Fashion & Beauty

16 September 2021

7+ Skin Care untuk Kulit Berminyak, Simak Ya Moms!

Moms, berikut ini pilihan skin care untuk kulit berminyak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Setiap dari kita memiliki jenis kulitnya masing-masing, salah satunya adalah kulit berminyak. Jika Moms pemilik jenis kulit ini, perhatikan skin care untuk kulit berminyak yang paling tepat, ya.

Cara merawat kulit berminyak memang membutuhkan perawatan yang khusus dan sesuai. Sebab, kulit berminyak ini sering kali membuat wajah menjadi berkilap, kusam, dan meningkatkan risiko terjadinya jerawat.

American Academy of Dermatology mengungkapkan, meski kulit berminyak mudah menyumbat pori-pori, ada beberapa kelebihannya memiliki jenis kulit ini.

Pada dasarnya, minyak membantu menjaga kulit sehingga pemilik kulit berminyak cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dan sedikit kerutan.

Sementara itu, seberapa banyak minyak di wajah sebenarnya Moms tidak bisa seratus persen mengontrolnya.

Untuk itu, kuncinya adalah menjaga keseimbangan antara minyak di kulit dan kelembapan alami.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Skin Care untuk Kulit Berminyak dan Tahapan Perawatan Kulitnya

Nah, berikut ini skin care untuk kulit berminyak yang perlu Moms pahami.

1. Sabun Pembersih Wajah

Sabun Pembersih Wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Skin care untuk kulit berminyak yang paling penting dan utama, yaitu memilih sabun pembersih wajah yang tepat.

Gunakan sabun cuci muka yang lembut setiap pagi, sore, dan setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat.

Hindari menggunakan pembersih wajah yang terlalu keras karena dapat memicu peningkatan produksi minyak dan mengiritasi kulit.

Nah, beberapa kandungan sabun cuci muka yang dapat Moms pilih, yaitu salicyic acid, glycolic acid, beta-hydroxy acid, ceramide, atau benzoyl peroxide.

Pilih sabun cuci muka yang memiliki tekstur gel agar lebih mudah meresap ke dalam kulit.

“Jika kulit sangat berminyak atau mudah sekali berjerawat, maka pilihan sabun cuci muka yang paling tepat mengandung salicyic acid. Kandungan ini secara efektif menghilangkan minyak bersama sel-sel mati di permukaan kulit untuk membuat kulit kusam dan menjaga pori-pori tetap bersih,” ungkap Dr. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi, Mount Sinai Hospital.

Sementara menurut Robert Anolik, MD, direktur medis untuk BeautyBar.com, glycolic acid membantu mengurangi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Aplikasikan Toner

toner untuk wajah berminyak

Foto: Orami Photo Stock

Toner yang mengandung witch hazel merupakan pilihan bagus untuk Moms pemilik kulit wajah berminyak.

Menurut The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, zat alami, seperti witch hazel, memiliki sifat yang dapat menenangkan kulit.

Witch hazel memiliki kandungan tanin tinggi yang menjadikannya sebagai zat alami dan anti inflamasi. Banyak orang dengan kulit berminyak menggunakan witch hazel sebagai satu-satunya toner mereka.

Pemilik jenis kulit berminyak juga bisa mempertimbangkan toner dengan kandungan astringent di dalamnya. Astringent yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit.

Namun pada beberapa orang, toner astringent alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil dan menghilangkan sedikit produk atau riasan yang dapat menyumbat pori-pori.

Untuk menggunakan, oleskan ke bola kapas atau kapas dan usapkan ke seluruh area wajah dan leher. Lakukan ini setelah pembersihan, tetapi sebelum mengoleskan pelembap atau obat jerawat topikal.

Astringent juga bagus untuk digunakan di antara mencuci wajah untuk membersihkan minyak berlebih dan menghilangkan kilau berminyak yang muncul di siang hari.

Beberapa toner astringent mungkin memiliki zat yang mengandung bahan, seperti asam glikolat atau asam salisilat yang juga dapat membantu menghilangkan jerawat.

Perlu Moms ingat bahwa, produk toner astringent mungkin tidak cocok untuk semua orang. Beberapa orang mungkin mendapati bahwa wajah mereka tergelitik atau merasa gatal saat menggunakan toner astringent.

Jika hal tersebut terjadi, itu mungkin merupakan tanda iritasi yang dapat menyebabkan produksi sebum lebih banyak.

Oleh karena itu, Moms sebaiknya melakukan patch test sebelum menggunakan toner apa pun.

3. Rutin Gunakan Pelembap

Rutin Gunakan Pelembap

Foto: Orami Photo Stock

Ya, meskipun Moms memiliki kulit berminyak, ternyata pelembap wajah itu penting untuk digunakan, lho!

Pelembap wajah sebagai skin care untuk kulit berminyak bertujuan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Sebab, pemilik kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi kulit dan hal ini harus dicegah.

Menurut Dr. Heidi Waldorf, dokter kulit di Waldorf Dermatology Aesthetics, New York, pelembap wajah penting digunakan untuk menjaga pelindung kulit tetap utuh.

Sebaiknya, pilih pelembap yang bebas minyak dan tidak mengandung paraben atau pewangi.

Beberapa kandungan pelembap sebagai skin care untuk kulit berminyak bisa memilih yang mengandung glycerin, hyaluronic acid, dan amino acids.

Kandungan ini bermanfaat untuk melembapkan kulit secara mendalam dan tidak terasa berat di kulit.

Nah, Moms juga bisa mencoba pelembap wajah yang mengandung niacinamide untuk membantu mencerahkan noda hitam di kulit, serta menjaga kulit tetap halus dan lembut secara mendalam.

“Tujuannya tetap merawat kulit dengan lembut, bukan mengupas semua minyak di kulit. Jika kulit terlalu kering justru akan menyebabkan lebih banyak sebum di wajah yang mengakibatkan wajah semakin berminyak,” ungkap Dr. Michelle Park dari Washington Square Dermatology.

“Bukti menunjukkan bahwa niacinamide menyerap sebum,” kata Diane Berson, MD, asisten profesor dermatologi di Weill Medical College of Cornell University yang memiliki praktik pribadi di New York City.

Niacinamide atau yang disebut juga dengan vitamin C3 dapat memperkuat penghalang kulit dan merangsang produksi kolagen alami.

Kandungan ini pun dapat memperkuat lapisan luar kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit akibat kerusakan, seperti hiperpigmentasi dan pori-pori besar.

Baca Juga: 6 Pelembap Wajah untuk Ibu Hamil yang Aman

4. Jangan Lupakan Sunscreen

Jangan Lupakan Sunscreen.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Skin care untuk kulit berminyak berikutnya yang penting untuk digunakan adalah sunscreen atau tabir surya.

Sunscreen membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit.

Nah, masalah yang sering terjadi apabila pemilik kulit berminyak memakai sunscreen adalah kulit yang semakin berminyak dan kusam.

Cara menyiasatinya adalah gunakan sunscreen dengan kandungan yang tepat. Carilah sunscreen yang bebas minyak dan memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioxide.

Hindari menggunakan sunscreen mengandung pewangi, ya, Moms.

Sementara itu, gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dengan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB (broad spectrum) untuk menjaga kulit secara mendalam.

Moms juga dapat menggunakan sunscreen yang mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik.

Hasilnya, kulit terlindung dari sinar UV matahari dan sehat dari dalam.

5. Rutin Memakai Masker Wajah

Rutin Memakai Masker Wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Skin care untuk kulit berminyak selanjutnya, yakni memakai masker wajah. Nah, banyak sekali jenis masker wajah yang dijual di pasaran.

Lantas, jenis masker seperti apa yang paling tepat untuk kulit berminyak?

Moms bisa memilih masker lumpur (mud mask) sebagai pilihan masker yang tepat untuk kulit berminyak. Mengapa demikian?

Studi dalam Journal of Cosmetic Science menyatakan, masker lumpur memiliki kandungan mineral yang tinggi dan dapat merangsang sirkulasi darah serta membersihkan sel kulit mati.

Masker lumpur akan menjadi lebih baik dicampurkan dengan garam.

Nah, Moms bisa menemukan kandungan tersebut dalam berbagai jenis produk masker lumpur yang tayang di pasaran.

Manfaat lainnya masker lumpur untuk kulit berminyak, yaitu menghilangkan kotoran dan mampu membersihkan pori-pori secara mendalam.

Masker lumpur juga bertugas untuk menyerap minyak berlebih di wajah, sedangkan kulit kering justru membutuhkan sebum agar kulitnya tetap lembap.

Selain masker lumpur, jenis masker lainnya untuk kulit berminyak adalah masker madu. Masker ini memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik yang baik untuk kulit berminyak.

Cukup gunakan masker madu selama 10 menit untuk merawat kulit berminyak tetap lembap dan terasa lembut.

Masker yang mengandung oatmeal juga baik untuk menjaga kulit berminyak.

Masker oatmeal dapat membantu membersihkan kulit, mengandung antioksidan yang tinggi, dan menjadi masker yang mampu menenangkan kulit yang iritasi.

Jika Moms ingin membeli skin care untuk kulit berminyak, pilih masker dengan kandungan di atas, ya.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

6. Sediakan Kertas Minyak

Sediakan Kertas Minyak.jpg

Foto: freepik.com

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, kita tidak dapat menentukan seberapa banyak minyak yang terdapat di wajah.

Banyak faktor yang memengaruhinya, seperti hormon dan gen.

Nah, apabila produksi minyak wajah terlalu banyak, Moms dapat menggunakan blotting paper atau kertas minyak. Ini juga bisa menjadi skin care untuk kulit berminyak.

Tekan kertas minyak dengan lembut ke wajah Moms dan biarkan selama beberapa detik untuk menyerap minyak. Hindari menggosokkan kertas di wajah karena justru dapat menyebarkan minyak ke area wajah yang lain.

Jika Moms harus bepergian, sebaiknya tetap sediakan kertas minyak di tas, ya!

7. Eksfoliasi Wajah Itu Penting

Eksfoliasi Wajah Itu Penting

Foto: Orami Photo Stock

Eksfoliasi wajah itu penting untuk pemilik kulit berminyak. Pilih produk eksfoliasi wajah yang tepat sebagai skin care untuk kulit berminyak.

Tujuannya untuk mencegah munculnya jerawat dan komedo, serta membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Gunakan produk eksfoliasi wajah yang mengandung salicyic acid atau glycolic acid yang cocok untuk kulit berminyak.

"Glycolic acid bermanfaat dalam losion, kulit, dan krim untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat," kata Dr. Patricia Wexler dari Wexler Dermatology.

Pembersih wajah yang mengandung scrub juga bisa mampu eksfoliasi wajah. Jika Moms menggunakan scrub wajah, hindari menggosok wajah terlalu keras.

Pemilik kulit berminyak juga dapat merusak kulitnya jika terlalu agresif melakukan pengelupasan.

Namun, hindari mengeksfoliasi wajah setiap hari karena dapat membuat wajah menjadi iritasi karena terlalu banyak menggunakan produk pengelupas.

Sebaiknya, eksfoliasi wajah 1-2 kali dalam seminggu, atau sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kulit, ya, Moms!

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

8. Gunakan Skin Care Retinol

Gunakan Skincare Retinol.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Skin care untuk kulit berminyak berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan serum. Nah, serum ini biasanya digunakan pada malam hari.

Gunakan skin care yang mengandung retinol untuk membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan mengelupas sel-sel kulit mati.

Hasilnya, meningkatkan pergantian sel dan menjaga kulit tetap halus.

Retinoid juga mampu mengontrol sebum di wajah, meningkatkan pigmentasi, mencegah timbulnya jerawat, dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Jadi, pastikan Moms menggunakan serum dengan retinol setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, ya!

Hindari menggunakan skin care yang mengandung minyak nabati, minyak kelapa, petroleum jelly, serta shea butter.

Sebab, kandungan ini akan semakin menyumbat pori-pori di wajah yang akhirnya menimbulkan lebih banyak minyak di wajah.

Baca Juga: 7 Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

9. Gunakan Produk Bebas Minyak dan Berbasis Air

skincare bebas minyak

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui bahwa ada beberapa produk skin care yang dapat memicu wajah memproduksi minyak. Moms yang memiliki jenis kulit berminyak tentu saja perlu menghindarinya agar tidak membuat wajah semakin berminyak.

Oleh karena itu, pilih lah produk dengan label "bebas minyak", terutama untuk produk pelembap, tabir surya, dan riasan.

Pastikan juga produk perawatan kulit Moms berlabel noncomedogenic sehingga dapat mencegah penyumbatan pori (komedo) yang cenderung memicu jerawat.

Produk berbasis air adalah pilihan bagus lainnya untuk jenis kulit berminyak. Produk berbasis air biasanya menggunakan basis gel dan tidak meninggalkan residu berat pada kulit.

Moms dapat menemukan produk berbasir air pada gel pelembap, tabir surya, dan alas bedak. Obat jerawat topikal pun kini telah banyak tersedia dalam bentuk gel yang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak.

Itulah beberapa skin care untuk kulit berminyak yang bisa Moms gunakan. Ingat, satu tips penting bagi Moms pemilik kulit berminyak adalah hindari menyentuh wajah setiap hari.

Meskipun ada kalanya Moms tergoda untuk menyentuh wajah, hal tersebut dapat menyebabkan kotoran, minyak, dan bakteri dari tangan menempel ke wajah.

Jika Moms ingin menyentuh wajah, pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dulu, ya!

  • http://aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090#_noHeaderPrefixedContent
  • https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/the-best-ingredients-to-control-oily-skin.aspx
  • https://www.healthline.com/health/skin-care-routine-for-oily-skin-2
  • https://www.verywellhealth.com/acne-and-oily-skin-15964
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4025519/
  • https://www.researchgate.net/publication/6548248_A_facial_mask_comprising_Dead_Sea_mud
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait