COVID-19

8 Juli 2021

Sherina Positif COVID-19 Padahal Tidak Pernah ke Mana-mana, Mengapa Bisa Terjadi?

Meskipun sudah menjalani prokes ketat, bisa jadi kita tertular secara tidak sadar lho Moms
placeholder

Foto: Instagram.com/sherinasinna

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Penyanyi sekaligus aktris Tanah Air, Sherina Munaf, mengabarkan bahwa dirinya positif COVID-19. Hal itu pertama kali dibagikannya melalui akun media sosial Instagram pada Rabu, 7 Juli 2021.

"Hasil tes PCR gue positif. Gue nggak ke mana-mana, nggak kontak sama siapa-siapa, nggak pergi selama sebulan ini," tulis Sherina dalam Instagram Storiesnya.

Sherina juga menambahkan, "Selama pandemi dari 2020 nggak pernah dine out, nggak pernah ketemu temen, ngambil job bisa diitung jari (semua job yang gue ambil di mana mengharuskan gue shooting itu tahun lalu dan protokol dari manajemen gue ketat banget, sampai susah banget dapet kerjaan yang mau ngikut protokol kita)."

Baca Juga: Daftar Artis yang Positif COVID-19 di 2021, Terbaru Ada Alice Norin yang Harus Jauh dari Kedua Anak dan Suaminya

Sherina Sama Sekali Tak Pergi Ke Mana-mana

Selain itu, istri dari Baskara Mahendra tersebut menuturkan bahwa ia dan keluarganya berusaha untuk tetap di rumah semenjak PPKM. Jika ada keperluan mendesak yang mengharuskan untuk keluar rumah, seperti berbelanja Sherina pun mengenakan double masker.

"Mendekati PPKM kemarin, kalau harus belanja groceries itu double masking. Apalagi pas selama PPKM ini, kita udah me-lockdown diri SAMA SEKALI nggak ke mana-mana. Entah dari paket, entah salah satu di keluarga gue ada yang OTG, karena bokap masih beberapa kali ke supermarket untuk stock makanan di rumah. Jadi semua di rumah akan gue SWAB," jelasnya.

Setelah membagikan ceritanya pada netizen, Sherina berpesan, "Please, please, please, yang masih rada kendor, kencengin lagi. Gue nggak ke mana-mana aja KENA. Ini bukan ala-ala rajin SWAB terus kaget. Ini bukan kemarin-kemarin pergi-pergi terus bilang padahal udah maskeran terus lalu kaget. Gue sama sekali selama sebulan ini nggak ke mana-mana."

Baca Juga: Ini Prosedur Perawatan Pasien COVID-19 Berdasarkan Gejala, Moms Wajib Tahu!

Bagaimana Cara COVID-19 Menulari Orang?

cara virus corona menulari orang lain

Foto: Orami Photo Stock

Melalui pengalaman Sherina tersebut, mungkin Moms juga ikut bertanya-tanya, mengapa orang yang tidak pernah keluar rumah bisa terpapar COVID-19? Sebenarnya, bagaimana cara virus corona ini menulari orang lain? Simak selengkapnya.

Mengutip laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bukti saat ini menunjukkan bahwa COVID-19 menyebar antarmanusia secara langsung, tidak langsung (melalui benda atau permukaan yang terkontaminasi), atau kontak erat dengan orang yang terinfeksi melalui sekresi mulut dan hidung.

Sekresi ini meliputi air liur, sekresi pernapasan, atau droplet (percikan) sekresi. Sekresi ini dikeluarkan dari mulut atau hidung misalnya ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi. Orang-orang yang berada dalam jarak dekat (1 meter) dengan orang yang terinfeksi dapat terpajan COVID-19 ketika percikan infeksius masuk ke mulut, hidung atau mata mereka.

Untuk menghindari kontak dengan droplet, penting untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, sering mencuci tangan, dan menutup mulut dengan tisu atau siku yang terlipat saat bersin atau batuk.

Ketika menjaga jarak fisik (berdiri dengan jarak satu meter atau lebih) tidak memungkinkan, memakai masker kain adalah langkah penting untuk melindungi orang lain. Sering membersihkan tangan juga sangat penting.

Baca Juga: 9+ Layanan Swab di Rumah untuk Wilayah Jabodetabek, Cek di Sini!

COVID-19 Bisa Menyebar Melalui Permukaan Benda

cara covid-19 menyebar

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, orang dengan virus di hidung dan tenggorokan juga dapat meninggalkan droplet yang pada akhirnya dapat menginfeksi benda dan permukaan (disebut fomit) ketika mereka bersin, batuk, atau menyentuh permukaan, seperti meja, gagang pintu, dan pegangan.

Dengan menyentuh benda atau permukaan ini, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka sebelum membersihkan tangan, orang lain pun dapat turut terinfeksi COVID-19.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk membersihkan tangan secara teratur dengan sabun dan air atau cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, dan membersihkan setiap permukaan benda secara teratur.

Beberapa prosedur medis juga dapat menghasilkan droplet yang sangat kecil (disebut droplet nuclei atau aerosol) yang dapat tetap melayang di udara lebih lama.

Ketika prosedur medis tersebut dilakukan pada orang yang terinfeksi COVID-19 di fasilitas kesehatan, aerosol yang terbentuk dapat mengandung virus COVID-19. Aerosol ini berpotensi terhirup oleh orang lain jika mereka tidak memakai alat pelindung diri yang sesuai.

Oleh karena itu, penting bagi semua petugas kesehatan yang melakukan prosedur medis ini untuk mengambil langkah-langkah kewaspadaan airborne (transmisi melalui udara) tertentu, termasuk menggunakan alat pelindung diri yang sesuai. Pengunjung pun tidak diperbolehkan berada di area di mana prosedur medis tersebut dilakukan.

COVID-19 juga telah dilaporkan terjadi di beberapa tempat tertutup, seperti restoran, klub malam, tempat ibadah, atau tempat kerja di mana orang mungkin berteriak, berbicara, atau bernyanyi.

Hal ini dapat terjadi karena lokasi dalam ruangan di mana tempat orang yang terinfeksi menghabiskan waktu lama dengan orang lain penuh sesak dan ventilasinya yang tidak memadai sehingga penularan aerosol tidak dapat terhindari.

Baca Juga: Do's & Don'ts Perawatan Pasien COVID-19 dari Kementerian Kesehatan dan WHO Indonesia, Catat!

Itulah informasi mengenai cara penularan virus corona. Yuk, jaga diri dan keluarga Moms dengan cara menerapkan protokol kesehatan. Semoga Moms dan keluarga sehat selalu, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait