Tren

TREN
8 Desember 2017

Selain Harga dan Lokasi, Ini 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli Rumah

Harga murah dan lokasi bagus tak ada artinya tanpa 3 aspek berikut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Setiap tahunnya kebutuhan akan rumah terus meningkat, karena rumah juga termasuk kebutuhan pokok. Harga rumahpun semakin hari semakin tinggi. Jadi, rumah tidak hanya dijadikan tempat tinggal, tapi juga benda investasi.

Agar rumah nyaman untuk ditinggali dan bisa jadi investasi yang menjanjikan, berikut tips membeli rumah idaman agar tidak menyesal di kemudian hari:

1. Lokasi

Ketika Moms mendengar harga rumah yang cukup menggiurkan dengan desain yang cukup menarik, pasti pertanyaan yang pertama kali ditanyakan adalah lokasi. Ya, bagaimanapun promo yang ditawarkan pihak developer, Mama perlu pertimbangkan juga lokasinya.

Lokasi yang strategis biasanya dekat dengan rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, terminal atau stasiun, juga beberapa sarana umum lainnya. Lokasi yang terjangkau juga akan memudahkan Mama sehari-hari. Untuk investasipun harganya bisa lebih tinggi dalam beberapa tahun ke depan.

2. Harga

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah adalah harga. Untuk ini, Moms perlu banyak tahu jenis-jenis tipe rumah dan harga rata-rata untuk rumah di daerah yang Moms inginkan.

Sebab, tipe rumah yang sama harganya bisa jauh berbeda karena beberapa faktor. Jadi, pastikan Moms tidak tertipu dengan pihak developer yang memasang harga selangit, padahal lokasinya tidak strategis.

3. Bebas Banjir

Mama pasti tidak mau, kan, rumah impian Moms nantinya selalu terkena dampak banjir? Untuk itu, pastikan wilayah rumah yang Moms pilih bebas dari banjir.

Jangan percaya begitu saja dengan sales properti. Moms perlu cari informasi dari warga sekitar untuk masalah ini. Jika memang bebas banjir, tanyakan juga beberapa akses jalan terdekat apakah pernah terkena dampak banjir juga?

Ini sangat penting Moms. Sebab, percuma jika rumah Moms bebas banjir, tapi akses jalan berpotensi tergenang jika musim hujan. Nanti mobilitas Moms bisa terganggu.

4. Developer Terpercaya

Membeli rumah berarti Moms akan berurusan dengan pihak pengembang atau biasa disebut developer. Pastikan Moms memilih developer yang kredibilitasnya baik dan memang sudah berpengalaman.

Jika ingin mengetahui developer properti yang profesional dan terpercaya, Moms bisa mengunjungi beberapa pameran properti yang saat ini cukup sering digelar di beberapa kota besar. Biasanya pengembang yang bergabung di pameran properti seperti itu sudah pasti kredibel. Jangan lupa cari tahu juga di media online.

5. Akses Transportasi Umum

Kalau Moms seorang pegawai dan sehari-hari selalu mengandalkan transportasi umum, Moms wajib tahu akses transportasi dari rumah Moms menuju kantor. Pastikan jarak stasiun atau terminal terdekat tidak terlalu jauh.

Kalau Moms harus mengeluarkan ongkos banyak karena naik-turun kendaraan umum berbeda setiap hari, sepertinya Moms harus pikir-pikir lagi. Sebab, hal ini akan berdampak dengan pengeluaran Moms setiap bulannya.

Baca juga: 10 Tips Membeli Rumah Bekas

Apakah Moms juga sedang berniat membeli rumah? Apa kriteria rumah idaman Moms dan keluarga?

(LMF)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait