Rupa-rupa

RUPA-RUPA
17 Juni 2020

Menanggulangi Pandemi, Ini Hal yang Perlu Diketahui tentang SIKM untuk DKI Jakarta

Coba lihat persyaratan dan cara membuatnya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menghadapi pandemi virus corona (COVID-19), pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Setelah memberlakukan PSBB sebelumnya, kali ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan SIKM. Apa itu SIKM?

SIKM adalah Surat Izin Keluar Masuk yang menjadi surat yang diberikan sebagai dispensasi untuk dapat melakukan kegiatan bepergian keluar dan/atau masuk sebuah wilayah, guna mencegah kemungkinan melonjaknya kasus COVID-19 baru.

Baca Juga: Wacana Pelonggaran PSBB, Bisa Jadi Perwujudan Herd Immunity yang Berisiko

Surat ini memungkinkan orang-orang yang tinggal di luar Jabodetabek untuk masuk ke Jakarta. Meski begitu, surat ini tidak diberikan begitu saja untuk orang-orang. Terdapat persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja? Yuk kita simak.

Jenis SIKM

apa itu SIKM

Foto: realitarakyat.com

Berdasarkan Pasal 9 Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 dijelaskan jenis SIKM ada dua, yakni SIKM yang bersifat perjalanan berulang dan SIKM yang bersifat perjalanan sekali.

SIKM yang bersifat perjalanan berulang diperuntukkan bagi pegawai/pekerja, pelaku usaha, atau orang asing yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta, namun tempat kerja/tempat usaha berada di luar Jabodetabek.

Juga untuk pegawai/pekerja, pelaku usaha, atau orang asing yang berdomisili di luar Jabodetabek, namun tempat kerja/tempat usaha berada di Provinsi DKI Jakarta.

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan SIKM?

apa itu SIKM

Foto: ANTARA FOTO/Fauzan

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan, yang boleh mengantongi SIKM adalah orang, pelaku usaha atau orang asing di 11 sektor usaha yang diizinkan beroperasi selama masa pandemi COVID-19.

Di antaranya adalah sektor kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar-utilitas publik dan industri objek vital, serta kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Organisasi Kesehatan Dunia Sebutkan 6 Syarat New Normal, Ini Penjelasannya

Di samping itu, SIKM juga bisa didapat oleh orang yang hendak keluar/masuk Jakarta karena ada keperluan mendesak, misalnya keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia.

Meski begitu, ada juga yang tak memerlukan SIKM untuk keluar/masuk Jakarta. Ada 9 pihak yang tetap dibolehkan bepergian, di antaranya:

Pengecualian lainnya adalah untuk orang atau pelaku usaha yang memiliki KTP elektronik Jabodetabek dan orang asing yang memiliki KTP elektronik/izin tinggal tetap/izin tinggal terbatas Jabodetabek, dengan tujuan dan/atau dari daerah Jabodetabek juga tak memerlukan SIKM.

Syarat dan Ketentuan Membuat SIKM

apa itu SIKM

Foto: ayojakarta.com

Masing-masing jenis SIKM, berdasarkan domisili, membutuhkan sejumlah persyaratan dokumen untuk bisa diurus. Persyaratan untuk mengurus SIKM bagi warga domisili Jakarta adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bantu Petugas yang Terlibat Tangani Pandemi COVID-19, dengan 4 Langkah Ini

  1. Surat pengantar dari Ketua RT yang diketahui Ketua RW tempat tinggalnya
  2. Surat pernyataan sehat bermaterai
  3. Surat keterangan:
  • perjalanan dinas keluar Jabodetabek (untuk perjalanan sekali);
  • surat keterangan bekerja bagi pekerja yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek (untuk perjalanan berulang); atau
  • surat keterangan memiliki usaha di luar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat berwenang (untuk perjalanan berulang)
  1. Pas foto berwarna
  2. Pindaian KTP

Ada pula ketentuan untuk warga bertempat tinggal di luar wilayah Jabodetabek:

  1. Surat keterangan dari kelurahan/desa asal
  2. Surat pernyataan sehat bermaterai
  3. Surat Keterangan Bekerja di DKI Jakarta dari tempat kerja (untuk perjalanan berulang)
  4. Surat Tugas/Undangan dari instansi/perusahaan tempat bekerja di Jakarta
  5. Surat jaminan bermaterai dari keluarga atau tempat kerja yang berada di Provinsi DKI Jakarta yang diketahui oleh Ketua RT setempat (untuk perjalanan sekali)
  6. Surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta untuk pemohon dengan alasan darurat
  7. Pas foto berwarna
  8. Pindaian KTP

Baca Juga: Perbedaan Rapid Test dan Swab Test, Wajib Tahu!

Cara Membuat SIKM

apa itu SIKM

Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan

Pengurusan SIKM dilakukan secara online melalui laman resmi corona.jakarta.go.id, pada menu Izin Keluar-Masuk Jakarta, dengan cara:

  1. Klik tombol “Urus SIKM”, lalu akan diarahkan ke laman JakEvo.
  2. Selanjutnya, mengisi formulir permohonan dilengkapi berkas persyaratan.
  3. Untuk mempermudah proses pengurusan izin, kita disarankan mengurus izin menggunakan laptop atau personal computer (PC).

Pembuatan SIKM ini tidak dipungut biaya dan penerbitannya dilakukan sekitar 1 hari kerja sejak permohonan beserta seluruh dokumen persyaratan dinyatakan lengkap secara daring.

Bila formulir permohonan SIKM dinyatakan lengkap, SIKM akan diterbitkan secara elektronik dalam bentuk QR-code. Lalu cetak dokumen dan tunjukkan saat hendak menuju Jakarta.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait