Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Aug 3, 2018

Selain Ayah, Dukungan untuk Ibu Menyusui Juga Diperlukan dari Orang-orang Ini

Bagikan


Menyusui adalah sesuatu yang terjadi secara alami, khususnya setelah seorang wanita melahirkan. Tetapi, seperti halnya mempelajari suatu hal baru, menyusui juga membutuhkan waktu, latihan dan dukungan untuk ibu menyusui dan bayinya.

Bukan hanya dari ayah, dukungan untuk ibu menyusui nyatanya juga sangat diperlukan dari orang-orang berikut ini.

1. Seluruh anggota keluarga

Menyusui akan lebih berhasil ketika seluruh anggota keluarga terlibat di dalamnya. Pasalnya, wanita lebih cenderung merasa percaya diri saat menyusui dan menyusui untuk jangka waktu yang cukup lama ketika didukung oleh keluarganya.

Sementara perempuan yang tidak didukung sering merasa lebih kewalahan dan memutuskan untuk menyapih lebih awal dari tujuan awalnya.

Ada banyak dukungan yang dapat diberikan oleh keluarga untuk ibu menyusui, seperti:

- Memberikan dorongan semangat.

- Memberi kesempatan untuk tidur atau beristirahat sebentar dengan membantu menggendong Si Kecil di antara waktu menyusui.

- Memasakkan makanan bergizi dan camilan sehat bagi ibu menyusui untuk meningkatkan energinya.

- Membantu mengurus rumah untuk mengurangi tanggung jawab ibu menyusui.

- Mengantarkan untuk konsultasi medis atau menemui dokter, jika diperlukan.

- Bantu memecahkan masalah dan menemukan solusi terkait menyusui.

Hal yang paling penting adalah ibu menyusui mendapatkan manfaat tersendiri dengan mendengar kata-kata dan ucapan selamat dari setiap saat mereka menyusui.

2. Orang-orang di lingkungan kerja ibu menyusui

Ketika sebuah perusahaan memiliki pegawai yang berstatus ibu menyusui, sudah semestinya perusahaan tersebut menyediakan waktu dan ruang yang tepat untuk menyusui atau memompa ASI.

Bukan hanya itu, tempat kerja, atasan, rekan kerja, dan semua orang yang ada di lingkungan kerja ibu menyusui memiliki peran penting dalam menyediakan lingkungan tempat kerja yang mendukung dengan fasilitas yang sesuai.

Dengan dukungan manajemen dan kebijakan yang relevan, kita pun merasa nyaman saat harus terus menyusui saat kembali bekerja.

Baca Juga: 7 Sikap Suami yang Bikin ASI Tambah Banyak

3. Orang-orang di lingkungan sosial ibu menyusui

Teman dapat menjadi pendukung yang luar biasa bagi ibu menyusui hanya dengan mendengarkan dan menawarkan bantuan yang diperlukan.

Ibu baru mungkin tidak mencari nasihat menyusui, tetapi hanya ingin ada seseorang yang mendengar tentang bagaimana rasanya menjadi ibu baru dan menyusui untuk pertama kalinya.

Berkumpul bersama ibu lain merupakan cara lain untuk mencari dukungan. Salah satu cara terbaik untuk mempelajari bagaimana seorang busui mengasuh dan merawat bayi adalah bergabung dengan kelompok dukungan di komunitas tertentu, seperti Forum Orami.

Di mana di dalamnya Moms dapat berbagi atau bertanya mengenai berbagai informasi terkait perawatan bayi hingga balita bersama ibu-ibu lainnya dari seluruh Indonesia.

4. Konsultan laktasi

Ada begitu banyak situasi yang membuat ibu menyusui akan membutuhkan dukungan dan bantuan dari konsultan laktasi.

Berbagai pertanyaan atau masalah menyusui dapat muncul sewaktu-waktu. Moms mungkin merasa kewalahan dengan semua masalah tersebut dan membutuhkan dukungan dari ahlinya.

Moms tidak seharusnya merasa sendirian dalam menghadapinya. Konsultan laktasi merupakan orang yang ideal untuk dihubungi dalam kasus-kasus semacam ini.

Baca Juga: Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

5. Publik umum

Baik saat berada di mal, bus, kolam renang, ataupun taman, semua ibu memiliki hak untuk menyusui buah hatinya di depan umum. Meminta seorang ibu yang menyusui anaknya untuk pindah atau justru melarangnya adalah diskriminasi.

Menyusui adalah cara yang normal bagi seorang ibu untuk memberi makan bayi. Seharusnya publik membantu dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung bagi ibu untuk menyusui di tempat umum.

Itulah daftar pihak yang seharusnya mendukung ibu menyusui. Intinya adalah semua orang perlu memberikan dukungan untuk ibu menyusui. Apakah selama ini Moms sudah mendapatkan dukungan sebagaimana mestinya?

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.