Newborn

NEWBORN
22 Oktober 2020

5 Rekomendasi Selimut Bayi di Bawah Rp300.000, Hangat dan Lembut!

Bisa membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu keperluan bayi yang wajib dimiliki adalah selimut. Tubuh bayi yang masih sensitif akan sangat mudah kedinginan. Selimut akan membuat Si Kecil tidur dengan nyaman dan pulas tanpa merasa kedinginan.

Tetapi, tahukah Moms bahwa ada batas minimal penggunaan selimut untuk bayi, lho! Sebaiknya, jangan berikan selimut kepada bayi baru lahir. Mengapa? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Waktu Tepat Si Kecil Menggunakan Selimut Bayi

selimut bayi-2

Foto: Orami Photo Stock

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 12 bulan, sangat tidak disarankan menggunakan selimut dan bantal saat tidur.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), selimut bayi dapat meningkatkan risiko sesak napas, mati lemas, atau sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Aturan ini juga berlaku untuk penggunaan bantal, bumper pad, mainan bayi, dan benda lunak lainnya. Dengan kata lain, satu-satunya yang boleh berada di dalam boks atau keranjang bayi saat tidur adalah bayi itu sendiri.

“Seharusnya tidak ada bantal, seprai, selimut, atau benda lain yang bisa mengganggu pernapasan bayi atau menyebabkan bayi kepanasan,” kata Lori Fieldman-Winter, MD, FAAP, seperti dikutip dari American Academy of Pediatrics.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Rekomendasi Selimut Bayi

Kalau Si Kecil sudah berusia lebih dari 12 bulan, dan Moms sedang bingung mencari selimut untuk Si Kecil, yuk coba intip selimut-selimut bayi berikut ini.

1. Rekomendasi Selimut Bayi: Kuku Duckbill Spring Receiving Blanket Solid Blue

Rp292.500
Kuku Duckbill Spring Receiving Blanket Solid Blue

Jaga kehangatan Si Kecil agar tidak merasa kedinginan pada malam hari atau pada saat hujan turun dengan menggunakan Kuku Duckbill Spring Receiving Blanket Solid Blue.

Selimut bayi ini juga dibuat dari bahan yang lembut dan nyaman dikulit bayi, yaitu dari bahan fleece yang lembut digunakan. Selain itu, selimut ini tidak membuat iritasi kulit Si Kecil, serta warna selimut tidak mudah pudar.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Tidur dengan Bantal dan Selimut?

2. Rekomendasi Selimut Bayi: Selimut Fleze Print + Topi Pink Lion

Rp43.300
Selimut Fleze Print + Topi Pink Lion

Moms bisa memberikan Si Kecil kehangatan dan kenyamanan ekstra saat tidur menggunakan selimut bayi Fleze Print + Topi Pink Lion.

Selimut ini terbuat dari bahan berkualitas yang halus sehingga terasa lembut dan nyaman ketika bersentuhan dengan kulit bayi, serta didesain agar aman digunakan untuk buah hati tercinta.

Hadir dengan warna cerah yang cantik, selimut bayi ini juga terbuat dari bahan yang lembut dan halus sehingga Si Kecil akan selalu merasa nyaman. Apalagi, selimut ini memiliki motif print singa yang lucu.

Baca Juga: Inkubator Bayi, Tempat Tidur untuk Bayi dengan Kondisi Tertentu

3. Rekomendasi Selimut Bayi: Bilna Muslin Swaddle Animal

Rp74.300
Bilna Muslin Swaddle Animal

Mengurus Si Kecil menjadi lebih mudah menggunakan Bilna Muslin Swaddle Animal.

Kain bedongan bayi yang bisa digunakan untuk banyak fungsi seperti selimut bayi, gendongan, alas untuk mengganti popok, maupun penutup saat menyusui Si Kecil ataupun saat ia berada dalam stroller.

Terbuat dari bahan halus dan lembut sehingga nyaman untuk Si Kecil, selimut bayi ini hadir dengan warna dan motif yang menarik. Apalagi, tidak menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit.

4. Rekomendasi Selimut Bayi: Cottonseeds Little Red Riding Hood

19% Rp296.400
Rp238.240
Cottonseeds Little Red Riding Hood

Moms bisa membuat tubuh Si Kecil menjadi hangat dengan Cottonseeds Little Red Riding Hood. Selimut bayi ini hadir dengan bahan yang tebal, tetapi hangat sehingga mampu melindungi si kecil dari udara dingin.

Terbuat dari perpaduan bahan cotton dan polyester berkualitas tinggi, selimut ini memiliki motif kartun yang lucu dan cocok untuk anak-anak. Selain itu, mudah untuk dibersihkan

5. Rekomendasi Selimut Bayi: Eolins Bantal Selimut Strawberry Shortcake Dance

42% Rp175.000
Rp100.000
Eolins Bantal Selimut Strawberry Shortcake Dance

Rekomendasi selimut bayi terakhir adalah Eolins Bantal Selimut Strawberry Shortcake Dance. Selimut tebal ini bisa dilipat menjadi bantal empuk, sehingga sangat cocok bagi Moms yang suka bepergian bersama Si Kecil.

Dilengkapi dengan dacron silicon seperti halnya bedcover, selimut bayi ini menggunakan lapisan kain katun sehingga nyaman digunakan. Apalagi, ada motif kartun lucu dan menarik.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya

Tips Menghangatkan Bayi yang Kedinginan

selimut bayi

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mendapatkan rekomendasi selimut bayi, dan sudah tahu bahwa Si Kecil bisa menggunakan selimut ketika sudah berusia 12 bulan ke atas.

Lalu, bagaimana dengan bayi yang baru lahir atau usianya belum genap satu tahun?

Dalam laman Sleep.org dikatakan bahwa bayi bisa tetap hangat selama tidur, meskipun tanpa selimut, dengan beberapa trik berikut ini:

  1. Pertahankan suhu kamar bayi pada angka sekitar 18-22 derajat Celsius.
  2. Kenakan satu lapis pakaian tambahan (tidak lebih untuk menghindari kepanasan) berbahan katun.
  3. Piyama footies atau kantong tidur dapat dipilih sebagai alternatif selimut.
  4. Sering periksa Si Kecil saat tidur untuk memastikan bahwa ia tidak kepanasan ataupun kedinginan.

Bayi mungkin kepanasan jika dadanya terasa panas, wajahnya memerah, napasnya cepat, dan/atau berkeringat. Sebaliknya, jika dada atau tubuh bayi terasa dingin, ia mungkin kedinginan.

Itu dia Moms, rekomendasi selimut bayi yang bisa menjadi pilihan untuk produk Si Kecil.

Artikel Terkait