Fashion & Beauty

19 November 2020

Selain Operasi, Ini Cara Membuat Lesung Pipi Secara Alami

Ini nih cara supaya Moms atau Si Kecil punya lesung pipi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Selain pipi yang tirus, ada salah satu hal lagi yang bisa bikin penampilan Moms semakin menarik. Fitur wajah tersebut adalah lesung pipi.

Namun, sayangnya tak semua orang terlahir dengan lesung pipi. Sehingga, jika Moms memiliki lesung pipi, maka Moms cukup beruntung. Lesung pipi bisa ditemukan di sisi mulut, seseorang bisa memiliki lesung pipit di kedua sisi mulut atau di satu sisi saja.

Jika Moms tidak memiliki lesung pipi sementara anggota keluarga lainnya punya, Moms perlu tahu bahwa lesung pipi terbentuk dari perbedaan otot dan kulit wajah. Lalu, adakah cara membuat lesung pipi secara alami?

Memang, tidak semua orang akan memiliki lesung pipi. Namun, lesung pipi sering diyakini diwarisi dengan cara yang dominan secara genetik, meskipun ada beberapa perdebatan tentang hal ini.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa lesung pipi membuat orang terlihat lebih muda atau terlihat lebih ramah.

Lesung pipi memang dikaitkan dengan kecantikan dan bahkan keberuntungan di beberapa budaya. Selain itu, mengutip jurnal di Public Library of Science, ditemukan fakta bahwa pria lebih menyukai wanita dengan ciri-ciri wajah yang mirip dengan mereka, termasuk warna mata, warna rambut, dan lesung pipi.

Lesung pipi tidak dievaluasi dalam penelitian ini, tetapi mungkin orang dengan lesung pipi lebih memilih orang dengan lesung pipi.

Lesung pipit juga dapat membantu kita berkomunikasi dengan orang lain. Sebuah studi dari American Journal of Physiology and Anthropology yang meneliti fitur wajah manusia menunjukkan bahwa kehadiran fitur seperti lesung pipit dapat membuat ekspresi atau senyum lebih terlihat.

Atau mungkin menyampaikan lebih banyak informasi tentang intensitas ekspresi seseorang. Jadi tak heran banyak orang yang menginginkan untuk memiliki lesung pipi di wajahnya.

Ketahui lebih lanjut tentang cara membuat lesung pipi alami dan permanen berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan

Senam Wajah Sebagai Cara Membuat Lesung Pipi Alami

Senam Wajah Sebagai Cara Membuat Lesung Pipi Alami

Foto: indoindians.com

Meski bersifat genetik, namun orang yang lahir tanpa lesung pipi juga bisa memiliki lesung pipi melalui beberapa metode alami, seperti dengan senam wajah berikut ini:

Langkah Pertama

Sebagai cara membuat lesung pipi, kerutkan bibir dan hisap pipi. Untuk mulai melatih otot pipi, buatlah wajah seolah-olah Moms baru saja makan lemon atau sesuatu yang sangat asam.

Bibir harus sedikit mengerut atau cemberut dan pipi harus tersedot sebagian. Gigi juga tidak boleh mengatup, karena hal ini dapat mencegah untuk menghisap pipi ke dalam.

Pipi secara alami harus menjorok ke dalam, dengan bagian terdalam dari lekukan berada di antara gigi atas dan bawah, kira-kira di tengah-tengah antara bagian depan dan belakang mulut.

Cobalah makan atau minum sesuatu yang asam jika kesulitan membayangkan ekspresi wajah yang tepat. Pasalnya reaksi alami terhadap rasa asam inilah yang ditiru oleh senam wajah ini.

Langkah Kedua

Tekan dan tahan lekukan. Temukan area di pipi yang lekukannya paling dalam. Pegang perlahan bagian ini di kedua pipi menggunakan kedua jari telunjuk. Jaga jari-jari tetap kuat pada titik-titik ini saat Moms bersiap untuk menggerakkan mulut.

Moms juga bisa menahan titik-titik ini dengan ibu jari atau ujung pensil yang membulat jika lebih mudah.

Langkah Ketiga

Langkah ketiga cara membuat lesung pipi, tersenyumlah dan posisikan ulang jari jika perlu. Secara bertahap kurangi ekspresi menjadi seringai lebar, jaga jari-jari tetap pada titik yang sama di wajah.

Senyuman harus lebar dan menganga, karena lesung pipi alami biasanya muncul saat seseorang memiliki senyum yang cukup lebar. Jari-jari sekarang harus ditempatkan di dekat sudut senyum, di mana lesung pipit akan muncul secara alami jika Moms memilikinya.

Periksa penampilan di cermin. Jika lokasi ujung jari tampak sedikit melenceng, Moms mungkin perlu sedikit menggeser ujung jari di atas pipi ke lokasi yang tepat.

Tekan area lesung pipi yang Moms inginkan dengan kuat dengan ujung jari atau dengan ujung pensil yang membulat. Untuk lesung pipi sementara, segera lepaskan.Perhatikan bahwa lesung pipit ini akan hilang segera setelah Moms mengendurkan mulut.

Langkah Keempat

Terus tekan selama 30 menit atau lebih. Untuk melatih pipi membentuk lesung pipi yang lebih tahan lama, Moms harus terus menahan lekukan ini dengan kuat setidaknya selama 30 menit.

Semakin lama Moms bisa menahan tanda "lesung pipi" di tempatnya, semakin banyak besar kemungkinan lesung pipi ini akan bertahan.

Jika Moms melihat bahwa cara membuat lesung pipi ini cukup berhasil, maka teruslah berlatih 30 menit setiap hari selama beberapa minggu.

Namun, Moms perlu tahu bahwa ini adalah cara yang sangat tradisional. Dengan kata lain, cara ini tidak didukung oleh bukti ilmiah apa pun. Jadi, cara ini itu tidak dijamin berhasil.

Baca Juga: Gemas, Ternyata Ini Alasan Mengapa Bayi Sering Tersenyum Saat Tidur

Cara Membuat Lesung Pipi pada Bayi

Cara Membuat Lesung Pipi pada Bayi

Foto: missnews.net

Sebenarnya cara membuat lesung pipi pada bayi yang alami tidaklah jauh berbeda dengan orang dewasa.

Namun, karena bayi belum bisa diminta untuk melakukan hal seperti memintanya terus tersenyum lebar, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya:

1. Ajak Bayi Terus Tersenyum Lebar

Senyuman lebar dikenal sebagai salah satu cara termudah untuk mendapatkan lesung pipi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Coba ajak bayi bercanda dan buat ia terus tersenyum setiap hari.

2. Tekan dan Tahan

Moms juga dapat mempertimbangkan cara membuat lesung pipi ini untuk mendapatkan lesung pipi pada bayi. Dengan latihan ini, satu-satunya hal yang perlu Moms lakukan adalah menekan dan menahan lekukan.

Tempelkan pada kulit wajah mereka yang paling menonjol pada pipi anak. Setelah itu, tandai di kedua pipinya dengan menggunakan jari-jari. Pastikan Moms menekan di tempat yang tepat di mana lesung pipit normalnya akan muncul.

Kemudian, ajak anak tersenyum lebar. Perlahan ubah ekspresi anak menjadi seringai lebar dan tahan jari pada titik yang sama dengan kulit wajahnya. Tekan dan tahan selama sekitar 30 menit setiap hari atau bahkan lebih lama jika memungkinkan.

Meskipun, latihan sederhana ini tidak dapat memberikan hasil permanen kepada anak-anak, namun cara membuat lesung pipi ini bisa membuat anak memiliki lesung pipi sementara.

Jadi, saat lesung pipinya masih terlihat, selalu siapkan kamera. Moms dapat mengulangi latihan ini setiap hari dalam beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Gunakan Pulpen

Ini adalah yang cara terakhir dan dikenal sebagai cara efektif untuk mendapatkan lesung pipi pada bayi yang tidak boleh Moms lewatkan. Untuk melakukan metode ini, Moms perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tersenyumlah lebar dan lihat di mana letak lesung pipinya.
  • Gunakan dua pulpen yang isinya sudah diambil sehingga ujung pulpen akan tumpul namun cukup untuk menekan pipi dan melawan otot pipinya.
  • Lakukanlah hal ini secara berkala.

Meski tidak memiliki bukti ilmiah, namun jika Moms rutin melakukan cara membuat lesung pipi ini, bisa saja lesung pipi akan muncul pada bayi.

Moms juga harus perlu diingat bahwa ketekunan dan kesabaran sangat penting untuk menjaga efeknya. Sebenarnya tips ini telah dilaporkan efektif dalam menciptakan lesung pipi secara alami, jadi Moms tidak perlu ragu untuk mengikuti salah satunya.

Baca Juga: Natural, Kata Kunci dari Tren Bedah Plastik Tahun Ini

Cara Membuat Lesung Pipi Permanen

Cara Membuat Lesung Pipi Permanen

Foto: theclinicindonesia.com

Untuk cara membuat lesung pipi permanen, maka Moms bisa mencoba operasi plastik yang bernama dimpleplasty. Ini adalah satu-satunya cara membuat lesung pipi permanen yang cukup aman untuk dilakukan.

Namun, saat mempertimbangkan dimpleplasty, Moms perlu mencari ahli bedah yang berpengalaman. Beberapa dokter kulit terlatih untuk jenis operasi ini, tetapi Moms mungkin perlu menemui ahli bedah plastik wajah.

Setelah menemukan seorang ahli bedah terkemuka, buatlah janji pertama dengan mereka. Di sini, Moms dapat mendiskusikan risiko versus manfaat operasi lesung pipi.

Mereka juga dapat menentukan apakah Moms adalah kandidat yang baik untuk operasi plastik. Terakhir, Moms akan mengetahui di mana lesung pipit harus ditempatkan.

Biaya dimpleplasty bervariasi, dan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Rata-rata, orang menghabiskan sekitar US$ 1.500 atau Rp22 juta untuk prosedur ini. Jika ada komplikasi yang terjadi, biaya keseluruhan akan meningkat.

Langkah-Langkah Pembedahan Dimpleplasty

Dimpleplasty dilakukan pada pasien rawat jalan. Artinya, Moms dapat menyelesaikan prosedur di klinik dokter bedah tanpa harus ke rumah sakit. Moms mungkin juga tidak perlu dibius total.

Mengutip Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, pertama-tama dokter akan mengoleskan anestesi topikal ke area kulit. Ini membantu memastikan Moms tidak mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama operasi.

Diperlukan waktu sekitar 10 menit agar obat bius mulai bekerja.

Dokter kemudian akan menggunakan alat biopsi kecil untuk membuat lubang di kulit guna membuat lesung pipi secara manual. Sejumlah kecil otot dan lemak dibuang untuk membantu kreasi ini yang luasnya sekitar 2 hingga 3 milimeter.

Setelah dokter menciptakan ruang untuk lesung pipi, mereka kemudian memposisikan jahitan (selempang) dari satu sisi otot pipi ke sisi lainnya. Gendongan kemudian diikat untuk mengatur lesung pipi secara permanen di tempatnya.

Segera setelah prosedur, Moms mungkin mengalami pembengkakan ringan. Moms bisa mengoleskan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan, tetapi biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Kebanyakan orang dapat kembali bekerja, sekolah, dan aktivitas rutin lainnya dua hari setelah menjalani dimpleplasty. Dokter bedah mungkin ingin menemui Moms beberapa minggu setelah prosedur untuk menilai hasilnya.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai cara membuat lesung pipi yang alami dan permanen. Bagaimana, apakah Moms tertarik mencobanya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait