Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
28 April 2020

Selain Air Putih, Moms Bisa Berikan 4 Minuman Balita Ini untuk Sahur

Sebagai variasi, ibu bisa memberikan minuman ini untuk sahur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil yang mulai beranjak dewasa tidak jarang ingin ikut berpartisipasi dalam puasa. Bila sudah begini, tugas Moms pun bertambah, yaitu membuat pengaturan makanan dan minuman yang tepat untuk mendukung waktu puasa Si Kecil.

Berbicara mengenai puasa pada Si Kecil, biasanya akan sulit untuk menahan rasa haus daripada lapar. Hal ini dikarenakan Si Kecil yang sedang aktif-aktifnya. Belum lagi ditambah dengan kegiatan di sekolahnya.

Sebagai solusi, Moms harus bisa memberikan asupan cairan yang tepat untuk tubuh Si Kecil saat sahur. Dengan begitu, anak pun tidak akan merasa cepat haus. Selain air putih yang tentunya wajib dikonsumsi Si Kecil, apalagi ya minuman balita untuk sahur yang bisa membantu?

Baca Juga: Beda Karakter Anak, Beda Pula Cara Mengajarkan Puasa

Minuman Balita untuk Sahur Selain Air Putih

1. Jus Buah

jus buah orange

Foto: Orami Stock Photos

Sebagai variasi jika Si Kecil bosan hanya minum air putih saja, Moms bisa menggantinya dengan jus buah sebagai minuman balita untuk sahur. Buah-buah segar dengan kandungan serat tinggi, bagus untuk mengembalikan cairan dan elektrolit yang Si Kecil butuhkan.

Selain itu, vitamin dan antioksidan pada buah juga mampu membuat tubuh Si Kecil lebih berenergi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Perlu diketahui, hindari minuman dengan tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini cukup berbahaya karena dapat membuat Si Kecil sakit perut hingga meningkatkan asam lambung.

2. Susu

susu sahur

Foto: Orami Stock Photos

Susu terkenal sebagai minuman yang akan memberikan gizi seimbang. Selain air putih, Moms dapat memberi Si Kecil minum susu yang kaya akan protein tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang Si Kecil. Ibu bisa memilih susu biasa atau susu cokelat untuk Si Kecil, keduanya sama saja, bahkan susu cokelat mampu meningkatkan energi saat sahur.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Biasakan Balita Minum Susu di Gelas Dengan 9 Cara Ini

3. Air Kelapa Muda

kelapa muda saat sahur

Foto: Orami Stock Photos

Meski minuman satu ini mungkin sangat jarang dipilih sebagai minuman balita untuk sahur, Moms tetap bisa mencobanya. Coba berikan sedikit pada Si Kecil dan lihat reaksinya.

Tidak hanya memiliki rasa manis yang enak dan tentunya menyegarkan, Moms juga perlu tahu bahwa air kelapa mengandung karbohidrat berbentuk gula dan elektrolit. Jadi, memberikan Si Kecil air kelapa saat sahur, Si Kecil akan terlindungi dari dehidrasi.

Dilansir dari American Society of Nutrition, air kelapa muda tidak mengandung lemak dan rendah gula. Satu gelas air kelapa muda mengandung 10 gram gula alami, 600-680 mg potasium, 40-60% sodium, 6% kalsium, dan 10% magnesium.

Hal ini menjadikannya salah satu sumber minuman isotonik (elektrolit) alami dan sehat tertinggi yang berasal dari alam.

4. Alkaline Water

alkaline water

Teh tidak dianjurkan untuk diminum saat sahur, sebab teh yang manis, menyimpan fungsi yang akan membuat anSi Kecilak menjadi sering buang air kecil sehingga ia rentan dehidrasi.

Sebagai gantinya Moms bisa memilih minuman untuk menetralkan asam dalam aliran darah Si Kecil. Minuman yang mengandung alkaline dapat mengikat cairan dan bertahan lebih lama di dalam tubuh. Sehingga akan mencegah dehidrasi dan membuat Si Kecil jadi tidak mudah merasa haus saat puasa.

Ada yang mengatakan bahwa air alkali dapat membantu mencegah penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung. Namun, ada sedikit bukti yang dapat dipercaya untuk mendukung klaim tersebut, menurut Katherine Zeratsky, R.D., L.D., certified in dietetics the American Dietetic Association, pada laman Mayo Clinic.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Itulah empat jenis minuman balita untuk sahur yang baik untuk dikonsumsi. Namun jangan lupa untuk tetap berikan Si Kecil konsumsi air putih ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait