Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
26 Februari 2021

7 Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Dijamin kulit jadi lebih bersih dan sehat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Memilih skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat memang gampang-gampang susah. Kalau sudah menemukan skincare yang tepat, manfaatnya juga pasti maksimal.

Namun, apabila salah memilih produk skincare, maka bisa berbahaya untuk kesehatan kulit.

Kalau menurut American Academy of Dermatology Association, kunci utama untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat adalah tetap bersikap lembut terhadap kulit.

Caranya dengan memilih skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang lembut dan bebas alkohol atau pewangi.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Hindari menggunakan produk yang dapat mengiritasi kulit, karena bisa memperparah jerawat yang sudah ada dan mengelupas kulit.

Selain itu, jangan terlalu sering mencuci muka, cukup lakukan dua kali sehari.

Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Nah, apabila Moms masih bingung memilih skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat, maka beberapa tahapan ini perlu diperhatikan.

1. Gunakan Pembersih Wajah Berbusa Lembut

Gunakan Pembersih Wajah Berbusa Lembut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara sederhana untuk menjaga kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Lakukan cuci muka dua kali sehari, baik pagi maupun malam.

Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang harus diperhatikan adalah pemilihan sabun muka. Gunakan sabun muka yang memiliki tekstur krim atau lotion, serta berbusa lembut.

Pembersih berbusa bekerja lebih baik dalam membersihkan minyak berlebih dan membuat kulit Moms lebih terasa segar dan bersih.

Ketika sedang menjalani aktivitas yang mengeluarkan keringat berlebih, seperti berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan, selalu ingat untuk segera membersihkan wajah.

Sebab, keringat dapat mengiritasi jerawat yang ada dan meningkatkan risiko munculnya jerawat yang baru.

Hal yang perlu diperhatikan, jangan terlalu sering mencuci muka. Membersihkan wajah terlalu sering dapat mengiritasi kulit.

Jerawat tidak disebabkan oleh wajah yang berminyak atau kotor, sehingga cuci muka terlalu sering juga tidak dianjurkan.

Itulah tahapan skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang pertama dan penting untuk dipahami.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner di Bawah 50 Ribu agar Wajah Segar

2. Menggunakan Exfoliating Toner

Menggunakan Exfoliating Toner.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Toner adalah salah satu skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang sering terlupakan, padahal memiliki fungsi yang penting, lho!

Pemilihan toner yang tepat mampu menyeimbangkan pH kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat.

Toner biasa digunakan untuk hidrasi yang lebih dangkal atau kadang-kadang hanya dioleskan pada wajah untuk efek pendinginan yang menyegarkan,” kata Joy, dilansir dari New Beauty.

Asam yang digunakan ini menyapu sel-sel kulit mati, memblokir pori-pori, serta menjadikan wajah bersih dan bercahaya. Untuk itu, toner menjadi skincare yang penting bagi pemilik wajah berminyak dan berjerawat.

Ada beberapa jenis toner, salah satunya adalah exfoliating toner yang disebut-sebut mampu membersihkan pori-pori sampai mendalam dan mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.

Nah, ternyata ada baiknya Moms juga menaruh jadwal untuk memakai exfoliating toner, setidaknya 1-2 kali seminggu. Apa tujuannya?

Manfaat exfoliating toner mampu meratakan warna, membantu kulit mempertahankan kelembapan, mempercepat pergantian sel, dan menangani kelebihan minyak dan berjerawat pada wajah.

Seberapa sering sebaiknya exfoliating toner dipakai itu tergantung pada jenis dan kondisi kulit Moms, ditambah rutinitas perawatan kulit harian, dan iklim tempat tinggal.

Namun, secara umum, penggunaan exfoliating toner baik untuk mereka yang kerap memakai riasan wajah tebal, atau pemilik kulit berminyak.

Jadi, skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang harus dilakukan berikutnya adalah rutin menggunakan exfoliating toner.

Baca Juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

3. Rutin Memakai Pelembap

Rutin Memakai Pelembap

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun kulit Moms berminyak, pelembap wajah nyatanya tetap dibutuhkan. Mengapa demikian?

Kulit yang dehidrasi berbeda dengan kulit kering. Jenis kulit berminyak juga dapat mengalami dehidrasi, sehingga tetap membutuhkan pelembap.

Kulit berminyak harus menjadi hidrasi dengan baik agar dermis tetap bekerja dan terlihat sehat.

Nah, tingkat hidrasi yang tepat pada kulit sangat penting untuk menjaga berfungsi optimal dan melakukan regenerasi sel dengan baik.

Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa dicoba berikutnya adalah memilih pelembap yang berbahan dasar air atau gel, bebas minyak, bebas pewangi, dan non-comedogenic.

Tujuannya untuk melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori wajah atau meninggalkan rasa berat dan berminyak di wajah.

Selain itu, menjaga wajah tetap terhidrasi dengan baik juga memerlukan perawatan dari dalam. Caranya, dengan rutin minum air putih dan memiliki pola makan dengan nutrisi seimbang.

Air penting untuk menghidrasi kulit karena membantu membuang racun dalam tubuh dan membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Minum air untuk membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Kombinasi pola makan yang buruk, dehidrasi, dan produksi minyak berlebih dapat membuat kulit semakin mudah terlihat kusam, serta meningkatkan risiko munculnya komedo dan jerawat.

4. SPF, SPF, dan SPF!

SPF, SPF, dan SPF!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Masih banyak yang tidak peduli dengan pemakaian sunscreen, padahal sangat penting, lho, Moms!

Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat berikutnya yang harus Moms lakukan adalah memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih.

Beberapa bagi Moms mungkin merasa ragu memakai sunscreen karena takut kulit semakin berminyak. Nyatanya, Moms harus memerlukan pemilihan sunscreen yang tepat.

Saat ini banyak sekali formulasi sunscreen atau sunblock yang bebas minyak dan non-comedogenic.

Selain itu, jenis sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat berbentuk lotion.

Kandungan sunscreen di dalamnya, yaitu mengandung bahan aktif zinc oxide atau titanium dioxide yang terbukti mampu mencegah timbulnya jerawat.

Ingat, pemakaian sunscreen penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa berdampak negatif pada masa mendatang.

Rutin memakai sunscreen akan menjaga kulit Moms tetap sehat, mencegah penuaan dini, dan mencegah terjadinya risiko kanker kulit di kemudian hari.

Untuk itu, sunscreen adalah skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang juga harus dimiliki.

Baca Juga: Apa Dampak Memakai Sunscreen yang Sudah Kedaluwarsa?

5. Menggunakan Serum Wajah

Menggunakan Serum Wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seiring bertambahnya usia Moms, maka skincare yang dibutuhkan tidak lagi hanya pelembap dan sabun cuci muka saja.

Sudah saatnya Moms menggunakan serum wajah sebagai skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Nah, tentunya Moms tidak menggunakan serum wajah yang sembarangan, melainkan harus memiliki konsentrasi kandungan tertentu.

Untuk itu, ada baiknya Moms tidak hanya ikut-ikutan teman atau beauty vlogger/influencer idola saat memilih sebuah produk serum wajah.

Moms harus memahami kandungan bahan yang terdapat dalam produk skincare sebelum membelinya. Pahami dan tentukan apakah sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Bagi Moms yang kulitnya mudah sekali berjerawat, pilih serum wajah yang mengandung benzil peroksida untuk membantu mengatur produksi minyak di siang hari sekaligus mengurangi kemerahan dan peradangan.

Moms juga bisa memilih serum retinol untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih di malam hari.

Serum wajah yang mengandung niacinamide juga dapat menjadi skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Niacinamide ini menjadi antioksidan yang kuat untuk kulit dan membantu mencegah pori-pori wajah membesar, sekaligus menenangkan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca Juga: Serum atau Krim Wajah, Mana yang Bekerja Lebih Efektif?

6. Menggunakan Kertas Minyak

Menggunakan Kertas Minyak.jpg

Foto: theskinexperiment.com

Ada kalanya, produksi minyak di wajah tidak terkontrol dan Moms harus tetap melanjutkan aktivitas di luar ruangan.

Hal ini sungguh membuat tidak nyaman, ya! Nah, ternyata penggunaan kertas minyak atau blotting paper bisa menjadi skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. Mengapa demikian?

Kertas minyak mudah dibawa dan digunakan. Moms cukup mengoleskan ke area wajah yang berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu. Hindari menggosok-gosok kulit dengan selembar kertas minyak.

Cukup dengan menekan ke area wajah yang berminyak sampai meresap, biasanya 15-20 detik. Setelah itu, kulit akan bebas dari minyak berlebih.

7. Memakai Mud Mask atau Clay Mask

Memakai Mud Mask atau Clay Mask.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Masker wajah ada banyak jenis-jenisnya yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Nah, skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat bisa dengan memakai clay mask atau mud mask (masker lumpur).

Dua jenis masker ini dapat mengontrol produksi minyak di wajah, mencegah munculnya jerawat, dan membersihkan pori-pori wajah sampai mendalam.

Studi dalam Journal of Cosmetic Science mengungkapkan, masker lumpur memiliki kandungan mineral yang tinggi dan mampu merangsang sirkulasi darah serta membersihkan sel-sel kulit mati.

Gunakan clay mask atau mud mask secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, ya!

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

Itulah skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa Moms coba. Selalu rawat kulit dengan baik agar terhindar dari komedo dan peradangan jerawat yang parah, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait