Rupa-rupa

18 Agustus 2021

Asal Mula Sejarah Pempek Palembang, Sudah Tahu Moms?

Asal-usulnya unik dan menarik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Ketika menyantap pempek, pernah terlintas di pikiran tentang asal-usul makanan khas Palembang tersebut? Sejarah pempek hingga menjadi salah satu kuliner favorit Nusantara sangat menarik untuk diketahui lho, Moms!

Pempek yang merupakan makanan khas Sumatera Selatan, khususnya Palembang dibuat dari olahan tepung dan ikan.

Dalam penyajiannya selalu ditemani saus berwarna cokelat kehitaman yang disebut cuko atau cuka. Selain cuko, pempek juga disantap dengan hidangan pelengkap berupa irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Asal Usul dan Sejarah Pempek Palembang

sejarah pempek

Foto: Pinterest.com

Baca Juga: 3 Resep Pempek Palembang, Gampang Banget!

Pempek Palembang memiliki asal-usul yang unik. Sejarah pempek bermula dari seorang pria keturunan Tionghoa yang biasa dipanggil Apek. Beliau hidup di masa pemeritahan Kesultanan Palembang Darussalam dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin II.

Apek yang tinggal di pinggiran Sungai Musi memiliki ide untuk memanfaatkan potensi ikan yang melimpah, dengan mengolahnya menjadi makanan lain selain digulai dan digoreng.

Hingga akhirnya, Apek mengolah ikan hasil tangkapannya dengan mencampurnya dengan tepung. Mirip dengan makanan bakso yang dibawa pedagang Tiongkok ke Palembang.

Apek pun berkeliling menjual panganan hasil buatannya yang pada saat itu belum memiliki nama. Ketika ada yang membeli, mereka akan memanggil Apek dengan ujung namanya saja, yaitu "peek..peek", yang menjadi asal mula nama pempek.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa sejarah pempek melibatkan akulturasi kebudayaan kuliner dari Tiongkok.

sejarah pempek

Foto: Pinterest.com

Baca Juga: Resep Bakso Kuah yang Bergizi untuk Camilan Anak

Sementara cuko merupakan kuah resep asli Palembang yang dibuat dengan air yang dididihkan dan ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih dan garam.

Cuko khas Palembang dari dulu memiliki cita rasa yang pedas. Namun, seiring masuknya pendatang dari luar Pulau Sumatera, saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas.

Jenis-jenis Pempek dan Sejarah Pempek Kapal Selam

Pempek Palembang terdiri dari berbagai jenis, salah satu yang populer adalah pempek kapal selam. Pempek kapal selam berisi telur dan berukuran besar, sehingga difavoritkan banyak orang.

Sejarah Pempek Kapal Selam

sejarah pempek

Foto: Pinterest.com

Baca Juga: 5 Resep Pempek Dos Gurih Tanpa Ikan

Penamaan pempek kapal selam tergolong baru lho, Moms! Masyarakat Palembang umumnya menyebutnya pempek telok besak, yang berarti pempek dengan telur besar.

Nama kapal selam sendiri diambil dari cara mengolahnya. Ketika adonan sudah jadi, akan direbus di dalam air panas. Saat dimasukkan ke dalam air, pempek akan tenggelam ke dasar wadah. Lalu, setelah matang akan mengapung di permukaan.

Proses tenggelam dan mengapung seperti kapal selam inilah, sehingga jenis pempek satu ini disebut pempek kapal selam.

Oh ya, dalam membuat pempek kapal selam memerlukan keahlian lho. Pempek kapal selama dibuat dengan membentuk kantung menyerupai huruf D. Kemudian, telur mentah dimasukkan ke dalamnya.

Kulit adonan harus tertutup rapat dan tidak boleh terlalu tipis agar telur di dalamnya tidak keluar, yang bisa menyebakan proses pembuatan jadi gagal.

Jenis-Jenis Pempek Palembang

sejarah pempek

Foto: Faktualnews.co

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Lezatnya Tak Perlu Diragukan!

Berikut adalah varian pempek Palembang lainnya, selain pempek kapal selam:

  • Pempek Lenjer

Pempek lenjer memiliki bentuk bulat memanjang seperti sosis. Jenis pempek ini juga digunakan untuk membuat laksan, kuliner khas Palembang.

  • Pempek Adaan

Pempek adaan memiliki bentuk bulat yang proses pembuatannya menggunakan air santan dan bawang.

  • Pempek Keriting

Bentuk pempek ini seperti bola mie keriting. Proses pembuatannya cukup rumit, karena harus dicetak terlebih dahulu dengan pirikan/batok kelapa berlubang halus.

sejarah pempek

Foto: Instagram.com/zona.makanan

  • Pempek Kulit

Pempek Kulit adalah pempek yang terbuat dari campuran daging ikan dan kulit ikan. Bentuk pempek ini seperti kemplang yang merupakan kerupuk khas Palembang.

  • Pempek Pistel

Pempek Pistel adalah pempek yang isinya berupa pepaya muda yang diserut dan ebi yang dibumbui. Bentuk pempek ini mirip dengan kue pastel.

  • Pempek Tahu

Pempek tahu adalah perpaduan dari pempek dan tahu. Bentuknya kubus menyerupai tahu tersebut.

  • Pempek Panggang

Pempek Panggang atau disebut juga pempek tunu adalah pempek yang proses pembuatannya dengan cara dipanggang. Bentuknya bulat sedikit gepeng.

  • Pempek Lenggang

Pempek lenggang dibuat dengan mencampur adonan dengan telur bebek, kemudian dipanggang dengan cetakan yang dibuat dari daun pisang. Bentuk pempek lenggang mengikuti bentuk cetakan daun pisang yang digunakan.

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 15 Makanan Khas Sumatera Selatan

Itu dia sejarah pempek Palembang, serta jenis-jenisnya, Moms! Bisa diselipkan sebagai bahan edukasi kepada si Kecil ketika menyantap sajian pempek bersama-sama lho!

  • https://eprints.uns.ac.id/35732/1/H3114006_pendahuluan.pdf
  • https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/664/jbptunikompp-gdl-audyansyah-33199-4-unikom_a-i.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait