2-3 tahun

12 Maret 2018

Si Kecil Menolak Memakai Sepatu? Ini Alasannya

Kenali berbagai alasan ia tidak mau pakai sepatu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Orangtua pada umumnya sudah mempersiapkan sepasang sepatu lucu untuk dikenakan oleh buah hati ketika ia sudah mulai belajar berjalan. Si kecil biasanya baru mulai belajar berjalan ketika usianya mencapai 10 bulan.

Sepatu bayi ditujukan untuk melindung bayi agar tidak menapakkan kakinya di lantai yang dingin dan licin, oleh karenanya orang tua selalu memakaikan sepatu terutama jika si Kecil ikut bepergian ke luar rumah.

Namun, tidak semua anak mau memakai sepatu mereka. Ada beberapa anak yang menolak menggunakan sepatu bayi saat ke luar rumah yang bisa disebabkan oleh beberapa alasan ini :

  • Lidah sepatu terlalu berat dan padat sehingga ia tidak nyaman menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Sepatu terlalu keras dan malah jadi pemberat yang membuatnya susah bergerak.
  • Ukuran sepatu bayi yang terlalu sempit sehingga menghambat pergerakan jari-jari di dalamnya atau terlalu longgar sehingga ia kerap kali terpeleset di dalam sepatunya sendiri.
  • Si kecil sedang mengalami blister atau kulit melepuh karena ukuran yang tidak pas.
  • Sepatu bayinya terbuat dari bahan yang tidak sehat dan membuatnya makin mudah berkeringat, seperti bahan sintetis dan bukan katun.

Alasan di atas memang sangat masuk akal dan membuat si kecil menolak untuk memakai sepatu bayi. Salah satu solusi yang bisa diberikan adalah dengan melihat apakah si kecil sudah siap dengan sepatu bayinya.

Bayi sudah bisa dikatakan siap ketika ia mulai merangkak dan berjalan sehingga agar si kecil mau memakai sepatu, Ibu harus cermat memilih produk yang nyaman.

Pilihlah sepatu yang santai dan membuat anak bebas bergerak, seperti sepatu sandal, sepatu kain, sepatu tanpa hak tambahan yang fleksibel. Dengan begini, anak akan merasa seperti tidak menggunakan sepatu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Setelah membiasakan buah hati dengan sepatu kainnya, cobalah menggantinya dengan sepatu standar bertekstur yang lebih keras dan mampu melindungi kaki bayi lebih baik.

Apakah anak Moms juga tidak mau memakai sepatunya? Lalu bagaimana solusi Moms membujuknya? Yuk berbagi di kolom komentar.

Bagaimana? Anda tentu sudah menemukan kunci jawaban mengapa buah hati menolak mengenakan sepatu bayinya, bukan? Solusi yang tertera juga bisa dipraktikkan Moms, agar buah hati bisa mengenakan sepatu paling nyaman di saat tepat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait