2-3 tahun

18 Maret 2019

Segudang Manfaat Susu Kambing untuk Balita

Selain lebih aman untuk lambung, apalagi kelebihan susu kambing untuk balita?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Prita Apresianti

Moms, pernahkah terpikirkan untuk memberikan susu kambing pada balita? Walau belum sepopuler susu sapi, kelebihan susu kambing untuk balita sebenarnya sudah banyak diakui oleh para gizi dan dokter anak.
Selain mengandung protein, kalsium, vitamin B6, vitamin A, dan potassium yang lebih banyak ketimbang susu sapi biasa, susu kambing juga memiliki kadar laktosa yang lebih rendah dari susu sapi.
Yuk, baca lebih lanjut untuk tahu lebih banyak tentang kelebihan susu kambing untuk balita.

Lebih Aman Untuk Lambung

moms, yuk coba 4 kelebihan susu kambing untuk balita 1

Photo : Smilesurfers.com

Menurut artikel yang dilansir oleh US National Park Services, susu kambing memiliki sifat alkalin yang hampir mirip dengan ASI, sehingga lebih aman untuk lambung ketimbang susu sapi yang dapat menimbulkan reaksi asam.
Selain itu, susu kambing juga sudah terhomogenisasi secara alami sehingga rasanya lebih lembut dan teksturnya tidak menggumpal.
Nah, kedua kelebihan susu kambing untuk balita tadi sangat baik untuk Si kecil yang memiliki pencernaan sensitif.

Baca Juga : 4 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Diderita Bayi

Lebih Mudah Dicerna Tubuh

moms, yuk coba 4 kelebihan susu kambing untuk balita 2


Photo : Getfarming.co.nz

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing lebih mudah dan lebih cepat dicerna karena ukuran molekul lemak yang lebih kecil dan rantai asam lemak yang lebih pendek.
Selain itu, studi yang dilakukan oleh United States Deparment of Agriculture dan Prairie View A&M University juga mengungkap kalau minum susu kambing membuat tubuh balita lebih mudah menyerap zat besi dan mineral dari makanan.
Nah, kelebihan susu kambing untuk balita ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengembalikan mineral yang hilang dari tulang pada balita penderita anemia.

Baca Juga : Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara mencegah Anemia

Mengandung Lebih Sedikit Protein Penyebab Alergi

moms, yuk coba 4 kelebihan susu kambing untuk balita 3

Photo : verywellfamily.com

Dengan kadar protein Alpha-s1-Kasein yang 89% lebih rendah dibanding susu sapi, sehingga minum susu kambing bisa jadi alternatif menyehatkan bagi balita yang sebelumnya memiliki alergi susu ringan.
Susu kambing juga memiliki kadar laktosa yang lebih rendah ketimbang susu sapi, tapi tetap tidak boleh diberikan pada balita yang memiliki kondisi intoleransi laktosa ya, Moms.

Baca Juga : Mengenal Intoleransi Laktosa dan Cara Menanganinya

Resiko Diabetes Lebih Rendah

moms, yuk coba 4 kelebihan susu kambing untuk balita 4 (1)

Photo : Yogurtnutrition.com

Dalam sebuah studi yang dalam jurnal Diabetologia, susu kambing ditemukan mengandung A2 Beta-Kasein yang lebih aman bagi tubuh.
Itulah kenapa susu kambing bisa menjadi alternatif yang lebih sehat ketimbang susu sapi yang mengandung A1 Beta-Kasein yang diduga memicu diabetes tipe 1 serta masalah kesehatan lain.


Nah, setelah melihat kelebihan susu kambing untuk balita diatas, apa Moms tertarik untuk mulai memberikannya pada buah hati?


(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait