moms akan terbiasa mengenal tangisan yang menandakan bahwa dia sedang lapar)

Ketika Moms mendapati tanda-tanda tersebut, segeralah memberikan minum pada si Kecil atau tangisnya akan semakin menjadi nantinya.

Baca Juga : Apakah Susu Formula Mahal Tentukan Kecerdasan Anak?

Aturan Porsi Susu Untuk Si Kecil

aturan porsi susu untuk anak, susu formula anak

Tapi ingat lho Moms, memberi minum si Kecil itu punya aturan tersendiri. Besarnya porsi yang dibutuhkan bisa Moms sesuaikan dengan usia dan berat badan bayi untuk menghindari kondisi kelebihan atau kekurangan nutrisi.

Jumlah susu formula yang perlu diminum oleh bayi bisa diukur dengan cara: berat badan bayi dikalikan 2 untuk mengetahui jumlah terendah susu yang dibutuhkan.

Setelah itu berat badan bayi dikalikan 2,5 untuk mendapatkan jumlah susu terbanyak yang diperlukan. Misal berat badan si Kecil 10 kg :

10 kg X 2 = 20, lalu 10 kg X 2,5 = 25.

Jadi jumlah susu yang dibutuhkan bayi sekitar 20 hingga 25 ons per hari.

Jika Moms berencana memberikan susu formula kepada bayi sebanyak 6 kali dalam sehari, bagilah angka di atas menjadi 6. Moms akan mengetahui jumlah takaran susu formula setiap kali minum adalah sekitar 4 ons.

Selain mempertimbangkan berat badan, usia juga merupakan faktor penting untuk menentukan besar kecilnya takaran waktu minum. Berikut ini perhitungan jumlah susu formula yang harus dikonsumsi anak berdasarkan usianya :

a. Bayi baru lahir

Karena memiliki ukuran yang masih sangat kecil, lambung bayi belum bisa menerima banyak makanan. Moms perlu memberi minum secara bertahap sebanyak 8-10 kali dalam sehari. 1-2 ons atau sebanyak 30-60 ml sekali minum merupakan ukuran yang pas untuk bayi.

b. Usia 1 bulan

Mereka mulai membutuhkan susu 400-800 ml per hari, Moms bisa memberinya 3-4 ons atau 90-120 ml susu formula sekali minum.

c. Usia 2 bulan

120-180 ml atau 4-6 ons sekali minum merupakan jumlah yang pas untuk diberikan pada bayi selama 6-8 kali per hari.

d. Usia 3-6 bulan

Awalnya bayi membutuhkan 180-200 ml susu formula setiap 4-5 kali minum. Mulai memasuki bulan keenam, bayi akan membutuhkan susu formula sebanyak 200-220 ml setiap 3-4 kali minum.

e. Usia 6 bulan ke atas

Saat bayi mulai mengenal makanan padat, jumlah susu formula yang dibutuhkan pun mengalami perubahan. 3 botol per hari dan 200 ml sekali minum merupakan takaran yang cukup untuk diberikan kepada buah hati Moms.

Meskipun yang terpenting adalah makanan bergizi, pemberian susu formula tetap diperlukan untuk menunjang pertumbuhannya.

Beberapa jumlah takaran susu di atas merupakan jumlah rata-rata yang bisa diberikan pada bayi mungil di rumah. Tetap rutin mengonsultasikan kondisi si Kecil kepada ahli kesehatan merupakan langkah tepat untuk memberikan takaran susu formula yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan buah hati.

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.