Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tips Cepat Hamil | Jun 25, 2018

Sering Kembung, 1 dari 8 Tanda Pembuahan yang Berhasil Setelah Berhubungan Intim

Bagikan


Saat sedang program hamil dan menantikan kehadiran momongan, Moms mungkin penasaran apakah pembuahan bisa terjadi hanya dengan sekali berhubungan intim? Jawabannya, tentu saja bisa. Bahkan, ada 8 tanda pembuahan yang berhasil setelah berhubungan intim yang terjadi pada tubuh namun jarang kita sadari.

Kondisi pembuahan yang berhasil itu pun terkadang seringkali kita anggap sebagai keluhan kesehatan biasa. Padahal, kehamilan memang dapat terjadi meski baru satu kali berhubungan seks. Hal ini sekaligus menepis pendapat bahwa untuk bisa terjadi pembuahan harus berhubungan intim beberapa kali.

Nah, ketika wanita dalam masa subur, kemudian melakukan hubungan seks meski untuk yang pertama kalinya, maka ada kemungkinan untuk terjadi pembuahan. Ya, proses pembuahan dapat terjadi ketika sel telur yang matang berhasil dibuahi oleh sperma.

Akan tetapi, terjadinya pembuahan ini tergantung pula pada kondisi sperma. Pasalnya, untuk dapat mencapai sel telur, sperma perlu melewati saluran tuba fallopi, dimana tak semua sperma yang masuk dapat bertahan hidup.

Perlu kita tahu Moms, sperma mampu bertahan di saluran tuba fallopi selama 7 hari terhitung setelah hubungan seks dilakukan. Bila memang kualitas sperma tergolong bagus, kemungkinan terjadi kehamilan pun terbilang tinggi.

Baca Juga : Bisakah Hamil Apabila Sperma Sering Tumpah Setelah Berhubungan?

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah sudah terjadi pembuahan atau kehamilan? 

Kehamilan umumnya dapat diketahui melalui pemeriksaan dengan menggunakan test pack.

Moms bisa membeli alat ini di apotek dan melakukan tes sendiri sesuai petunjuk yang tertera. Moms juga bisa bertanya pada dokter bila belum yakin cara memakai test pack atau dilakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah terjadi pembuahan atau tidak.

Nah, setelah diketahui positif hamil, Moms juga akan mengalami beberapa gejala awal kehamilan. Di antaranya adalah Moms akan mengalami terlambat datang bulan, merasa mual dan ingin muntah, dan sebagainya.

Baca Juga : 6 Hal Aneh yang Terjadi Saat Hamil

Namun, tak semua wanita hamil mengalami tanda-tanda yang sama. Berikut ini tanda-tanda bila pembuahan sudah terjadi:

1. Terlambat haid

Sebenarnya tak ada kepastian setelah berapa hari mengalami terlambat haid untuk kemudian dapat dinyatakan hamil. Namun, bila Moms tak kunjung menstruasi usai melewati siklus 35 hari atau terlambat datan bulan hingga 1-2 minggu, sebaiknya segera melakukan test pack.

2. Suhu tubuh meningkat

Moms mengalami demam yang tak diketahui penyebabnya? Boleh itu pertanda kehamilan. Ya, bila suhu tubuh Moms meningkat dari biasanya, mungkin telah terjadi pembuahan.

3. Merasa mual

Salah satu tanda umum terjadinya kehamilan adalah Moms merasa mual atau ingin muntah. Biasanya gejala ini muncul di pagi hari. Meski begitu, tak semua wanita yang telah mengalami pembuahan mengalami gejala ini.

Ada juga yang mengalami mual di masa trimester kedua bahkan ketiga. Yang jelas, perhatikan bila ada rasa mual segera periksa untuk memastikan apakah sudah terjadi proses kehamilan.

Sebagian bumil juga akan merasakan lebih sensitif atau peka terhadap bau-bauan. Baik itu aroma yang harum atau sebaliknya, Moms akan merasa tidak nyaman. Bahkan, aroma yang tadinya disukai Moms, seperti minyak wangi atau pewangi di mobil justru bisa membuat Moms merasa mual. 

Baca Juga : 15 Aspek Fisik dan Mental yang Penting Dipersiapkan Sebelum Hamil

4. Sakit kepala

Merasa pusing atau sakit kepala juga bisa pertanda bahwa Moms telah hamil. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon serta pertambahan volume darah di dalam tubuh.

Hindari mengonsumsi obat sakit kepala secara sembarangan karena bisa berdampak buruk bila ternyata Moms hamil. Maka pastikan dulu apakah sakit kepala ini memang karena telah terjadi kehamilan atau karena faktor lain.

5. Suasana hati yang berubah  

Apakah Moms mengalami perubahan suasana hati yang drastis? Boleh jadi ini juga pertanda kehamilan. Ya, salah satu ciri kehamilan adalah mood swing atau suasana hati yang berubah.

Ini juga terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang memengaruhi suasana hati. Hormon yang meningkat ini menimbulkan Moms jadi mudah gelisah bahkan gampang marah.

Namun, tak berapa lama kemudian Moms berubah menjadi senang atau bahkan sedih. Nah, suasana emosional yang lebih sensitif ini umumnya dialami saat Moms pertama kali hamil.

Baca Juga : Bisakah Hamil Saat Menstruasi?

6. Pola makan berubah

Perubahan pola makan juga bisa menjadi gejala kehamilan. Misalnya, Moms merasa sering lapar dan ingin makan camilan. Atau, Moms jadi tak berselera mengonsumsi menu tertentu yang sebelumnya disukai. Gejala lainnya, Moms merasa begah sehingga mengurangi asupan makanan atau tak berselera makan.

7. Muncul masalah kulit

Efek hormon kehamilan bisa menyebabkan masalah pada kulit. Ya, sebagian bumil akan mengalami perubahan pada kulit, misalnya muncul ruam atau jerawat, bibir kering dan pecah-pecah atau kulit terasa gatal. Faktor hormon kehamilan membuat kulit Moms lebih sensitif.

8. Sembelit dan kembung

Moms jadi sering mengalami sembelit dan perut kembung? Bisa jadi ini juga pertanda kehamilan. Produksi hormon progesteron yang meningkat hingga 10 kali lipat dapat menyebabkan efek terhadap pencernaan. Hormon ini membuat makanan diproses lebih lambat dalam pencernaan sehingga terjadilah sembelit.

Jadi, selain lewat testpack, sekarang sudah tahu, kan, Moms, apa saja tanda-tanda kehamilan yang bisa diketahui dari kondisi tubuh?

(HIL)

Referensi:webmd.com, parenting, livestrong.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.