Jalan-jalan

14 September 2017

Seberapa Pentingkah Asuransi Perjalanan?

Salah satunya adalah menanggung kerugian saat penerbangan delay!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Ada banyak jenis asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, sampai dengan asuransi perjalanan. Saat ini, mungkin jenis asuransi yang masih jarang digunakan di Indonesia adalah asuransi perjalanan. Kebanyakan dari kita beranggapan melakukan perjalanan dalam beberapa waktu tidak membutuhkan proteksi apalagi jika kita berangkat dalam keadaan tubuh yang sehat dan merasa tidak akan terjadi hal apapun saat perjalanan berlangsung. Hmm, seberapa pentingkah asuransi perjalanan ini? Berikut berapa alasan Mama wajib memiliki asuransi perjalanan:

  1. Dokumen Pendukung VISA

Salah satu alasan mengapa Mama membeli asuransi perjalanan biasanya memang terpaksa membeli karena beberapa syarat pengurusan VISA memang harus melampirkan asuransi perjalanan. Jika Mama ingin merasakan manfaat asuransi perjalanan, cobalah pilih yang keuntungannya besar. Untuk harga dari produk asuransi satu dengan yang lainnya sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda, hanya saja jika durasi Mama berkunjung cukup lama, maka premi nya semakin tinggi. Untuk itu, Mama perlu refrensi beberapa pilihan asuransi perjalanan yang tepat.

  1. Kehilangan Bagasi

Salah satu keuntungan memiliki asuransi perjalanan apabila Mama mengalami kehilangan bagasi, dan dalam waktu tertentu belum juga ditemukan, maka Mama berhak klaim asuransi. Untuk itu, biasakan membaca syarat dan ketentuan polis asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan agar Mama mengetahui berapa pertanggungan yang akan diterima.

  1. Kompensasi Keterlambatan Penerbangan (Delay)

Jika pesawat mengalami keterlambatan perjalanan sesuai dengan ketentuan polis asuransi, (pada umumnya apabila melebihi 6 jam keterlambatan), Mama berhak mendapat dana kompensasi atau bahkan perpindahan pesawat lain secara cuma-cuma.

  1. Proteksi Kesehatan

Kalau Mama berkunjung ke negara yang sebelumnya belum pernah dikunjungi dan sedang dalam musim yang cukup ektrem, seperti sedang musim salju atau musim kemarau yang cukup panjang, tidak ada salahnya menyiapkan asuransi kesehatan. Karena tubuh Mama mungkin saja tidak terbiasa dengan kondisi cuaca yang menyebabkan kesehatan Mama terganggu. Kalau Mama tidak membawa banyak uang cash, sebaiknya pilihlah asuransi yang bisa langsung diklaim di rumah sakit terdekat. Karena sistem reimburse akan memakan banyak waktu, jadi sebaiknya carilah proteksi kesehatan yang paling fleksibel.

Apakah Mama pernah merasakan manfaat dari asuransi perjalanan ini? Atau justru pernah mengalami kesulitan saat menggunakan asuransi perjalanan? Yuk berbagi pengalaman di kolom komentar.

<LMF>

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait