Pernikahan & Seks

18 Juli 2021

Moms, Simak Fakta Tentang Klitoris Wanita yang Jarang Diketahui

Ukuran dan letaknya berpengaruh pada orgasme lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Kebanyakan orang dewasa familiar dengan klitoris, yaitu bagian tubuh di sekitar organ intim wanita. Klitoris wanita biasanya akrab dengan imej orgasme karena konon paling mudah untuk dirangsang.

Dilansir dari Sciene Direct, peneliti Alessandra Graziottin dan Dania Gambini, dalam Handbook of Clinical Neurology menjelaskan klitoris wanita ini dibentuk oleh dua korpora cavernosa dan kelenjar, tertutup oleh kulup preputium.

Klitoris wanita dihubungkan ke tulang kemaluan ligamentum suspensori yang sangat berpengaruh selama hubungan seksual.

Baca Juga: 7 Titik Pijatan Sensual untuk Merangsang Pasangan

Serba-serbi Klitoris Wanita

Banyak fakta lainnya soal klitoris yang mungkin jarang Moms atau Dads ketahui. Yuk, simak fakta-fakta di bawah ini agar makin mengenali tubuh Moms sendiri!

1. Klitoris Mirip dengan Penis

Klitoris mirip dengan penis

Foto: Pexels/Deon Black

Struktur klitoris wanita ternyata sama dengan struktur penis pada pria.

Menurut James S. Lowe BMedSci, BMBS, DM, FRCPath, Peter G. Anderson DVM, PhD, dalam Histologi Manusia Stevens & Lowe, sama seperti penis, klitoris ditutupi oleh lapisan kulit (epidermis) tipis yang kaya dengan saraf sensorik.

Sama seperti penis, klitoris sensitif, menciptakan perasaan yang menyenangkan, dan bisa menjadi ereksi ketika seorang wanita bergairah secara seksual yang biasanya memakan waktu sekitar 10 sampai 20 menit.

Namun, berbeda dengan penis yang berfungsi sebagai penghantar sperma, klitoris diciptakan hanya untuk memberikan kenikmatan pada wanita.

"Inti dari klitoris adalah bahwa itu adalah organ utama kita untuk kesenangan," kata Betty Dodson, seksolog dan pendidik seks. Klitoris tidak memainkan peran penting dalam kehamilan, tetapi bukan berarti ini bahwa klitoris tidak penting.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 75 persen wanita membutuhkan stimulasi klitoris langsung untuk orgasme.

Baca Juga: Benarkah Makan Timun Bisa Bikin Vagina Becek?

2. Anatomi Klitoris Lebih dari Sekadar Titik Kecil

Menurut Seksolog Jess O'Reilly yang juga pembaca acara "Sex With Dr. Jess Podcast", klitoris lebih dari sekedar sebuah titik yang berada di dalam vulva.

Klitoris wanita sesungguhnya memiliki dua kaki, dua tudung, kulup, kelenjar, saraf, pembuluh darah, poros, dan kemampuan untuk menegang. Ketika terangsang, bagian ini penuh dengan darah sehingga bisa ereksi sebagaimana penis.

Selain itu, sama halnya dengan payudara, penis, vagina, dan testis, klitoris juga bervariasi antara wanita yang satu dengan lainnya. Namun rata-rata, kelenjar (bagian klitoris yang dapat dilihat) memiliki panjang sekitar 1/5 inci dan lebar 1/10 inci.

Klitoris secara keseluruhan biasanya sekitar 10 cm panjangnya. Klitoris tidak hanya bervariasi dalam ukuran dan lebar, mereka juga bervariasi dalam sensitivitas.

3. Klitoris Memiliki Saraf Lebih Banyak dari Penis

fakta klitoris wanita.jpg

Foto: Pexels/Cliff Booth

Klitoris wanita memiliki sekitar 15.000 lebih saraf, atau sekitar dua kali lipat dari jumlah yang dimiliki penis. Saraf-saraf ini memungkinkan seseorang mengalami lebih dari satu jenis orgasme.

Menurut edukator seks Alexis Thomas, saraf-saraf dalam klitoris memang memainkan peran utama untuk mencapai gairah seksual.

4. Ukuran dan Letak Klitoris Berpengaruh pada Orgasme

Menurut Dr Jess, bentuk dan ukuran klitoris wanita berpengaruh terhadap orgasme. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa jarak antara klitoris dan vagina dapat mempengaruhi orgasme.

Dari 30 wanita, 10 di antaranya mengatakan mereka mengalami kesulitan orgasme, dan 10 wanita tersebut cenderung memiliki klitoris yang lebih jauh dari lubang vagina mereka.

Jadi, kesimpulan dari penelitian tersebut adalah semakin kecil klitoris dan semakin jauh dari vagina, maka akan semakin sulit pula bagi wanita untuk mencapai orgasme.

Baca Juga: Bibir Vagina Bengkak, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

5. Tidak Semua Orang Menikmati Sentuhan Langsung pada Klitoris

Klitoris setiap orang merespon hal yang berbeda terhadap stimulasi. Ada yang memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga tidak suka disentuh apalagi ditekan. Bagi yang klitorisnya sangat sensitif, maka rangsangan yang bisa dinikmati adalah stimulasi sekitar klitoris.

"Menekan, menjentikkan, dan melingkari kepala klitoris wanita dapat membangkitkan gairah, tetapi kadang-kadang juga bisa mengganggu dan bahkan tidak nyaman," kata Dr Jess.

Begitu juga, tak semua orang suka dengan rangsangan dalam bentuk tekanan, cubitan, bahkan sentuhan. Masing-masing klitoris unik dan memiliki caranya sendiri untuk terangsang.

6. Ukuran Klitoris Terus Tumbuh

ukuran klitoris terus tumbuh

Foto: Pexels/Dainis Graveris

Dalam buku Stevens & Lowe's Human Histology (Fourth Edition), dijelasksan klitoris wanita berukuran kecil saat pubertas. Klitoris lalu membesar seiring dengan dengan timbulnya kematangan seksual.

Hal ini karena perubahan kadar hormon setelah menopause, klitoris bisa membesar pada banyak wanita. Jadi, jika Moms melihat ada beberapa perbedaan ukuran klitoris Moms dari waktu ke waktu, jangan khawatir ya, karena ini adalah hal normal.

7. Diperlukan Pelumas untuk Merangsang Klitoris

Klitoris wanita memang mengeluarkan beberapa cairan sebagai pelumas alami, tetapi sebagian besar pelumasan tubuh saat berhubungan seks berasal dari vagina.

Mengingat klitoris merupakan bagian tubuh wanita yang sangat sensitif, jadi ini adalah bagian yang penting.

“Selalu pastikan ada banyak pelumas. Jangan pernah menyentuh klitoris dengan jari yang kering,” kata Betty Dodson, seksolog dan pendidik seks.

Air liur juga tidak memberikan pelumasan yang baik untuk klitoris karena mengering cukup cepat. Dodson pun merekomendasikan pada setiap wanita dan pasangannya untuk menggunakan minyak almond murni 100 persen sebagai pelumas yang baik untuk klitoris.

8. Ketika Wanita Bergairah, Klitoris Mengirim Signal ke Otak dan Rahim

Ketika klitoris wanita dirangsang, otak membangunkan area genital, meningkatkan aliran darah ke klitoris dan vagina, meningkatkan pelumasan vagina, dan meningkatkan oksigen dan suhu di dalam vagina.

Semua ini meningkatkan fungsi dan kelangsungan hidup sperma, catat penulis ulasan Roy Levin, PhD, yang baru-baru ini menjadi rekan penelitian di Laboratorium Fisiologi Seksual di Klinik Porterbrook di Sheffield, Inggris.

Pada saat yang sama, selama gairah klitoris, seluruh rahim terangkat oleh kontraksi otot.

“Tindakan ini menjauhkan serviks dari kolam air mani, yang mencegah air mani mengalir ke rahim terlalu cepat,” kata Dr. Levin.

Itu penting karena sperma yang baru ejakulasi harus dimodifikasi oleh berbagai sekresi tubuh untuk mendapatkan kemampuan menembus dan membuahi sel telur. Proses ini disebut kapasitasi.

“Transportasi cepat langsung ke saluran tuba hanya akan memungkinkan sperma yang tidak dapat dibuahi untuk bertemu dengan sel telur,” kata Levin.

Penelitian sebelumnya oleh Levin yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior mencatat bahwa sperma yang tidak siap untuk membuahi ini bergerak paling cepat pada wanita yang tidak terangsang.

Untuk membantu memastikan bahwa semua hal di atas terjadi, klitoris menjadi lebih besar secara signifikan dan lebih menonjol ketika kemungkinan pembuahan berada pada titik tertinggi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah.

Faktanya, ukuran klitoris meningkat sekitar seperlima pada hari-hari sekitar ovulasi, menurut sebuah penelitian di Journal of Sexual Medicine. “Pergeseran ini memudahkan klitoris untuk dirangsang pada waktu terbaik untuk pembuahan,” kata Levin.

Itulah beberapa fakta tentang klitoris wanita. Nah, dari keseluruhan fakta tersebut, nomor berapa saja yang baru Moms ketahui? Share yuk!

  • https://www.sciencedirect.com/topics/veterinary-science-and-veterinary-medicine/clitoris
  • https://www.mensjournal.com/health-fitness/12-things-everyone-should-know-about-the-clitoris-20150122/learn-coital-alignment-technique/
  • https://www.health.com/mind-body/10-things-you-never-knew-about-the-clitoris
  • https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a19987295/clitoris-facts/
  • https://www.everydayhealth.com/womens-health/the-clitoris-is-important-for-this-reason-too/
  • https://link.springer.com/article/10.1023/A:1019836007416
  • https://www.jsm.jsexmed.org/article/S1743-6095(15)31917-2/fulltext
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait