Kesehatan

9 September 2021

5 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan dan Kekuatan Otot

Bermanfaat bila dilakukan dengan benar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Selain push up, sit up adalah latihan dasar lain yang direkomendasikan untuk dapat membentuk serta menguatkan otot perut dan panggul.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak memahami cara sit up yang benar dan berisiko mengalami cedera.

Sit up adalah salah satu jenis olahraga yang cukup populer. Banyak orang melakukannya selepas lari pagi di akhir pekan.

Kegiatan itu memberikan manfaat lebih banyak apabila dilakukan secara rutin, setidaknya 10-20 kali dalam sehari.

Sit up adalah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut yang diangkat kearah atas dan dilakukan secara berulang-ulang.

Nah Moms, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu tahu gerakan sit up yang benar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Perut Rata Dengan 4 Langkah Killer Abs Workout Ini

Manfaat Gerakan Sit Up

sit-up.jpg

Foto: ob-fit.com

Salah satu dari banyak alasan sit up selalu populer adalah karena mereka mudah dimodifikasi sehingga Moms dapat memberikan challenge untuk diri sendiri, seiring dengan peningkatan kekuatan tubuh.

Namun, melakukan sit up juga harus disertai dengan pengetahuan dan pemahaman yang benar. Karena jika tidak melakukannya dengan benar, Moms dapat melukai tulang belakang dan leher.

Melansir Pure Gym, manfaat dari gerakan sit up antara lain:

1. Memperindah Bentuk Otot Perut

Otot perut sixpacks adalah idaman bagi setiap orang yang mulai rajin work out bukan?

Nah, cara terbaik untuk mendapatkan otot perut sixpack salah satunya adalah dengan melakukan latihan sit up.

Untuk membakar lemak bagian perut, Moms dan Dads bisa lakukan olahraga jenis aerobik dan untuk memperkuat, membentuk, dan mengencangkan otot perut.

2. Memberikan Tubuh yang Bugar

Agar bisa memiliki tubuh yang bugar secara menyeluruh, lakukan latihan otot inti pada bagian perut. Pilihan lain selain berlatih aerobic adalah dengan melakukan sit up.

Baca Juga: 6 Manfaat Push Up Tiap Hari, Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

3. Tidak Membutuhkan Biaya

Selain tidak membutuhkan budget untuk melakukannya, Moms juga bisa melakukan sit up dimanapun dan kapanpun tanpa membutuhkan peralatan seperti dumbbell dan lainnya. 

4. Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagai salah satu jenis latihan otot perut, sit up juga efektif untuk memperbaiki postur / bentuk tubuh, lho.

Selain itu, sit up juga bisa mengurangi sakit pinggang bawah dan cedera otot pasca latihan.

Dengan memiliki postur tubuh yang lebih baik maka dipastikan Moms akan lebih percaya diri dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

5. Membakar Banyak Kalori Tubuh

Melakukan sit up secara rutin bisa membantu tubuh dalam membangun otot perut sekaligus membakar kalori lebih banyak didalam tubuh.

Baca Juga: 10 Minutes Workout to Strengthen Your Body

Cara Sit Up yang Tepat

Agar mendapatkan beragam manfaat di atas, tentu Moms harus memastikan gerakan sit up sudah dilakukan dengan benar.

Melansir Healthline, ini dia cara sit up yang tepat. Yuk ditiru!

1. Hands to Heels

Hands To Heels.jpg

Foto: line-today.com

Cara sit up yang benar nomor satu dengan teknik hands to heels. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di atas tikar. Jaga agar lutut Moms tertekuk, kaki rata di lantai, dan kaki selebar pinggul.
  2. Rentangkan tangan Moms di atas kepala dan jaga agar selebar bahu. Pastikan punggung bagian bawah dalam posisi miring ke belakang.
  3. Buang napas dan dorong tubuh bagian atas ke atas. Secara bersamaan, ayunkan tangan Moms dari atas kepala ke sisi tumit Anda.
  4. Tarik napas dan kembali ke posisi awal.
  5. Pertahankan pandangan Moms secara diagonal ke atas di langit-langit.

2. Straight Leg Sit-ups

Straight-Leg-Sit-Up.jpg

Foto: pop-sugar.com

Cara sit up yang benar nomor dua dengan teknik straight leg sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di lantai. Buka kaki selebar pinggul, dan tangan di atas kepala, dan lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.
  2. Buang napas dan tarik tubuh bagian atas ke atas ke posisi duduk. Jaga agar tangan Moms terulur di atas kepala.
  3. Tarik napas dan gulung kembali ke atas matras.

Baca Juga: HIIT Workout, Yuk Pelajari Lebih Jauh!

