Parenting

PARENTING
21 April 2020

Berada di Rumah, Ini 5 Skill Selama Pandemi COVID-19 yang Moms Dapatkan

Moms semakin mahir melakukan multitasking
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Selama pandemi COVID-19, pemerintah telah membuat beberapa kebijakan untuk mengurangi interaksi sosial demi menekan penyebaran virus corona, seperti bekerja dan belajar di rumah, serta PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Moms pun harus melakukan adaptasi seiring dengan berubahnya rutinitas, apalagi dengan kehadiran suami yang bekerja di rumah dan selalu bersama anak selama seharian penuh.

Di sisi lain, ada beberapa skill yang didapatkan secara sadar atau tidak selama pandemi virus corona ini, lho. Terutama bila Moms memanfaatkan waktu ini untuk menjadi lebih produktif.

Baca Juga: 5 Kegiatan Akhir Pekan yang Produktif untuk Si Kecil dan Keluarga

Skill yang Didapatkan Selama Pandemi COVID-19

Baik pada ibu yang bekerja ataupun sebagai ibu rumah tangga, ada beberapa keahlian yang didapatkan seiring dengan pandemi virus corona, di mana Moms harus terus berada di rumah.

1. Semakin Jago Multitasking

skill selama pandemi-1

Foto: Orami Photo Stock

Multitasking merupakan salah satu skill yang didapatkan selama pandemi COVID-19.

Hal ini tentunya lebih dirasakan oleh para ibu bekerja yang work from home.

Moms dapat melakukan beberapa hal secara bersamaan, seperti menyelesaikan pekerjaan sekaligus mengajari anak yang sedang mengerjakan tugas dan belajar dari rumah.

Pada awalnya, perubahan ini mungkin terasa sulit dilakukan. Tetapi, semakin lama beradaptasi, Moms akan terbiasa.

Karenanya, penting agar membuat rutinitas bahkan ketika produktivitas harus dilakukan di dalam rumah saja.

2. Tahu Cara Melakukan Disinfektan

skill selama pandemi-2

Foto: Orami Photo Stock

Sudah banyak para ahli yang menekankan pentingnya individu agar tetap menjaga kebersihan. Terutama dengan mencuci tangan dan melakukan disinfektan pada permukaan.

Karena hal ini, Moms jadi mencari tahu tentang produk pembersih rumah tangga yang bisa menjadi bahan disinfektan, sekaligus cara membersihkan permukaan yang disarankan untuk mengurangi risiko terpapar virus COVID-19.

Mengetahui cara melakukan disinfektan menjadi keahlian tambahan yang didapatkan selama berada di rumah.

Baca Juga: 5 Keuntungan #DiRumahAja dalam Menjalani Peran Kartini Masa Kini

3. Lebih Sabar Mengajarkan Anak Saat Belajar di Rumah

skill selama pandemi-3.jpg

Foto: sunnyskyz.com

Tidak hanya bagi para karyawan, sekolah-sekolah juga sudah melaksanakan kebijakan belajar di rumah, dan mengandalkan aplikasi untuk melakukan aktivitas mengajar oleh para guru.

Karena absennya guru untuk melakukan pengajaran tatap muka, hal ini membuat Moms perlu membantu anak dalam mengajarkan materi. Ditambah lagi dengan tugas yang diberikan.

Alhasil, kondisi ini membuat Moms punya skill untuk lebih sabar saat mengajarkan materi sekolah anak selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

4. Keahlian Memasak Semakin Bertambah

skill selama pandemi-4

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menjaga higienitas bahan makanan yang hendak dikonsumsi, tentunya perlu memasak sendiri menu makanan bagi keluarga. Skill memasak Moms juga semakin meningkat kala pandemi.

Agar tidak bosan, Moms bisa mengkreasikan resep yang sederhana, atau mengajak Si Kecil untuk memasak bersama sebagai kegiatan di rumah yang menarik sekaligus quality time dengan keluarga.

Baca Juga: 10 Makanan yang Cocok untuk Masak Bareng Balita

5. Mahir dalam Mengatur Keuangan Keluarga

skill selama pandemi-5

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui, salah satu kelebihan berada di rumah ketika pandemi virus corona adalah, Moms dapat melakukan penghematan dengan tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tak penting.

Saat pandemi, tentunya Moms memilih tidak jajan, enggan pergi hang out bersama teman, atau mengurungkan niat untuk liburan bersama keluarga, demi melindungi diri dari paparan virus COVID-19.

Hal ini membuat Moms semakin ahli dalam mengatur keuangan keluarga, karena pengeluaran tambahan juga menjadi lebih sedikit, dan Moms bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung agar bisa digunakan untuk hal yang lebih penting.

Itu dia, beberapa skill yang didapatkan selama pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia. Ingat, jaga kesehatan dan kebersihan selalu ya, Moms!

Artikel Terkait