Pasca Melahirkan

7 April 2021

Selain Daun Katuk, Ketahui 7 Makanan Pelancar ASI Ini

Makanan pelancar ASI yang mudah didapat. Apa saja itu?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Makanan pelancar ASI perlu untuk dikonsumsi ketika Moms sedang masa menyusui. Hal ini penting agar Si Kecil terpenuhi nutrisinya terlebih ketika Moms berencana memberikan ASI eksklusif untuk buah hati.

American Academy of Pediatrics (AAP) sendiri merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan terus berlanjut hingga Si Kecil setidaknya 1 tahun atau sampai ibu dan Si Kecil setuju untuk berhenti.

Nah, agar ASI eksklusif berjalan dengan lancar, ada baiknya Moms mengetahui makanna pelancar ASI. Jangan sampai rencana berhenti di tengah jalan karena ASI yang tidak mengalir dengan deras dan malah menjadi masalah lainnya.

Baca Juga: Tips Memberikan Buah Sebagai Makanan Pendamping ASI

Ibu menyusui hendaknya bijaksana dalam memilih makanan yang dikonsumsinya. Menurut piramid yang dipopulerkan oleh dr. Nila Amarila Sp.KK, ibu menyusui membutuhkan nutrisi sekitar 2500 kalori.

Disarankan asupan kalori tersebut diperoleh dari makanan yang terdiri dari karbohidrat sebagai sumber tenaga.

Kemudian protein dan lemak yang bisa diperoleh dari ikan, daging atau produk susu, sayur dan buah-buahan, serta kalsium dan zat besi.

Meskipun sudah mengonsumsi makanan bernutrisi, tidak sedikit ibu menyusui yang mengeluh tidak bisa memberikan cukup ASI kepada buah hatinya. Baik jumlah ASI yang terlalu sedikit atau tidak lancar.

Apakah Moms salah satu yang menghadapi masalah tersebut?

Sekarang Moms tidak perlu khawatir, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang sudah sangat dipercaya mampu membantu melancarkan ASI, sehingga ASI lebih lancar dan deras. Makanan tersebut tidak lain adalah daun katuk.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Mengatasi Insomnia

Makanan Pelancar ASI

Bagaimana jika sulit menemukan daun katuk di sekitar tempat tinggal Moms? Moms boleh menggantinya dengan 7 pilihan makanan pelancar ASI di bawah ini.

1. Edamame atau Kedelai Jepang

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini edamame

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pelancar ASI yang pertama adalah edamame. Edamame atau kedelai Jepang kaya kandungan protein nabati. Edamame juga mengandung zat besi, mangan, vitamin K, asam folat, riboflavin, vitamin C, magnesium, kalium dan fosfor.

Saat Moms sedang bosan mengonsumsi ikan, daging atau unggas sebagai sumber protein, tentunya Moms bisa mengonsumsi edamame. Takaran yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah 65 gr setiap hari.

2. Bunga Pepaya

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini bunga pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Nah, kalau makanan pelancar ASI yang satu ini biasanya disukai para ibu rumah tangga. Hal tersebut dikarenakan bahan ini sering dijadikan sebagai bahan makanan di berbagai daerah di Indonesia.

Bunga pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor dan kalsium. Selain itu, bunga pepaya juga mengandung enzim papain yang sangat berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein.

Enzim papain mampu memecah protein yang Moms makan, terutama saat menyusui dibutuhkan sekitar dua kali lipat protein dibandingkan kebutuhan normal.

Bahkan bunga yang berwarna kuning pucat ini mampu merangsang nafsu makan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Tanda Bayi Moms Cukup ASI!

3. Bayam Hijau/Merah

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini bayam

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pelancar ASI yang ketiga ini tentunya banyak ditemukan. Tak hanya itu, menyantapnya pun bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Jadi bukan hanya untuk melancarkan ASI saja ya, Moms.

Kaya akan kandungan zat besi, vitamin B6, asam folat, thiamin, ribloflavin, protein, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, kalium hingga vitamin C, E dan K.

Kandungan vitamin B6 pada bayam saat dimanfaatkan sebagai sayuran pelancar ASI mampu membangun sistem kekebalan tubuh bayi.

Saat menyusui, Moms membutuhkan vitamin B6 lebih banyak dibandingkan saat hamil. Bayam bahkan rendah kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak.

Bayam yang paling baik untuk dikonsumsi adalah berwarna hijau atau merah pekat. Kepekatan warna bayam menjadi salah satu ciri tingginya kandungan karoten yang berguna untuk melawan radikal bebas.

4. Pare

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini pare

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pelancar ASI yang satu ini juga sering banget ditemukan nih, Moms! Yup, pare bisa menjadi makanan yang membuat produksi ASI meningkat.

Pare sendiri bisa ditemukan di berbagai macam menu makanan seperti somay atau mungkin sayur pare.

Apakah Moms tidak suka pare karena rasanya yang pahit? Pare sebenarnya kaya kandungan vitamin C, antioksidan yang sangat bermanfat melindungi sel-sel dalam tubuh dari ancaman kerusakan, meningkatkan kesehatan gusi, gigi hingga pembuluh darah. Termasuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Selain itu, kandungan likopen dan fitokimia di dalam pare bermanfaat untuk merangsang produksi insulin. Pare juga dikenal berguna sebagai antikanker, pembasmi cacing usus dan antibiotik antivirus.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Banchan, Makanan Pendamping Khas Korea yang Lezat

5. Pepaya

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pelancar ASI selanjutnya pasti bikin ketagihan ketika dikonsumsi nih. Pasalnya rasanya yang enak dan cara memakannya yang mudah, makanan ini pun bukan sangat gampang ditemukan.

Bukan hanya enak, pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan asam folat yang tinggi. Pepaya juga rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium.

Bahkan di dalam pepaya terkandung 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak dibanding jeruk. Kandungan vitamin dalam pepaya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalium pada masa menyusui.

Baca Juga: 3 Makanan yang Bisa Memenuhi Nutrisi Si Kecil saat Sakit

6. Buah Labu

Makanan pelancar ASI

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau buah labu bisa menjadi makanan pelancar ASI? Dilansir dari jurnal yang berjudul Traditional Galactagogue Foods and Their Connection to Human Milk Volume in Thai Breastfeeding Mothers, Moms bisa memanfaatkan labu agar ASI bisa keluar dengan deras, Moms!

Moms bisa membuatnya menjadi smoothie agar lebih lezat untuk dikonsumsi.

Moms bisa menggunakan dairy milk atau pengganti susu yang kaya akan vitamin A, vitamin D, dan B.12 untuk mendukung kebutuhan menyusui Moms.

Baca Juga: 15 Makanan Pelancar Pencernaan Anak, Harus Si Kecil Coba!

7. Kaldu Asli dari Tulang

Makanan pelancar ASI

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau kaldu dari tulang juga bisa dijadikan sebagai makanan pelancar ASI? Namun, kaldu yang dibutuhkan sendiri kaldu asli dari tulang ya Moms! Jangan membuatnya dari bubuk instan yang dijual di supermarket.

Kaldu yang terbuat langsung dari tulang sendiri mengandung asam amino, kolagen dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sembuh setelah melahirkan Moms.

Kaldu juga bisa dijadikan sebagai pengganti kopi jika Moms sedang berusaha untuk mengurangi konsumsi kafein.

Kaldu sendiri cocok untuk dibuat sebagai kuah dari berbagai macam bahan makanan. Jadi, Moms bisa menikmatinya dengan berbagai cara nih!

Itulah pilihan makanan pelancar ASI yang bisa Moms konsumsi. Apakah Moms sudah pernah mencoba salah satunya? Atau malah punya pengalaman menarik setelah mencoba 7 pilihan di atas?

Nah, jika Moms masih memiliki pertanyaan seputar makanan pelancar ASI, jangan ragu atau sungkan menuliskannya di kolom komentar ya!

Perlu diingat bahwa menyusui sangatlah penting untuk perkembangan Si Kecil. Jadi, taka da salahnya makanan pelancar ASI dikonsumsi agar Si Kecil bisa mendapatkan ASI eksklusif.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait