Fashion & Beauty

16 Juni 2021

Masih Ragu Memakai Serum Wajah? Ketahui Manfaat dan Cara Pakainya!

Merasa skincare yang sekarang tidak mengatasi masalah kulit? Mungkin Moms butuh serum wajah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Sama seperti tubuh, wajah juga membutuhkan asupan nutrisi yang dapat dipenuhi dengan makanan serta perawatan kulit wajah. Salah satu produk yang perlu dipertimbangkan untuk masuk ke dalam rangkaian perawatan adalah serum wajah. Apa saja manfaat dan bagaimana cara memakai serum wajah?

Pengertian Serum Wajah

Pengertian Serum Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Dalam melakukan perawatan kesehatan dan kecantikan kulit wajah, terdapat beberapa produk perawatan yang dibutuhkan. Salah satu jenis produk skincare yang perlu untuk dipertimbangkan penggunaannya adalah serum.

Serum merupakan satu dari beberapa produk kecantikan yang termasuk dalam rangkaian perawatan kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Serum wajah memiliki tekstur berupa cairan yang cukup ringan dan juga mudah diserap oleh kulit serta bebas dari kandungan minyak.

Adapun kandungan molekul lebih kecil terdapat dalam serum wajah yang dirancang agar dapat memberikan konsentrasi bahan aktif yang tinggi dan mampu menembus jauh ke dalam kulit wajah.

Tekstur serum wajah yang Moms temukan dapat berupa krim, gel, atau tekstur lainnya yang diformulasikan jauh lebih ringan dan memiliki konsistensi mirip seperti air.

Serum juga bisa sepenuhnya mengandung bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan juga ceramide. Kedua bahan ini digunakan untuk membantu kulit wajah Moms mempertahankan kelembapannya.

Biasanya serum tradisional berbahan dasar air memiliki molekul yang sangat kecil sehingga dapat menembus dan menyehatkan lapisan dalam kulit wajah.

Untuk Moms ketahui, biasanya harga serum wajah sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pelembap biasa karena kandungannya yang lebih terkonsentrasi dan dinilai lebih efektif menyerap ke dalam lapisan kulit.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Sensitif

Manfaat Serum Wajah

Manfaat Serum Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Saat ini pilihan serum wajah tersedia dalam berbagai formula yang membantu mengatasi masalah kulit dan merawat kulit, sehingga penggunaan serum sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Manfaat serum wajah akan dapat dirasakan sesuai dengan kandungan dalam produk tersebut.

Nah, berikut ini beberapa manfaat serum wajah yang penting untuk kita ketahui:

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat pertama dari serum pada wajah adalah untuk melembapkan kulit. Kandungan serum dan viskositas serum yang lebih tipis dan ringan menjadikan serum mudah menyerap dan efektif melembapkan kulit hingga 96 persen.

Jika Moms memiliki kulit kering, alangkah baiknya menggunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid, niacinamide, dan juga vitamin E.

Serum wajah dengan kandungan tersebut dapat mengatasi masalah kulit wajah kering dan efektif melembapkan.

Selain itu, serum juga dapat menetralkan kulit wajah agar memiliki kelembapan yang tepat dan tidak terlalu berminyak.

2. Menghilangkan Bintik atau Flek Hitam

Seiring dengan pertambahan usia, bintik hitam pada wajah akan muncul karena paparan sinar ultraviolet (UV). Bintik atau flek hitam pada wajah kita dapat menyebabkan kulit wajah terlihat lebih kusam.

Dikutip dari Heathline, penggunaan serum wajah yang mengandung vitamin C, vitamin E, asam ferulic, dan teh hijau, yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi flek hitam pada wajah.

Selain itu, serum juga bekerja untuk mencegah kerusakan oksidatif dari sinar ultraviolet (UV) pada kulit wajah.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat serum wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit.

Mungkin Moms juga merasa kulit kusam adalah salah satu masalah wajah yang paling banyak dikeluhkan. Namun jangan khawatir, serum wajah dapat membantu mengatasi masalah ini.

Moms dapat memilih serum wajah dengan kandungan AHA, vitamin C, niacinamide, dan glycolic acid yang mampu membuat kulit wajah tidak lagi terlihat kusam dan lebih cerah.

Baca Juga: Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

4. Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan

Garis halus dan kerutan pada wajah merupakan dua jenis tanda penuaan. Munculnya tampilan garis halus dan kerutan ini mungkin akan mengurangi rasa percaya diri.

Manfaat serum wajah juga dapat bekerja untuk mengurangi atau bahkan menunda tanda-tanda penuaan dini.

Sebagai contoh, penelitian dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa adanya peningkatan signifikan terkait warna kulit, elastisitas, kecerahan, kelembutan kulit, dan berkurangnya kerutan setelah 50 orang partisipan berusia 30-65 tahun menggunakan serum yang mengandung vitamin C, E, dan ekstrak sel kultur daun raspberry.

Selain kandungan-kandungan tersebut, Moms juga dapat memilih serum yang mengandung bahan seperti retinol, asam ferulat, glycolic acid dan juga hyaluronic acid untuk mencegah penuaan dini dan mengatasi kerutan.

5. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas akan merusak kulit wajah di masa depan jika tidak dilakukan perawatan yang tepat.

Serum wajah yang mengandung bahan seperti vitamin C dan vitamin A sangat efektif untuk membantu berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB.

6. Merawat Kulit Berjerawat

Jika Moms memiliki kulit yang cukup sensitif dan mudah berjerawat, menggunakan serum adalah pilihan yang sangat tepat.

Manfaat serum wajah salah satunya dapat menenangkan kulit yang sensitif.

Dengan tekstur yang ringan, serum efektif merawat kulit yang rentan berjerawat dan berminyak.

Manfaat serum wajah yang mengandung retinol, benzoil peroksida, dan asam salisilat dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang berpotensi menimbulkan jerawat.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Fungsi lainnya dari serum wajah adalah membantu mengangkat sel kulit mati atau biasa disebut dengan eksfoliasi.

Kandungan AHA dan BHA seperti asam laktat dan asam malat dapat menjadi solusi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Bahan yang terkandung dalam serum dapat melapisi kulit wajah agar kembali terasa lebih halus.

Baca Juga: Mengenal Retinol, Kandungan dalam Skincare untuk Mengatasi Kerutan di Kulit

Cara Memakai Serum Wajah

Cara Memakai Serum Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Layaknya produk perawatan kulit lainnya, cara memakai serum wajah juga punya aturan tersendiri. Agar serum bekerja efektif, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara memakai serum wajah.

1. Bersihkan Wajah

Untuk memakai serum wajah, Moms dapat langsung aplikasikan ke wajah setelah menggunakan pembersih wajah, setelah sabun dan toner.

Serum wajah merupakan produk ringan yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Bahan ini menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan berfungsi efektif setelah membersihkan kulit wajah.

2. Sebagai Lapisan Dasar

Cara memakai serum wajah terbaik agar berfungsi maksimal adalah menjadikannya lapisan dasar di bawah produk perawatan yang lebih berat seperti pelembap wajah, sunscreen, dan setelah itu barulah memakai produk riasan lainnya.

Umumnya, sebotol serum wajah mengandung bahan-bahan aktif seperti antioksidan, berbagai jenis vitamin (Vitamin A, C, dan E), pencerah kulit (asam kojic), peptida, hyaluronic acid, dan juga asam glikolat, dan bahan lainnya.

Oleh karena itu, serum dianggap sebagai produk yang lebih efektif jika dibandingkan dengan pelembap biasa maupun krim wajah karena kandungan konsentrat bahan aktifnya.

Namun demikian, berdasarkan penelitian dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada tahun 2011 menyarankan untuk menggunakan pelembap dan juga serum sebagai perawatan kulit wajah.

Setelah menggunakan serum, Moms dianjurkan untuk melapisi serum dengan pelembap wajah agar dapat memaksimalkan perawatan kulit wajah.

Baca Juga: 9+ Bahan Skincare untuk Kulit Kering, Terbukti Melembapkan dan Menutrisi!

3. Frekuensi Pemakaian

Frekuensi penggunaan serum pada wajah dapat dipakai satu atau dua kali sehari, tergantung tujuan dan kandungan produk serum.

Terdapat banyak jenis serum, dan masing-masing serum mengandung bahan dan tujuan yang unik.

Beberapa serum diformulasi untuk membantu mencerahkan kulit atau mengurangi flek. Sementara itu, ada pula serum yang fokus pada peningkatan hidrasi atau melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Serum antioksidan dan anti pigmentasi akan bekerja paling baik jika digunakan di pagi hari. Serum ini membantu melindungi kulit Moms dari radikal bebas seperti polusi dan sinar matahari.

Sedangkan serum anti penuaan paling cocok diaplikasikan pada malam hari. Hal ini memungkinkan kandungan pada serum tersebut bekerja sesuai dengan ritme harian tubuh untuk perbaikan dan pergantian kulit.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Masalah Kulit

Penggunaan serum yang rutin berpotensi untuk memberikan hasil yang diinginkan dan terasa dampaknya.

Konsentrasi pada bahan aktif yang lebih tinggi juga mungkin dapat memberikan hasil yang jauh lebih terlihat, jika dibandingkan dengan jenis produk kulit lainnya, misalnya pelembap biasa.

Untuk merasakan manfaat yang efektif dari pemakaian serum dalam perawatan kulit wajah, Moms harus terlebih dahulu mengetahui kebutuhan kulit wajah sendiri.

Selanjutnya, pilihlah produk serum wajah yang memiliki kandungan atau bahan yang tepat agar tidak memberikan dampak buruk pada kulit wajah.

Dengan mengetahui kandungan dalam serum wajah yang akan digunakan, serum wajah akan berfungsi maksimal untuk merawat kulit wajah dan mengatasi masalah.

Moms juga dapat memperkirakan efektifitas produk skincare yang akan digunakan dengan memperhatikan ulasan konsumen yang pernah memakai produk tersebut.

Baca Juga: Menarik!! Ini 6 Face Oil yang Layak Masuk Jajaran Skincare Moms

Memakai serum wajah yang berkualitas yang baik dapat membantu kulit Moms menjadi lebih sehat dan memiliki cukup nutrisi. Jadi, tak perlu ragu menambahkan serum dalam rangkaian perawatan kulit Moms sehari-hari, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3050617/#
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7027822/
  • https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum#benefits
  • https://intothegloss.com/2016/03/what-is-serum/
  • https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/skin-care/anti-aging/reasons-to-use-serum.aspx#:~:text=Face%20serums%20are%20lightweight%20moisturizers,care%20concerns%2C%20such%20as%20wrinkles
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait