Kesehatan

21 Juni 2021

Selain Lezat, Ini 13 Manfaat Tiram Laut untuk Kesehatan

Ketahui risikonya juga ya.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Karla Farhana

Tiram adalah salah satu habitat air asin yang aman untuk dikonsumsi. Tiram laut dikemas dengan nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3.

Tak hanya itu, jenis kerang-kerangan ini juga dianggap sebagai varietas makanan laut yang kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Tiram Laut

Tiram laut termasuk makanan rendah kalori dan cocok untuk yang sedang diet.

Ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dan memainkan peran penting dalam tubuh, seperti mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung dan otak.

Orang yang mengonsumsi makanan kaya lemak omega-3 memiliki risiko lebih rendah terkena kondisi seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Yuk simak manfaat lainnya dari konsumsi tiram sebagai menu makan yang sehat.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat Tiram - Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Tidak Bisa Instan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip jurnal dalam Wiley Online Library, tiram mengandung beberapa vitamin dan mineral penting yang penting untuk sistem kekebalan tubuh kita.

Ia kaya seng dan selenium yang memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan yang optimal.

Sementara selenium memiliki sifat antioksidan yang kuat, seng membantu melawan patogen dan radikal bebas dalam tubuh.

Selain mengandung vitamin penting seperti vitamin C dan D, tiram juga kaya akan vitamin B12, yang sangat penting dalam meningkatkan imunitas.

2. Memperkuat Tulang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tiram kaya akan mineral, salah satu fungsinya yakni membantu memperkuat tulang.

Tingginya tingkat kalsium, fosfor, seng, besi, tembaga, dan selenium berkontribusi untuk meningkatkan kepadatan dan daya tahan mineral tulang, melindungi tubuh dari kondisi penyakit tulang seperti osteoporosis.

Sebuah penelitian hewan tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology menemukan bahwa produk makanan yang diperkaya
dengan cangkang tiram dapat mencegah dan mengobati osteoporosis. Ini juga berlaku untuk produk dengan tiram yang difermentasi, lho.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

3. Penurunan Kecemasan dan Depresi

manfaat-tiram-untuk-cegah-depresi.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Karena tingginya kadar seng yang ditemukan pada makanan laut ini, tiram dikenal dapat menstabilkan suasana hati.

Seng dianggap mineral penting karena tidak disimpan oleh tubuh dan dapat diperoleh melalui makanan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa peningkatan konsentrasi zinc dalam darah pada anak-anak dikaitkan dengan penurunan kecemasan dan depresi.

Studi lain di European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan seng yang cukup efektif mengurangi kemarahan dan depresi pada wanita muda.

4. Fungsi Memori

Oyster atau tiram laut mengandung antioksidan yang tinggi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan pada tiram laut adalah senyawa fenolik kuat yang bermanfaat bagi kesehatan diri.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Enviromental Health and Preventive Medicine menunjukkan bahwa seng dan antioksidan dalam tiram membantu aktivitas neuron glutamatergik yang membantu fungsi memori dan pembelajaran di otak.

Itu juga dapat melindungi hati dari stres oksidatif.

Selain itu, ia dikaitkan dengan mengurangi risiko HIV AIDS dan kesehatan kronis lainnya penyakit jantung.

5. Meningkatkan Hasrat Seksual

Manfaat Tiram untuk Seksual.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Seng yang ditemukan dalam tiram membantu tubuh memproduksi testosteron, hormon penting dalam mengatur libido dan fungsi seksual wanita dan pria.

Pada pria, penelitian menunjukkan bahwa mineral ini meningkatkan jumlah sperma dan kemampuan berenang menuju sel telur.

Pada wanita, seng dapat membantu ovarium, menyeimbangkan dan mengatur kombinasi estrogen, progesteron, dan testosteron.

Sehingga konsumsi tiram sangat membantu mengatur hormon seksual dalam tubuh.

Baca Juga: 15 Cara Seks Tahan Lama untuk Pria Secara Alami, Perhatikan Dads!

6. Kesehatan Jantung

Makanan laut, begitu juga tiram, adalah pilihan makanan yang menyehatkan jantung.

Untuk orang dewasa, manfaat mengonsumsi 8 ons makanan laut per minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Makanan laut adalah sumber protein tanpa lemak dan asam lemak omega-3 yang baik.

Tiram mengandung beberapa kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi makanan laut dengan rutin merupakan strategi efektif untuk mendukung kesehatan jantung.

7. Cocok untuk Diet Sehat

manfaat tiram

Foto: Orami Photo Stocks

Studi dalam Nutrietns, tiram adalah protein tanpa lemak, biasa dimakan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama.

Tidak seperti banyak makanan pembuka yang digoreng atau dilapisi tepung roti, tiram menyediakan protein dengan karbohidrat dan lemak yang sedikit.

Protein diketahui memengaruhi beberapa hormon nafsu makan, memberikan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Sehingga, ini dapat membantu tubuh merasa kenyang dan cocok untuk yang sedang diet dan menurunkan berat badan.

8. Sumber Stamina

Oysters mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang baik, serta dapat meningkatkan energi.

Studi terbaru menunjukkan sekitar 15 persen orang Amerika tidak memiliki tingkat B12 yang memadai untuk kesehatan yang optimal.

Maka dari itu, asupan tiram sangat direkomendasikan untuk meningkatkan B12 dalam tubuh.

Tiram juga mengandung zat besi, yang membantu tubuh mengangkut oksigen ke sel-sel individu untuk meningkatkan energi.

Baca Juga: Makanan untuk Anak Alergi Susu Sapi, Ini yang Boleh dan yang Perlu Dihindari

9. Mencegah Anemia

mencegah anemia dengan tiram laut.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin B12 dan zat besi tak hanya sebagai sumber stamina, ia juga berperan dalam mencegah anemia.

Academy of Nutritions and Dietetics menemukan, zat besi pada tiram, lebih mudah diserap tubuh.

Untuk mencegah anemia defisiensi zat besi, tambahkan tiram ke menu harian Moms, ya. Selain itu, tiram juga mengandung vitamin B12, yang mengurangi risiko anemia jenis lain (anemia makrositik).

10. Kesehatan Kulit

Mineral seng yang kuat dalam tiram laut berperan besar dalam perbaikan kulit dengan membantu menciptakan dan meningkatkan kolagen.

Kolagen sangat penting untuk kesehatan jaringan pada kulit dan mengurangi kendur serta garis-garis halus.

Ini juga membantu memelihara kuku yang lebih kuat, dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat.

11. Menjaga Penglihatan Mata

5 Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Mata Balita

Foto: Orami Photo Stocks

Tiram menduduki puncak sumber seng alami dan mineral yang cukup tinggi.

Manfaat tiram memastikan pigmen mata diproduksi secara memadai di retina. Semakin banyak seng, semakin kuat penglihatan kita.

Penurunan dan berkurangnya pigmentasi sering dikaitkan dengan penurunan penglihatan mata.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tingkat seng yang tak tertandingi dalam tiram menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kecepatan penyembuhan luka yang lebih cepat, dan peningkatan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai infeksi dan mikroba.

Sebagai mineral esensial, seng juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuh kembang anak, lho.

Hal ini juga meningkatkan fungsi organ tubuh pada orang dengan lanjut usia.

Baca Juga: 15+ Rekomendasi Senam Lansia, Rahasia Tetap Bugar di Usia Senja

13. Melancarkan Peredaran Darah

tiram-sel-darah-putih.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat tiram adalah sumber zat besi yang sangat tinggi, dengan lebih dari 90 persen kebutuhan harian dalam setiap sajian.

Zat besi adalah komponen kunci dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh, dan merupakan pertahanan utama melawan anemia yang dapat menyebabkan kelelahan, kerusakan kognitif, gangguan pencernaan, dan kelemahan otot secara umum.

Selain itu, dengan pasokan segar sel darah merah dalam sistem peredaran darah, ia dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan laju metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Risiko Tiram Laut Mentah

manfaat dan risiko tiram laut.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tiram mungkin bermanfaat bagi kesehatan, tetapi ada beberapa kekhawatiran yang harus Moms waspadai.

Karena tiram menyerap banyak nutrisi dari daerah tempat mereka tumbuh, beberapa tiram mungkin mengandung polutan dan racun, jadi perlu lebih teliti dalam membeli tiram laut di pasaran.

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, tiram mentah atau setengah matang dapat membuat Moms berisiko terkena infeksi. Ini termasuk vibriosis.

Efeknya dapat berkisar dari diare, infeksi anggota tubuh dan kematian.

Tiram mentah tidak dianjurkan untuk anak-anak, orang dengan kekebalan rendah, serta wanita hamil atau menyusui.

Tiram mengandung mineral dalam jumlah yang sangat tinggi seperti selenium dan seng, yang hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil.

Konsumsi seng yang berlebihan dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan keracunan seng.

Selain itu, tiram juga memiliki kandungan natrium yang tinggi. Natrium yang dikonsumsi secara berlebihan dapat berisiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Ketahui Faktanya!

Saat Moms memasak tiram segar, jangan lupa untuk cangkangnya dalam posisi terbuka. Buang cangkang tiram yang masih tertutup.

Simpan hidangan tiram yang sudah dimasak di lemari es atau freezer setelah selesai ya Moms.

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1046/j.1365-2249.1999.00870.x

https://link.springer.com/article/10.1007/s13197-015-1725-3

https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs12199-007-0019-4

https://www.mdpi.com/2072-6643/11/10/2269

https://www.eatright.org/health/wellness/preventing-illness/iron-deficiency

https://www.cdc.gov/vibrio/vibrio-oysters.html

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait