Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Sering Mimpi saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

Bagikan



Pernahkah Moms merasakan ada yang berbeda dengan mimpi ketika hamil? Saat hamil, perempuan konon jadi lebih sering bermimpi aneh.

Dikutip dari Huffingtonpost.com, hal tersebut wajar sekali terjadi. Bukan hanya Moms seorang yang mengalami. Banyak ibu hamil lainnya yang juga bermimpi aneh. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan lho Moms.

Psikolog Alan Siegel pernah menggelar workshop tentang mimpi bersama para ibu hamil.

Setelah mendengar cerita para ibu hamil tentang mimpi mereka, Siegel berkesimpulan bahwa mimpi-mimpi aneh itu muncul karena telah terjadi perkembangan dalam fase kehidupan ibu hamil.

Baca Juga : Lihat Manfaatnya, Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Sisi Kiri

Mimpi Aneh karena Proses Pendewasaan Mental

Hamil dan nantinya memiliki baik secara sadar maupun tidak ternyata berpengaruh besar pada proses pendewasaan seorang perempuan.

Saat hamil, pemikiran mengenai apakah Moms bisa jadi ibu yang baik, apakah janin dalam kandungan dalam kondisi baik, dan yang lainnya muncul begitu saja.

“Mimpi merupakan gambaran dari perasaan yang Moms alami selama hamil,” kata Siegel.

Dia menambahkan, semua mimpi-mimpi aneh yang muncul saat hamil itu bisa sangat berhubungan dengan peran baru Moms sebagai orang tua.

Tore Nielsen dari Dream and Nightmare Laboratory di Hopital du Sacré-Coeur de Montreal, Kanada, menyebutnya sebagai proses perombakan mental.

Perubahan Hormon Membuat Ibu Hamil Lebih Stres

Di sisi lain, hal ini juga dipengaruhi perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan hormon ini tidak jarang membuat ibu hamil merasa stres karena mengalami mimpi aneh.

Nielsen mengatakan, meningginya jumlah hormon stres cortisol pada malam hari selama hamil bisa jadi salah satu penyebabnya.

Dikutip dari Americanpregnancy.com, perubahan yang terjadi selama hamil, baik perubahan fisik, emosional, maupun mental semuanya berkaitan dan bisa jadi pemicu munculnya mimpi-mimpi aneh.

Baca Juga : Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

Sering Terbangun dan Tertidur Lagi Membuat Lebih Sering Bermimpi

Perubahan jam tidur juga diperkirakan jadi salah satu penyebab munculnya mimpi-mimpi aneh selama hamil.

Saat hamil, perempuan biasanya mengalami kesulitan tidur karena berbagai faktor, misalnya nyeri pada bagian tubuh tertentu atau rutinitas buang air yang lebih banyak seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

Hal ini berdampak pada tidur yang tidak nyenyak, rasa lelah, stres, dan ketakutan. Penggabungan semuanya itu bisa dengan mudah memunculkan mimpi-mimpi aneh.

Karena kondisi sering terbangun malam hari ini juga membuat ibu hamil jadi lebih sering bermimpi.

Setiap memasuki fase tidur, ibu hamil akan mulai bermimpi. Mimpinya berakhir ketika ibu hamil terbangun. Semakin sering terbangun dan tertidur lagi, semakin sering juga ibu hamil bermimpi.

Itulah hal yang perlu Moms ketahui tentang ibu hamil yang lebih sering bermimpi. Semoga bermanfaat!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.