3. Butterfly Sit-ups

Butterfly Sit-ups.jpg

Foto: pop-sugar.com

Cara sit up yang benar nomor tiga dengan teknik butterfly sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Duduklah di atas tikar. Jaga agar lutut Moms tertekuk, dan telapak kaki rata di lantai.
  2. Buka paha Moms dan tempelkan telapak kaki kanan pada telapak kaki kiri.
  3. Berbaring dan rentangkan tangan Moms di atas kepala, dan lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.
  4. Buang napas dan tarik tubuh bagian atas pada posisi duduk. Secara bersamaan, ayunkan tangan Moms dari atas kepala hingga tepat di luar jari kaki.
  5. Tarik napas dan perlahan turun kembali ke posisi awal.

4. Weighted Sit-ups

Weighted Sit-ups.jpg

Foto: pinterest.com

Cara sit up yang benar selanjutnya dengan teknik weighted sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Moms dapat melakukan ini menggunakan dumbbell atau piring.
  2. Duduklah di atas tikar. Jaga agar kaki Moms terbuka selebar pinggul, kaki rata di lantai, punggung lurus, dan bahu santai.
  3. Pegang beban dengan kedua tangan dan angkat tepat di atas kepala Moms. Pastikan siku Moms sedikit tertekuk.
  4. Gulung kembali perlahan. Pastikan tulang belakang Moms rata di lantai, dan tangan tepat di atas kepala. Ini adalah posisi awal.
  5. Buang napas dan duduk. Jangan mengangkat kaki Moms dari lantai dan jaga punggung lurus. Lihatlah secara diagonal ke langit-langit.
  6. Tarik napas dan kembali ke posisi awal.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

5. V-Ups

V-Ups.jpg

Foto: pinterest.com

Cara sit up yang benar nomor lima dengan teknik V-ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di atas tikar. Pertahankan kedua kaki Moms, kedua tangan terulur di atas kepala, dan tulang belakang dalam posisi miring ke belakang.
  2. Angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas secara bersamaan, sambil obalah menyentuh jari kaki. Pertahankan pandangan Moms secara diagonal ke atas di langit-langit.
  3. Tarik napas dan gulung kembali ke posisi awal.

6. Bent Leg Sit-ups

Bent Leg Sit-ups.jpg

Foto: shutterstock.com

Cara sit up yang benar nomor enam dengan teknik bent leg sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di lantai sembari lenturkan lutut Moms.
  2. Lalu letakkan kaki Moms rata di lantai dan tangan di atas kepala, sembari lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.
  3. Buang napas dan tarik tubuh bagian atas ke atas dalam posisi duduk. Tangan Moms harus tetap berada di atas kepala, ya.
  4. Tarik napas dan gulung kembali ke posisi awal.

Baca Juga: 10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Tips Saat Melakukan Latihan Sit Up

sit up.jpg

Foto: pinterest.com

Berikut adalah tips melakukan sit up. Tidak hanya menjaga gerakan agar sesuai, ternyata tempo juga sangat berpengaruh lho, Moms. Yuk simak tipsnya, yaitu:

  1. Pemula harus mulai dengan 3 set 10 repetisi dan berkembang sesuai dengan itu. Untuk meningkatkan rutinitas, tingkatkan jumlah pengulangan yang Moms lakukan.
  2. Kunci untuk membangun kekuatan inti adalah teknik pernapasan. Ambil napas dalam-dalam dan jaga kecepatannya, benar-benar berkonsentrasi pada mengencangkan otot dan menahan posisi.
  3. Mulailah dengan kaki 12-18 inci dari pantat dan terus lakukan curl-up. Tapi saat Moms merasa tidak bisa melakukannya lagi, tambah jarak antara pantat dan kaki. Sudut baru antara otot perut dan kaki ini akan membawa Moms melewati beberapa repetisi lagi.
  4. Nyeri punggung bagian bawah adalah keluhan utama orang yang melakukan sit-up. Jika kecepatan gerakannya terlalu cepat, itu akan mengakibatkan sakit punggung bagian bawah yang parah. Untuk menghindari rasa sakit, Moms bisa melakukan variasi yang tidak terlalu intens dari sit-up dengan bola latihan untuk mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah.
  5. Moms juga bisa menambahkan beban untuk meningkatkan sit-up Moms dan menantang diri sendiri. Ambil saja sepasang dumbel dan pegang di tangan Moms.
  6. Mengikuti tips ini akan memastikan Moms melakukan latihan dalam bentuk yang benar dan membantu menghindari cedera.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Demikian Moms informasi seputar sit up. Semoga bermanfaat, ya!

  • https://www.healthline.com/health/sit-ups-benefits
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/pros-and-cons-of-performing-sit-ups/photostory/75741375.cms
  • https://livefit.com/blogs/livefit/7-reasons-you-should-do-sit-ups-every-day
  • https://www.verywellfit.com/how-to-do-sit-ups-techniques-benefits-variations-5075764
  • https://www.puregym.com/exercises/abs/sit-up/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait