Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
10 Maret 2021

7 Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami, Yuk Hindari!

Cari tahu sifat istri yang menghambat rezeki suami dan segera hindari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms bahwa ada sifat-sifat istri yang menghambat rezeki suami? Yuk cari tahu di bawah ini.

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, suami dan istri haruslah saling melengkapi satu sama lain. Suami adalah kepala keluarga yang wajib untuk menafkahi keluarganya, sedangkan peran istri di dalam rumah tangga adalah mengurusi kebutuhan suami dan anak-anaknya.

Menurut Studi dari Harvard University, salah satu kekuatan pernikahan tergantung pada status pekerjaan suami. Jika sering didorakan oleh istri, pekerjaan suami akan semakin stabil. Begitu pun sebaliknya.

Setiap keluarga pasti menginginkan rezeki yang lancar, apalagi semakin hari kebutuhan dan biaya hidup terus meningkat. Inilah yang sering menjadi ujian dalam sebuah rumah tangga. Kadang ada istri yang marah kepada suami saat pemasukan berkurang, hal itu memang wajar dan sering terjadi.

Namun, daripada menyalahkan suami tidak ada salahnya juga untuk introspeksi diri sendiri. Siapa tahu ada sifat istri yang menghambat rezeki suami. Sebab, sifat istri sebagai pembuka rezeki dalam rumah tangga bisa saja dilakukan bahkan saat tidak disadari.

Baca Juga: 11 Nama Bayi Laki-laki dengan Arti Pembawa Rezeki

Apa Saja Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami?

Disadari atau tidak, sifat istri yang menghambat rezeki suami kadang pernah dilakukan. Oleh karena itu, hindari beberapa sifat berikut agar rezeki suami kembali lancar.

1. Kurang Bersyukur

Kurang bersyukur adalah salah satu penghambat rezeki. Padahal, Allah SWT yang memberi jaminan rezeki yang akan diberikan jika seseorang bersyukur. Berapapun dan dalam bentuk apapun rezeki yang diberikan oleh suami, sejatinya itu adalah pemberian Allah SWT yang harus disyukuri.

Allah berfirman: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7).

2. Mengabaikan Kewajiban dalam Beribadah

Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami -1

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu sifat istri yang menghambat rezeki suami adalah melalaikan ibadah kepada Allah SWT. Akan tetapi, bagaimana Allah SWT mau memberikan rezeki yang cukup ketika seseorang jauh dari-Nya? Padahal, makin khusyuk beribadah, maka keimanan pun akan semakin bertambah.

Salah satu bentuk keimanan adalah mempercayai takdir yang Allah beri, dan rezeki bagian dari takdir. Oleh karena itu, jika rezeki suami terasa seret, maka cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pemberi Rezeki, yaitu Allah SWT dengan lebih rajin dalam beribadah dan berdzikir.

Baca Juga: Viral! Curhat Soal Suami di Media Sosial, Begini Kisah Sang Istri yang Rindu Perhatian Suaminya

3. Berat untuk Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu jalan pembuka rezeki. Meski secara logika seseorang mengeluarkan uang saat bersedekah, dengan izin Allah SWT pemberian tersebut akan kembali dengan berlipat. Sedekah tidak akan mengurangi harta karena Allah akan memberikan keberkahan. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS Al-Hadid: 18).

4. Durhaka kepada Suami

Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami -4

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, durhaka kepada suami bukan hanya akan berimbas pada hubungan suami istri, tetapi juga menjadi sifat istri yang menghambat rezeki suami. Ada beberapa hal yang bisa termasuk sifat durhaka kepada suami, yakni tidak melayani suami, serta membicarakan keburukan suami kepada orang lain.

Selain itu, durhaka terhadap suami juga merupakan salah satu perbuatan dosa yang ancamannya tidaklah ringan. Sering disebut juga dengan nusyuz, Allah memiliki aturan tertentu saat istri berbuat nusyuz kepada suami.

5. Tidak Suka Bersilaturahmi

Keutamaan bersilaturahmi adalah salah satunya bisa memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan tetangga adalah salah satu bentuk silaturahmi. Sifat istri yang menghambat rezeki suami selanjutnya adalah tidak suka bersilaturahmi dan sering menutup diri.

Padahal, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang, maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR Bukhari).

Ketika sudah bersuami istri, maka ibadah di antara kalian akan dicatat Allah SWT sebagai amalan suami-istri. Makanya, apa yang dilakukan suami akan berdampak juga ke istri pun sebaliknya. Salah satunya terkait rezeki.

Baca Juga: Para Istri, Lakukan 5 Cara Ini Jika Suami 'Pasif' Saat Bercinta

6. Istri yang Kikir

Sebagian orang menganggap bahwa sedekah akan mengurangi harta. Padahal, sedekah bisa menambah rezeki dan menyisipkan keberkahan di dalamnya. Buktinya, tidak ada istilah orang jatuh miskin karena rajin memberi dan bersedeka.

Orang yang kikir itu tidak mau tahu bahwasannya dari rezeki yang didapatkannya ada yang harus diberikan kepada orang yang membutuhkan. Karena kikir adalah sifat istri yang menghambat rezeki suami, segeralah berintrospeksi dan memperbaiki diri agak rezeki suami kembali mengalir.

7. Istri yang Boros

Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami -7

Foto: Orami Photo Stock

Tak peduli seberapa besar penghasilan suami, jika istrinya terlalu boros, maka penghasilan tersebut akan terasa kecil dan tidak mencukupi. Sifat boros hanya akan menjatuhkan diri ke dalam jurang kesengsaraan.

Oleh karena itu, hempaskan jauh-jauh sifat istri yang menghambat rezeki suami ini dan mulailah berhemat. Sesuaikan saja pengeluaran diri dan rumah tangga dengan kemampuan suami, sehingga rezeki tersebut akan menjadi lebih berkah.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait