Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Rupa-rupa | Jul 3, 2018

Selain Gunung Agung, 6 Gunung Berapi di Indonesia Ini Juga Pernah Meletus

Bagikan


Foto: elshinta.com

Senin (2/7) malam, masyarakat di sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan bersuara keras dan lontaran batu pijar. Selasa (3/7), Gunung Agung kembali meletus. Setidaknya ada dua letusan yang terjadi di pagi hari, yakni pukul 04.13 WITA dan 09.28 WITA.

Sepekan terakhir, aktivitas vulkanik Gunung Agung memang cukup tinggi. Masyarakat sekitar Gunung Agung dan para wisatawan diminta untuk tidak berada dan beraktivitas di zona perkiraan bahaya yang berada dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

Ini bukan kali pertama Gunung Agung menunjukan aktivitas vulkanik. September hingga Desember 2017, Gunung Agung juga cukup aktif. Dampaknya, beberapa letusan sempat terjadi, penerbangan dari dan ke Bali dibatalkan, hingga jumlah wisatawan menurun drastis.

Gunung Agung bukan satu-satunya gunung berapi di Indonesia yang pernah meletus. Indonesia yang dikenal sebagai bagian dari area cincin api Pasifik memiliki banyak gunung berapi. Ini dia gunung berapi di Indonesia yang pernah meletus!

Gunung Merapi

Foto: parstoday.com

Gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta itu meletus besar pada 26 Oktober 2010.

Aktivitas seismik Gunung Merapi dimulai sejak September 2010 dengan adanya semburan abu vulkanis dan letusan-letusan kecil.

Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 353 orang tewas, termasuk Mbah Maridjan yang menjadi juru kunci Gunung Merapi.

Gunung Merapi termasuk salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Erupsi terjadi dalam kurun waktu 2-5 tahun sekali, letusan kecil terjadi tiap 2-3 tahun, dan letusan besar terjadi 10-15 tahun sekali.

Letusan yang terjadi pada 2010 merupakan letusan terbesar yang terjadi sejak 1872. Kala itu, letusan memakan korban jiwa sebanyak 273.

Gunung Krakatau

Foto: nandnur2016

Gunung Anak Krakatau yang ada sekarang merupakan gunung yang muncul setelah Gunung Krakatau meletus pada 1883. Kekuatan letusan Gunung Krakatau ini sangat kuat bahkan disebut-sebut 13.000 kali lebih besar dibandingkan dengan daya ledak bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada 1945.

Dampak ledakan Gunung Krakatau ini bukan hanya terasa di Indonesia. Australia pun merasakan guncangan gempa akibat ledakan tersebut. Kapal-kapal yang yang berlayar menuju Afrika Selatan juga sempat merasakan tsunami yang cukup dahsyat karena letusan itu. Tidak kurang dari 36 ribu orang meninggal dunia karena peristiwa tersebut.

Gunung Kelud

Foto: surabaya.bisnis.com

Gunung Kelud yang berlokasi di Jawa Timur merupakan gunung berapi paling aktif setelah Gunung Merapi. Gunung ini jadi salah satu gunung paling berbahaya karena letusannya cukup sering terjadi.

Sejak abad ke-15, Gunung Kelud telah memakan korban lebih dari 15 ribu jiwa. Di abad ke-20 hingga kini, Gunung Kelud juga menunjukan aktivitas vulkaniknya. Erupsi terakhir Gunung Kelud terjadi pada Februari 2014.

Gunung Tambora

Foto: suryatour.co.id

Erupsi Gunung Tambora pada 1815 merupakan erupsi terbesar gunung berapi dalam sejarah manusia.

Gunung yang berlokasi di Pulau Sumbawa itu memuntahkan sekitar 400 juta ton material vulkanik dan menyebabkan 100 ribu orang meninggal dunia.

Peristiwa itu juga memusnahkan beberapa kerajaan yang terletak di kaki Gunung Tambora.

Dampak letusan Gunung Tambora tidak hanya dirasakan di Indonesia. Sejumlah negara di sekitarnya juga merasakan dampak letusan gunung berapi itu.

Gunung Toba

Foto: indonesiatatler.com

Moms mungkin lebih kenal Danau Toba ketimbang Gunung Toba. Tapi, tahukah Moms kalau ternyata Danau Toba itu terbentuk dari letusan Gunung Toba.

Gunung Toba merupakan gunung berapi raksasa yang diperkirakan meletus sekitar 74 ribu tahun lalu.

Letusan Gunung Toba disebut-sebut sebagai letusan yang sangat besar. Beberapa peneliti menemukan debu riolit yang seusia dengan bebatuan Toba di Malaysia. Mereka juga bahkan menemukan debu riolit yang sama di India Tengah.

Beberapa ahli kelautan juga melaporkan telah menemukan jejak batuan Toba di Samudera Hindia dan Teluk Benggala.

Gunung Sinabung

Foto: wefornews.com

Gunung Toba bukan satu-satunya gunung berapi di Sumatera Utara, ada juga Gunung Sinabung.

Gunung yang berlokasi di Kabupaten Karo itu tercatat belum pernah meletus sejak 1600. Namun, gunung tersebut mendadak aktif kembali sejak 2010.

Pada 2013-2014, Gunung Sinabung kembali meletus dan melepaskan awas panas serta abu vulkanik. Pada 2016, Gunung Sinabung meletus dan lagi-lagi mengeluarkan awan panas.

Itulah enam gunung berapi di Indonesia yang pernah meletus. Meskipun beberapa gunung berapi itu telah mati, beberapa lainnya masih aktif dan bisa meletus kembali.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.